Serunya Mengenal Budaya dan Menginap di dalam Tenda Khas Mongolia di Tanjung Lesung

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 April 2022 - 16:15 WIB

Mongolian Culture Center (MCC) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Mongolian Culture Center (MCC) Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Selain memiliki pantai yang indah, di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten ini juga punya salah satu penginapan unik dengan tema khas Mongolia. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ken negara aslinya. Kamu, bisa berkunjung ke Tanjung Lesung untuk merasakan sensasi menginap di dalam rumah khas Mongolia. Tepatnya di Mongolian Culture Center (MCC) Tanjung Lesung.

Mongolian Culture Center dibangun di atas lahan seluas satu hektar dan didesain langsung oleh arsitek asal Mongolia. Penginapan ini dirancang oleh Duta Besar Mongolia di Indonesia, Madam Battsetseg Shagdar. Uniknya, material yang digunakan dalam pembuatan GER (tenda khas Mongolia) yang identik dengan kehidupan nomaden diimpor languns dari negeri asalnya.

Di dalam tenda utama, kamu bisa melihat singgasana kaisar, baju zirah (kostum perang), kostum kekaisaran, bahkan pedang untuk perang asli Mongolia pun juga ada. Ada yang unik lagi, terdapat wadah minum dari kulit sapi yang berguna untuk menyimpan minuman. 

Di dalam tenda juga dilengkapi dengan AC portable. Jadi, tenang saja walau terlihat agak panas di dalam tenda, saat malam hari suasananya pun berubah menjadi sejuk atau bahkan dingin. Namun, untuk kamar mandinya hanya tersedia di luar tenda. Harga untuk menginap ala Mongolia sekitar Rp 475 ribu sudah dengan sarapan.

"Penggunaan materialnya khas Mongolia. Mulai dari tenda, kerangka tempat tidur, lemari, tungku besi untuk perapian, meja, dan juga kursi. Pokoknya semua fasilitas dipenuhi ornamen khas Mongolia," ungkap Dedy Rahmat, Koordinator Mongolian Culture Center kepada Industry.co.id.

Selain menginap, kurang afdol rasanya kalau tidak merasakan sensasi seperti orang Mongolia asli. Di sini kamu bisa menggunakan kostum asli dengan menyewa kostum kerajaan Mongolia sembari berfoto ria di sana.

"Kegiatannya bisa foto-foto di depan tenda dengan menggunakan kostum khas Mongolia, ataupun bermain panahan," jelas Dedy.

Menariknya lagi, pengunjung bisa menginap di dalam kemah sembari menikmati keindahan milky way saat malam hari. Fenomena Milky Way sendiri dapat dilihat di kawasan Tanjung Lesung karena langit di daerah tersebut masih bersih dari polusi cahaya yang berasal dari lampu-lampu gedung bertingkat yang banyak dijumpai di kota-kota besar. 

Dengan langit malam yang masih bersih tersebut, kamu bisa melihat sekumpulan bintang-bintang yang memanjakan mata dan pikiran.

"Salah satu daya tarik di MCC yaitu menikmati fenomena milky way. Pengunjung bisa dirikan tenda di malam hari sambil melihat milky way," tukas Dedy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.