Miris! Kejar Target Ekspor 4,7 Juta Ton, Industri Oleochemical Terganjal Tingginya Harga Gas Industri

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 April 2022 - 19:30 WIB

Ilustrasi industri oleokimia
Ilustrasi industri oleokimia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) menargetkan volume ekspor tahun ini menyentuh angka 4,7 juta ton.

Meski demikian, ada beberapa faktor yang masih menjadi kendala industri Oleochemical di Tanah Air antara lain, harga gas industri yang masih terlalu tinggi, hingga tuduhan dumping oleh Uni Eropa dan India akibat subsidi yang diberikan pemerintah.

Ketua Umum Apolin Rapolo Hutabarat mengatakan, di tengah target ekspor yang meningkat ada kendala yang dihadapi oleh industri oleokimia. Pertama, harga gas industri yang tidak sesuai dengan Peraturan Presiden No. 121 Tahun 2021 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Beleid yang diimplementasikan pada pertengahan 2021 ini mengatur bahwa sebagian industri mendapatkan harga khas khusus senilai 6 dolar AS per MMBTU.

Dijelaskan Rapolo, sebanyak 90 persen dari pelaku industri oleokimia mendapat harga senilai 6 dolar AS per MMBTU.

Namun, terangnya, kepatuhan pemasak untuk tetap mematok tarik gas di harga 6 dolar AS per MMBTU terus turun sejak 2021.

"Baru 80 persen dari alokasi yang diberikan harga 6 dolar AS, yang 20 persennya lagi itu dikenakan tarif komersial artinya di atas harga Perpres," katanya di Jakarta (19/4).

Kedua, tuduhan dumping oleh Uni Eropa dan India akibat subsidi yang diberikan pemerintah. Pada tahun lalu, kedua pasar tersebut berkontribusi sekitar 23,07 persen dari nilai ekspor oleh kimia dan 20,47 persen dari volume ekspor.

Ekspor ke Uni Eropa pada 2021 mencapai sekitar 590.000 ton dengan nilai 710 juta dolar AS. Sedangkan ekspor ke India mencapai 270.000 ton senilai 310 juta dolar AS.

Saat ini, kata Rapolo, industri oleokimia nasional tengah menjalani investigasi dari organisasi dagang dunia atau WTO untuk menjawab tuduhan kedua pasar tersebut hingga 2024.

Lebih lanjut, Rapolo mengatakan jika nanti Indonesia dipersalahkan atau dipinalti dan dikenakan biaya atas tuduhan tersebut, maka ada potensi kehilangan untuk pasar Uni Eropa mencapai Rp6 triliun lebih. Sedangkan, potensi untuk pasar India bilamana Indonesia kalah adalah lebih kurang Rp8 triliun.

"Sehingga ini sangat mengganggu kami dari sisi bisnis," tuturnya.

Menurut Rapolo, pihaknya juga telah bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan untuk membahas masalah tersebut.

"Memang mau tidak mau, kami harus minta uluran tangan dari pemerintah kiranya memberikan bantuan. Cuma saat ini masih dalam pembahasan," ucapnya.

Disisi lain, Rapolo menyebut bahwa volume ekspor pada 2019 adalah 3,2 juta ton dengan nilai 2,04 miliar dolar AS. Kemudian meningkat menjadi 3,77 juta ton atau senilai 2,64 miliar di 2022, dan di 2021 kembali mengalami peningkatan menjadi 4,2 juta ton atau mencapai 4,42 miliar dolar AS.

"Dari sisi industri oleochemical dengan situasi saat ini itu sangat bersyukur karena baik dari sisi volume nilai ekspor kita ini terus meningkat di tahun 2019 sampai 2021," katanya.

Di tahun 2022, kata Rapolo, Apolin menargetkan volume ekspor industri oleochemical akan mencapai 4,4 sampai 4,7 juta ton dengan nilai sekitar 4,7 miliar dolar AS.

"Mudah-mudahan bisa tercapai. Itu berdasarkan ekspektasi kinerja dua bulan lalu. Dari sisi negara tujuan utama kita masih didominasi China, yang paling besar, lalu Uni Eropa memang, lalu India, kemudian Timur Tengah dan Afrika. Itu tujuan utama ekspor kita," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…