Binus University Gandeng HashMicro Tingkatkan Kualitas Talenta Digital

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 18 Mei 2022 - 07:26 WIB

Penandatangan kerja sama anatara Binus dan HashMicro
Penandatangan kerja sama anatara Binus dan HashMicro

INDUSTRY.co.id, Jakarta- HashMicro semakin memperkuat posisinya di bidang teknologi ERP melalui kerjasama terbarunya dengan Bina Nusantara (Binus) University yang berfokus pada pengembangan talenta digital di Indonesia.

“Kolaborasi jangka panjang antara HashMicro dan Binus University terjalin sebagai bentuk komitmen kami dalam meningkatkan ketersediaan SDM nasional yang memiliki pengetahuan komprehensif pada bidang teknologi digital” tegas Lusiana selaku Business Development Director HashMicro.

HashMicro sendiri merupakan perusahaan penyedia software Enterprise Resource Planning yang berdiri pada tahun 2015 dan telah menjadi pemain kunci pada industri ERP di kawasan Asia-Pasifik. Sebelumnya, sejak tahun 2020 HashMicro telah membuat program yang bernama HashMicro Academy yang secara aktif menjalin kemitraan dengan sejumlah universitas ternama lain di Indonesia sebagai bentuk komitmen dan kesungguhannya dalam mempersiapkan keterampilan digital generasi penerus bangsa Indonesia.

Kolaborasi antara HashMicro dan Binus University telah berjalan secara efektif sejak bulan Februari 2022. Bentuk kegiatan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak meliputi knowledge sharing, internship program, campus hiring, penelitian, education sponsorship, serta course collaborations yang menjadi andalan. Secara bertahap, bentuk kegiatan kerjasama yang terjalin akan diimplementasikan di seluruh jurusan Binus University.

Dalam kerjasama ini, HashMicro menyediakan sistem ERP sebagai bahan pembelajaran yang wajib mahasiswa Binus jalani. Dengan fasilitas software milik HashMicro, diharapkan mahasiswa dapat secara langsung belajar mengoperasikan sistem manajemen bisnis berbasis ERP yang umumnya perusahaan gunakan. Tentunya, ini adalah kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk menambah kemampuan teknis mereka sebelum lulus dan mencari pekerjaan karena aplikasi ERP tidak bisa diperoleh dengan mudah.

Guna menunjang program kerjasama ini, beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 18-21 April 2022, HashMicro dan Binus University telah mengadakan training session dengan para tenaga pengajar untuk mensosialisasikan penggunaan perangkat ERP yang berfungsi sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Melalui training session ini, diharapkan para dosen mampu menguasai cara pengoperasian sistem ERP sehingga mampu menyampaikan pengoperasian sistem ERP kepada mahasiswa.

Dalam pertemuan kerjasama, Synthia Atas Sari, Lecture Specialist Management Binus Business School (BBS) Undergraduate Program, menyatakan “Kami berharap mahasiswa dapat lebih mengenal praktik dalam implementasi teknologi 4.0 khususnya terkait pengoperasian software ERP, sehingga sebelum masa studinya selesai mereka telah paham cara menggunakan teknologi tersebut.”

Program pembelajaran 3+1 Binus University mewajibkan mahasiswa untuk memiliki pengalaman kerja nyata selama satu tahun melalui jalur yang telah disediakan, salah satunya yaitu program magang. HashMicro sebagai partner turut mendukung kegiatan pembelajaran tersebut dengan membuka kesempatan magang bagi para mahasiswa Binus. Hingga saat ini, puluhan mahasiswa Binus telah menyelesaikan kegiatan magang di HashMicro setiap tahunnya.

Selain kerjasama dalam bentuk persiapan memasuki dunia kerja, kolaborasi dalam bentuk riset oleh para dosen dan HashMicro juga dilaksanakan guna membuka peluang penemuan teknologi dan pengetahuan baru seputar ERP dan revolusi industri 4.0. Lusiana selaku Business Development Director HashMicro menyatakan, “Kami berharap riset yang dilakukan dalam kerja sama dengan dosen Binus ini dapat meningkatkan relevansi produk kami terhadap kebutuhan bisnis dan perkembangan teknologi yang ada”.

HashMicro juga tak lupa untuk memberikan pelatihan digital kepada para dosen sebagai upaya peningkatan kualitas belajar mengajar dengan praktisi yang go-digital. Sehingga nantinya, dosen juga dapat mendampingi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan digital mereka.

HashMicro dan Binus berharap kerjasama ini dapat memberi banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat, khususnya dalam menyediakan media pembelajaran berkualitas untuk mahasiswa-mahasiswi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…