Miris! Kejar Target Ekspor 4,7 Juta Ton, Industri Oleochemical Terganjal Tingginya Harga Gas Industri

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 April 2022 - 19:30 WIB

Ilustrasi industri oleokimia
Ilustrasi industri oleokimia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) menargetkan volume ekspor tahun ini menyentuh angka 4,7 juta ton.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang masih menjadi kendala industri Oleochemical di Tanah Air antara lain, harga gas industri yang masih terlalu tinggi, hingga tuduhan dumping oleh Uni Eropa dan India akibat subsidi yang diberikan pemerintah.

Ketua Umum Apolin Rapolo Hutabarat mengatakan, di tengah target ekspor yang meningkat ada kendala yang dihadapi oleh industri oleokimia. Pertama, harga gas industri yang tidak sesuai dengan Peraturan Presiden No. 121 Tahun 2021 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Beleid yang diimplementasikan pada pertengahan 2021 ini mengatur bahwa sebagian industri mendapatkan harga khas khusus senilai 6 dolar AS per MMBTU.

Dijelaskan Rapolo, sebanyak 90 persen dari pelaku industri oleokimia mendapat harga senilai 6 dolar AS per MMBTU.

Namun, terangnya, kepatuhan pemasak untuk tetap mematok tarik gas di harga 6 dolar AS per MMBTU terus turun sejak 2021.

"Baru 80 persen dari alokasi yang diberikan harga 6 dolar AS, yang 20 persennya lagi itu dikenakan tarif komersial artinya di atas harga Perpres," katanya di Jakarta (19/4).

Kedua, tuduhan dumping oleh Uni Eropa dan India akibat subsidi yang diberikan pemerintah. Pada tahun lalu, kedua pasar tersebut berkontribusi sekitar 23,07 persen dari nilai ekspor oleh kimia dan 20,47 persen dari volume ekspor.

Ekspor ke Uni Eropa pada 2021 mencapai sekitar 590.000 ton dengan nilai 710 juta dolar AS. Sedangkan ekspor ke India mencapai 270.000 ton senilai 310 juta dolar AS.

Saat ini, kata Rapolo, industri oleokimia nasional tengah menjalani investigasi dari organisasi dagang dunia atau WTO untuk menjawab tuduhan kedua pasar tersebut hingga 2024.

Lebih lanjut, Rapolo mengatakan jika nanti Indonesia dipersalahkan atau dipinalti dan dikenakan biaya atas tuduhan tersebut, maka ada potensi kehilangan untuk pasar Uni Eropa mencapai Rp6 triliun lebih. Sedangkan, potensi untuk pasar India bilamana Indonesia kalah adalah lebih kurang Rp8 triliun.

"Sehingga ini sangat mengganggu kami dari sisi bisnis," tuturnya.

Menurut Rapolo, pihaknya juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan untuk membahas masalah tersebut.

"Memang mau tidak mau, kami harus minta uluran tangan dari pemerintah kiranya memberikan bantuan. Cuma saat ini masih dalam pembahasan," ucapnya.

Disisi lain, Rapolo menyebut bahwa volume ekspor pada 2019 adalah 3,2 juta ton dengan nilai 2,04 miliar dolar AS. Kemudian meningkat menjadi 3,77 juta ton atau senilai 2,64 miliar di 2022, dan di 2021 kembali mengalami peningkatan menjadi 4,2 juta ton atau mencapai 4,42 miliar dolar AS.

"Dari sisi industri oleochemical dengan situasi saat ini itu sangat bersyukur karena baik dari sisi volume nilai ekspor kita ini terus meningkat di tahun 2019 sampai 2021," katanya.

Di tahun 2022, kata Rapolo, Apolin menargetkan volume ekspor industri oleochemical akan mencapai 4,4 sampai 4,7 juta ton dengan nilai sekitar 4,7 miliar dolar AS.

"Mudah-mudahan bisa tercapai. Itu berdasarkan ekspektasi kinerja dua bulan lalu. Dari sisi negara tujuan utama kita masih didominasi China, yang paling besar, lalu Uni Eropa memang, lalu India, kemudian Timur Tengah dan Afrika. Itu tujuan utama ekspor kita," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketum IMI bambang Soesatyo

Sabtu, 10 Desember 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Buka Jambore Nasional IMI 2022, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holdiny Company Ajik Krisna membuka Jambore Nasional IMI 2022…

CoinEx

Sabtu, 10 Desember 2022 - 11:23 WIB

Pengguna CoinEx Berpeluang Diundang ke Inggris dan Negara Lain, Begini Caranya

Pada tanggal 24 Desember mendatang, crypto exchange CoinEx akan merayakan hari jadinya yang kelima, merayakan perkembangan platform bersama dengan para pengguna setianya.

OPPO di INNO DAY 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 10:48 WIB

OPPO Komitmen Ungkap Teknologi Mutakhir Baru dan Komitmen Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik

OPPO mengkonfirmasi bahwa acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Bertemakan "Memberdayakan Masa Depan yang Lebih Baik",…

Presiden Jokowi dan Mempelai Pria, Kaesang

Sabtu, 10 Desember 2022 - 09:58 WIB

Kaesang Sekeluarga Hadiri Upacara Malam Midodareni di Rumah Erina Gudono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengantar putra bungsunya, Kaesang Pangarep, ke rumah calon mempelai wanitanya, Erina Gudono, di Sleman, Yogyakarta, untuk menjalani prosesi upacara midodareni…

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto

Sabtu, 10 Desember 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto Hadiri Pelepasan Sailing Camp Perti Saka Bahari 2022

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, menghadiri Upacara pelepasan Sailling Camp Perti saka Bahari dalam rangka peringatan Hari Armada RI…