Melindungi Kredensial Perbankan Terhadap Malware Selama Momentum Lebaran

Oleh : Edwin Lim | Senin, 09 Mei 2022 - 09:08 WIB

Edwin Lim
Edwin Lim

INDUSTRY.co.id - Lanskap e-commerce yang berkembang di Indonesia telah menghasilkan peningkatan jumlah orang yang berbelanja secara daring dan melakukan transaksi perbankan online. Meski berhasil meningkatkan perekonomian dan secara signifikan dipilih rata-rata konsumen karena faktor kenyamanannya, namun para pelaku kejahatan dunia maya juga berusaha untuk mengeksploitasi situasi dengan mencuri kredensial untuk melakukan penipuan. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melaporkan bahwa lebih dari 888 juta serangan siber terjadi di Indonesia antara Januari dan Agustus 2021, hampir dua kali lipat dari 495 juta yang tercatat sepanjang tahun 2020.

 

Dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri yang akan datang, peretas siber berkeliaran untuk memanfaatkan platform digital, SMS atau email yang menawarkan diskon dan platform pembayaran digital untuk berbelanja dan mengirim hadiah uang meriah, yang dikenal secara lokal sebagai "angpao Lebaran". Masyarakat Indonesia harus tetap waspada dan melindungi data sensitif atau informasi identitas pribadi mereka sambil menikmati kenyamanan transaksi online.

Berikut adalah beberapa tips bagi orang Indonesia untuk meningkatkan perlindungan data mereka di dunia maya:

● Uji tuntas dan pemeriksaan situs web untuk menemukan ketidakkonsistenan, seperti font yang tidak cocok, penggunaan warna yang tidak konsisten, perubahan penggunaan bahasa, harga atau deskripsi yang berbeda dalam berbagai teks lain.

● Hati-hati dengan URL yang menggunakan nama merek terkenal bersama dengan kata dan karakter tambahan. Cari “https” dan simbol kunci di alamat web untuk menunjukkan bahwa informasi yang dikirim antara perangkat Anda dan situs yang dimaksud dienkripsi.

● Awasi kesalahan ketik dan tata bahasa, karena sebagian besar perusahaan mempekerjakan editor salinan.

● Verifikasi jika Anda ragu tentang situs yang ditiru. Kirim email ke perusahaan sebelum Anda melakukan pembelian.

● Jangan membeli secara impulsif dan tetap skeptis terhadap penawaran yang berada di bawah harga pasar.

● Jangan panik. Jika Anda merasa telah menjadi korban penipuan, segera hubungi bank Anda dan beri tahu mereka tentang potensi penipuan.

 

Untuk perusahaan atau pemilih merk, selain memperingatkan pelanggan akan ancaman seperti phishing, penipuan belanja online, dan transaksi tidak sah, memastikan arsitektur digital mereka terlindungi sangat penting. Melalui zero trust dan solusi otomatis berbasis kecerdasan buatan (AI), laku pebisnis akan dapat mengoordinasikan deteksi ancaman secara real time di semua penerapan.

 

Menjadi proaktif dalam keamanan siber sangat penting untuk menimbulkan kepercayaan. Hal ini memungkinkan konsumen, perusahaan, dan lembaga keuangan, untuk sepenuhnya menikmati e-commerce dan keuangan digital tanpa kerumitan. Namun, kurangnya pendidikan, kewaspadaan dan kesadaran dapat menyebabkan defisit kepercayaan. Saat kita mendekati akhir bulan suci Ramadhan, konsumen lokal, perusahaan dan lembaga keuangan harus bersatu untuk memastikan bahwa ketergantungan timbal balik mereka pada transaksi digital yang aman tidak terancam.

Edwin Lim, Country Director, Indonesia, Fortinet

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…