Wujudkan Lingkungan Kerja Aman, PKT Raih Tiga Penghargaan dari Pemprov Kaltim

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 April 2022 - 09:00 WIB

PKT Raih Tiga Penghargaan dari Pemprov Kaltim
PKT Raih Tiga Penghargaan dari Pemprov Kaltim

INDUSTRY.co.id - Balikpapan-  PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) raih tiga penghargaan bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022 dari Pemprov Kaltim, atas komitmen menjalankan aspek K3 dalam aktivitas perusahaan secara konsisten dan berkesinambungan. Penghargaan dari Gubernur Kaltim Isran Noor diterima oleh SVP Teknologi PKT Heri Subagyo bersama VP K3 PKT David Ronaldo Manik di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Diungkapkan Heri Subagyo, tiga penghargaan tersebut adalah Nihil Kecelakaan (Zero Accident Award) atas pencapaian 45,4 juta jam kerja aman hingga 10 Januari 2022, penghargaan P2 Covid-19 di tempat kerja dengan predikat Platinum dan program P2HIV/AIDS dengan predikat Platinum. Menurut Heri, implementasi K3 yang mengacu pada Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan perusahaan merupakan hal mutlak yang wajib dipenuhi dalam mendukung aktivitas perusahaan.

"PKT memiliki komitmen dan kebijakan kuat terkait K3, sebagai wujud kepatuhan terhadap aturan dengan evaluasi dan pengembangan aspek K3 sesuai tantangan masa kini," ujar Heri.

Menurut Heri, komitmen penerapan SMK3 merupakan tindaklanjut Peraturan Pemerintah (PP) nomor 50 tahun 2012, yang dilaksanakan PKT melalui sejumlah kebijakan dan strategi yang juga memenuhi standar ISO 45001:2018. Langkah tersebut juga upaya PKT untuk meningkatkan kepercayaan konsumen di pasar nasional maupun global, didukung standar bertaraf internasional seperti IFA Protect and Sustain serta Responsible Care.

Sedangkan secara korporasi, PKT turut melakukan indentifikasi risiko bahaya proses seperti Process Hazard Analysis (PHA), Fault Tree Analysis (FTA) dan Root Cause Analysis (RCA). Termasuk dalam menjamin keselamatan kerja rekanan perusahaan, perusahaan menggunakan Contractor Safety Management System (CSMS) untuk mendorong rekanan mengedepankan K3 dalam seluruh aktivitas.

"PKT selalu melakukan review dan update secara berkala untuk memastikan proses produksi berjalan sesuai aturan yang berlaku dan memenuhi aspek K3," tambah Heri.

Seluruh insan perusahaan pun didorong untuk meningkatkan budaya K3 dalam aktivitas harian, sekaligus berpartisipasi aktif dalam menekan potensi risiko di lingkungan kerja untuk kegiatan yang sifatnya unsafe action, unsafe condition maupun yang berpotensi menimbulkan nearmiss. Salah satunya melalui program WE CARE di mana setiap karyawan dapat melaporkan dan melakukan intervensi apabila ditemukan kondisi tidak aman, Tindakan tidak aman ataupun kejadian nearmiss di tempat kerja.

PKT juga melakukan pengembangkan dan memanfaatkan teknologi dalam pengawasan dan evaluasi K3, hal ini dilakukan melalui pembuatkan program dan aplikasi antara lain seperti e-permit, WE CARE online, PKT Sehat, e-Sertifikasi K3 Online, PKT master dan SIMERI online.  Seluruh hal tersebut sebagai upaya melindungi pekerja atas Keselamatan dan Kesehatan sekaligus mencegah kejadian yang berpotensi menimbulkan fatality.

P2COVID-19 award dengan predikat Platinum merupakan output dari komitmen dan kedisiplinan PKT dalam melaksanakan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 dengan melaksanakan program 3T, pelaksanaan protokol kesehatan 6M, dan vaksinasi COVID-19 baik primer maupun booster untuk karyawan dan keluarga.

Menghadapi Pandemi COVID-19, dalam menjaga keberlangsungan usahanya, PKT sejak awal tahun 2020 telah berkontribusi melakukan pencegahan dan penanggulangan COVID-19, menganalisis risiko yang mungkin terjadi, termasuk menggalakkan gerakan pekerja sehat melalui VIRAL dan program Kesehatan lainnya, mencegah adanya diskriminasi dan stigma pada pasien terkonfirmasi COVID-19 dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam program CSR PKT Pro-active diantaranya vaksinasi gaspol 10.000 vaksin untuk masyarakat Bontang, Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Kutai Timur, yang mendapat apresiasi langsung Presiden RI Bapak Joko Widodo atas kontribusinya dalam percepatan vaksinasi tersebut.

VP K3 PKT David Ronaldo Manik menambahkan, penghargaan P2COVID-19 peringkat Platinum tahun 2022 ini terasa spesial karena PKT juga menerima penghargaan P2HIV award dengan peringkat Platinum. Upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dilaksanakan PKT dengan membentuk Komite Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS (P2HIV/AIDS) yang terfokus pada sosialisasi dan pelatihan hingga testing di lingkungan perusahaan dan masyarakat, khususnya pada kelompok berisiko. Secara berkala, PKT juga memfasilitasi layanan Voluntary Counceling and Testing (VCT) dan edukasi HIV/AIDS-NAPZA yang juga meliputi tuberculosis (TB) dan infeksi menular seksual (IMS) bagi seluruh karyawan dan masyarakat Bontang dimana partisipasinya meningkat dari tahun ke tahun.

"Hal ini juga bagian komitmen PKT mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Three Zero terkait HIV AIDS di tahun 2030, yakni tidak ada kasus baru HIV/AIDS, tidak ada kematian akibat HIV/AIDS serta tidak ada stigma dan diskrimasi ODHA," papar David.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…