Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Posko Mudik, Ada Live Music dan Kuliner

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 April 2022 - 15:30 WIB

Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah (Foto: Kemenparekraf)
Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Masyarakat yang hendak pulang kampung atau mudik melalui Solo, Jawa Tengah, bisa memanfaatkan fasilitas posko mudik Aman dan Sehat #diIndonesiaAja yang berada di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau posko mudik Aman dan Sehat #diIndonesiaAja di Terminal Tirtonadi Solo, menyampaikan bahwa Kemenparekraf melalui Deputi Bidang Industri dan Investasi bersama Deputi Bidang Pemasaran berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan, Enesis Group, Xplorin, dan Traveloka bersama membuat Posko Mudik Aman & Sehat #diIndonesiaAja, yang tersebar di 15 titik mulai dari Lampung hingga Jawa Timur, salah satunya di Tirtonadi Solo. 

"Posko mudik #diIndonesiaAja diharapkan dapat menjadi tempat relax corner atau tempat peristirahatan para pemudik sebelum melanjutkan perjalanannya. Semoga titik ini dan 15 titik lainnya memberikan kemudahan bagi para pemudik," ujar Menparekraf Sandiaga, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sandiaga menjelaskan bahwa Terminal Tirtonadi Solo yang memiliki tagline ‘Bukan Terminal Biasa’ ini memiliki fasilitas publik yang tidak sekadar untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Namun, Tirtonadi menawarkan konsep terminal sebagai ruang publik yang ramah lingkungan dengan menjadikan terminal sebagai tempat yang multifungsi.

“Ada hiburannya juga seperti live music dan ini seru banget, ada juga di lantai dua kulinernya. Ini seru banget bukan terminal biasa,” ujarnya. 

Menparekraf menjelaskan pemerintah memberikan relaksasi kebijakan mobilitas dan mudik lebaran dan telah diumumkan namun ia menekankan pentingnya untuk tetap dengan kepatuhan dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan. Pelonggaran mudik ini diberlakukan karena kasus COVID-19 sudah makin menurun dan masyarakat yang mendapatkan dosis vaksin booster sudah makin banyak.

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga mengimbau agar tercipta kerja sama yang baik dengan seluruh sektor sehingga momentum mudik Lebaran 2022 ini dapat dimanfaatkan dengan baik, namun tetap dalam kerangka “Mudik Aman dan Sehat” mengingat situasi pandemi yang belum usai.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan wisatawan yang akan mudik maupun berlibur di periode hari raya ini agar tetap selalu menerapkan protokol kesehatan, pergunakan selalu angkutan transportasi wisata yang telah berizin dan silakan untuk memanfaatkan posko mudik #diIndonesiaAja yang tersebar di 15 titik sepanjang jalur mudik serta berbagi kebahagian dengan keluarga, sahabat, dan sesama di hari raya nanti,” kata Sandiaga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…