Jasindo Catat Pertumbuhan Asuransi Tani di Jateng dan Jatim

Oleh : Herry Barus | Selasa, 17 Mei 2022 - 11:21 WIB

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)
PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo mencatat pertumbuhan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di kuartal 1 tahun 2022.

Menurut Cahyo Adi selaku Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, pertumbuhan signifikan terjadi di Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Jawa Tengah adalah realisasi tertinggi untuk AUTP dengan luas 6.410,23 hektar,” tuturnya.

Realisasi tertinggi kedua dan ketiga adalah Jawa Timur dengan 3.725,84 hektar dan Jawa Barat dengan 3.510,42 hektar. Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat tercatat sebagai tiga provinsi dengan pertumbuhan AUTP sangat baik selama tiga tahun berturut-turut. Sedangkan untuk tingkat kabupaten, pertumbuhan signifikan tercatat di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dengan realisasi mencapai 4.000 hektar.

Cahyo menambahkan, untuk realisasi tingkat nasional di kuartal 1, realisasi AUTP adalah 15.496,79 hektar. Per tahun 2022 program AUTP efektif baru dimulai pada Maret, dan semua pendaftaran para petani baru dibuka di bulan yang sama.

“Sampai 11 Mei 2022 AUTP yang sudah mendaftar adalah 60.641,50 hektar,” ujarnya. Asuransi Jasindo yang tergabung di dalam Indonesia Financial Group atau IFG melakukan beberapa strategi untuk mendongkrak penjualan AUTP. Strategi yang dilakukan salah satunya dengan berkoordinasi dengan dinas setempat untuk mensinergikan program bantuan. Kelompk tani yang menerima bantuan wajib mengikuti asuransi.

“Seperti di Kabupaten Boyolali, realisasinya tinggi dikarenakan dinas setempat memberlakukan sinergi tersebut. Setiap poktan yang menerima bantuan maka wajib ikut asuransi,” kata Cahyo. Asuransi Jasindo juga intens melakukan koordinasi dengan dinas dan penyuluh pertanian serta mengembangkan fitur baru pada aplikasi SIAP agar mempermudah petani mengakses program AUTP dengan memperhatikan aspek kaidah-kaidah asuransi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…