Asaki Siap Pasok Semua Kebutuhan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara

Oleh : Ridwan | Sabtu, 09 April 2022 - 16:15 WIB

Ilustrasi industri keramik
Ilustrasi industri keramik

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri keramik nasional siap memenuhi semua kebutuhan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara.

"Kami menyambut baik pembangunan IKN di Kalimantan Timur, dan Asaki siap memenuhi semua kebutuhan infrastruktur bahan bangunan untuk pembangunan IKN," kata Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Sabtu (9)4).

Secara kualitas dan design, tambah Edy, produk lokal jauh lebih baik, bahkan lebih unggul dari sisi ketepatan waktu dan pelayanan purna jual.

"Selain itu, juga didukung volume produksi industri keramik sangat mumpuni untuk memenuhi semua permintaan domestik yang tentunya akan bertambah seiring pembangunan IKN di Kalimantan Timur," terangnya.

Tentunya hal tersebut juga didukung dengan rencana ekspansi kapasitas industri keramik sebesar 35 juta m2/tahun dengan total nilai investasi sekitar Rp2 triliun dan akan menyerap 3.000 tenaga kerja.

"Ekspansi kapasitas tersebut juga merata dimana berlokasi di Jawa Timur sebesar 18 juta m2 dan Jawa bagian Barat sebesar 17 juta m2 dengan mayoritas jenis produk Homogenius Tiles yang dipersiapkan untuk substitusi impor," paparnya.

Disisi lain, terang Edy, kinerja industri keramik nasional terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tercatat, pada kuartal I-2022, utilisasi produksi keramik nasional sudah berada di level 82-83%. Angka tersebut mendekati target utilisasi produksi nasional tahun 2022 yang disetimasikan sebesar 85%.

Kinerja yang baik di kuartal I-2022, tentunya ditopang oleh peningkatan permintaan dalam negeri. Selain itu, kinerja ekspor juga sudah mulai kembali 'rebound'.

Tercatat, angka ekspor (dalam volume meter persegi) untuk periode Januari-Februari 2022 ini bertumbuh 20% jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Sementara itu, jika dilihat secara volume dalam USD bertumbuh 6%.

"Permintaan ekspor mulai kembali pulih dengan negara tujuan Filipina, Malaysia, Thailand dan Amerika Serikat (AS)," katanya.

Lebih lanjut, Edy mengungkapkan, semangat optimisme industri keramik harus didukung dengan kelancaran supply gas yang mana sampai dengan saat ini industri keramik yang berada di Jawa Timur masih belum bisa berproduksi optimal karena gangguan pasokan gas dari PGN.

"Daya saing industri keramik di Jatim juga terganggu karena dikenakan kuota pemakaian gas harian dan alokasi gas industri tertentu yang pada akhirnya industrj terpaksa harus membayar gas di sebesar USD 7,98 - 15 per MMBTU," terangnya.

"Asaki berharap pemerintah dapat memberikan kepastian dan kemudahan serta proses yang lebih cepat bagi existing industri keramik yang sedang melakukan ekspansi di tahun 2022 ini," tandas Edy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…