Dahsyat! Lima Perusahaan 'Kelas Kakap' Siap Bangun Pabrik di Kawasan Industri Subang Smartpolitan

Oleh : Ridwan | Rabu, 30 Maret 2022 - 08:50 WIB

Kawasan industri Subang Smartpolitan(Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Kawasan industri Subang Smartpolitan(Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Suryacipta Swadaya terus menggenjot pembangunan kawasan industri Subang Smartpolitan. Pasalnya, kota mandiri terintegrasi seluas 2.717 hektar yang dibangun dengan konsep smart and sustainable ini mampu menarik sejumlah investor.

Head of Sales & Tenant Relations Suryacipta Swadaya Binawati Dewi mengatakan, saat ini sudah ada lima perusahaan manufaktur yang komitmen akan membuka produksinya di Subang Smartpolitan.

Adapun, dari total lima perusahaan manufaktur tersebut sebagian besar berasal dari China.

"Ya, mereka bergerak di sektor industri komponen otomotif khususnya kendaraan listrik atau electric vehicle (EV)," ujar Dewi saat ditemui redaksi INDUSTRY.co.id di Subang, Selasa (29/3).

Saat ini, lanjut Dewi, progres pengembangan lahan yang sudah diokupasi lima perusahaan tersebut sudah dalam proses cut and fill.

Meski begitu, Dewi masin belum bisa membeberkan nama kelima perusahaan itu karena masih dalam tahap proses penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Pembangunan kawasan Subang Smartpolitan akan dilakukan secara bertahap. Adapun tahap pertama akan selesai pada tahun 2023 dengan luas lahan sekitar 440 hektar di wilayah selatan.

Pembangunan tahap satu sudah dimulai sejak Upacara Peletakan Batu Pertama pada November 2020 lalu dan ditargetkan siap untuk serah terima dengan para investor pada kuartal pertama 2023.

Adapun saat ini pematangan kavling (land grading) sedang berjalan sehingga Subang Smartpolitan optimis target serah terima dapat tercapai.

Dewi optimis akan mencapai target penjualan lahan di kawasan Subang Smartpolitan, Subang, Jawa Barat, sebesar 60 hektare (ha).

Dewi pun memaparkan tahun ini perusahaan menargetkan penjualan lahan seluas 60 hektar untuk penjualan kawasan industri dan 5 hektar untuk kawasan komersil.

Dijelaskan Dewi, permintaan kunjungan ke lokasi kawasan terus bergerak naik seiring transisi Covid-19. Mereka berasal dari Asia, terutama China, Jepang dan Korea, dengan basis industri di sektor otomotif, pergudangan, food and beverage, farmasi dan alat kesehatan.

"Kami sih optimis ya, (penjualan lahan) mencapai target di tahun ini, mengingat perusahaan yang berminat membutuhkan lahan yang luas," ungkapnya.

Subang Smartpolitan sendiri merupakan kota mandiri terintegrasi seluas 2.717 hektar yang dibangun dengan konsep smart and sustainable.

Seluruh fasilitas dan infrastruktur kawasan didesain dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT).

Lokasinya strategis, berada di koridor manufaktur yang sudah mapan (Bekasi-Karawang-Purwakarta) dan termasuk ke dalam pusat ekonomi baru di Jawa Barat yakni Rebana Metropolitan.

Kota mandiri ini dikelilingi oleh sejumlah infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yakni Tol Cikopo-Palimanan, terhubung dengan Pelabuhan Patimban, dan dekat dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Tak hanya itu, Pemerintah juga tengah membangun PSN lainnya yakni Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban yang dijadwalkan tuntas pada tahun 2024.

Akses tersebut memungkinkan koneksi darat secara langsung dari Subang Smartpolitan ke Jakarta, Bandung dan Jawa Tengah, hingga terciptanya efisiensi logistik dalam segi waktu dan biaya.

Tahun ini SSIA mengalokasikan dana untuk Subang Smartpolitan sebesar Rp 500 miliar untuk akuisisi lahan dan pengembangan kawasan. 

Pada 2018 SSIA mendapatkan pinjaman dari IFC sebesar USD 100 juta, yang khusus dialokasikan untuk Smartpolitan maka pendanaan Smartpolitan saat ini cukup aman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…