Tingkatkan Fungsi Otak, Ayo Makan Ikan Lokal

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 03 Mei 2022 - 12:51 WIB

Ilustrasi Nelayan (ist)
Ilustrasi Nelayan (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak masyarakat bangga mengonsumsi ikan-ikan lokal. Selain mudah ditemui, ikan lokal juga cenderung murah, tetapi tetap bergizi tinggi sekaligus bermanfaat bagi kecerdasan dan kesehatan.

Seperti di Makassar dan Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, berdasarkan data Susenas 2020, masyarakat wilayah tersebut memiliki preferensi konsumsi yang tinggi pada ikan bandeng, ikan kembung, ikan manyar dan ikan teri.

"Ini ikan-ikan yang luar biasa, gizinya banyak dan bagus untuk otak," terang Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti di Jakarta, Kamis, (28/4/2022).

Artati memaparkan bahwa bandeng, kembung dan jenis ikan lainnya, baik ikan laut, payau maupun tawar banyak mengandung asam lemak Omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, kecerdasan otak, pertumbuhan, mengontrol tekanan darah, dan mencegah kanker

"Sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi dan Omega 3, ikan sangat relevan menjadi sumber protein untuk mendukung program prioritas penanganan stunting khususnya dalam hal meningkatkan kecerdasan," sambungnya.

Sementara Sekretaris Ditjen PDSPKP, Machmud memastikan dalam hal membangun kebanggaan mengonsumsi ikan, KKP gencar melakukan safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Dalam gerakan ini, KKP sekaligus menunjukkan kepada masyarakat beragam olahan dan cara mengonsumsi ikan, serta mendorong pemasaran produk UMKM perikanan setempat.

"Jadi melalui gerakan ini, kita bangun ekosistem mengenalkan produk UMKM setempat dan juga cara unik makan ikan," terang Machmud.

Total, 1.000 paket olahan ikan dibagikan untuk ibu-ibu, terutama perempuan hamil dan anak-anak di Bantaeng dan Makassar pada 25-26 April 2022. Paket tersebut berisi bakso ikan, otak-otak, bolu kambu ikan, hingga tumpi tangnga tangnga.

"Ini semua produksi UMKM, kita tunjukkan ke ibu-ibu dan adik-adik yang hadir bahwa makan ikan itu tidak hanya digoreng atau dibakar," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan angka stunting 14% di tahun 2024. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pun melakukan aksi nyata dengan mengajak masyarakat, terutama anak-anak untuk makan ikan guna menghindari stunting tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…