KASAD Jend TNI Dudung Abdurachman Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Mei 2022 - 04:00 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

INDUSTRY.co.id - Kupang – Program TNI AD Manunggal Air terus mendapat perhatian Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), terutama di wilayah yang warganya kesulitan mendapatkan air. Itulah mengapa, Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi penampungan pompa hidram yang terdapat di Desa Noelbaki, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang merupakan pemukiman eks Timor Timur, pada Rabu sore (18/5/2022).

Peninjauan tersebut dilakukan di hari pertama kunjungan kerja Kasad ke wilayah Kodam IX/Udayana, tepatnya di wilayah NTT. Sebelumnya Kasad melaksanakan kegiatan penanaman jagung di Desa Silu, Kecamatan Fatuleu, Kupang. Kasad juga dijadwalkan untuk menerima gelar adat dari Kerajaan Sonbai pada malam harinya. Demikian informasi dari Dispen TNi dan Dispenad.

Kedatangan Kasad beserta rombongan di Desa Noelbaki disambut meriah oleh perangkat desa dan masyarakat sekitar. Para tetua adat setempat bahkan telah mempersiapkan prosesi adat yang diperuntukkan kala menerima tamu kehormatan. Prosesi tersebut diawali dengan pemberian/penyematan kain khas NTT kepada Kasad beserta rombongan, dilanjutkan dengan penampilan tarian daerah yang dibawakan oleh para remaja putri.

Selanjutnya, Kasad menyalami satu-persatu tokoh masyarakat dan perangkat desa. Para mantan pejuang kemerdekaan yang tinggal di wilayah tersebut juga terlihat hadir menyambut Kasad. Mereka berjajar rapi, lengkap dengan seragam dan baret, serta _badge_ Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) tersemat di pundak, siap menerima jabat tangan dari Kasad.

Sementara itu, dalam sambutannya di lokasi penampungan pompa hidram, Kasad kembali menyampaikan pentingnya program TNI AD Manunggal Air untuk terus digalakkan oleh satuan TNI AD di daerah, terutama hingga ke pelosok desa. Sebab, program ini adalah implementasi 8 Wajib TNI, serta sejalan dengan Perintah Harian Kasad yang Kelima dan Keenam.

“TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi serta melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD,” ujar Kasad mengingatkan.

Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga sempat mencoba membuka langsung keran penampungan air, dan terlihat puas dengan pencapaian anak buahnya dalam membantu kesulitan masyarakat di Desa Noelbaki.

Antusiasme masyarakat menyambut Kasad begitu tinggi, terlihat dari membludaknya warga yang hadir di sekitar lokasi penampungan pompa hidram yang akan ditinjau Kasad. Tak sedikit pula yang terlihat meminta orang nomor satu di TNI AD ini untuk berfoto bersama, sekadar untuk kenang-kenangan. Kasad pun dengan senang hati memenuhi permintaan warga tersebut.

Kasad bahkan berbincang akrab dengan warga menggunakan Bahasa Tetun, bahasa yang biasa digunakan di Timor Leste. Melihat hal tersebut, warga yang awalnya terkejut karena tak menyangka bahwa Jenderal bintang empat tersebut mengerti bahasa mereka, justru akhirnya dengan penuh kegembiraan makin bersemangat mengajak Kasad untuk bercakap-cakap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…