Setelah 54 Tahun, Bandara Tertua di Sri Lanka dibuka Kembali untuk Penerbangan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 29 Maret 2022 - 09:30 WIB

Bandara Ratmalana di Sri Lanka (Ist)
Bandara Ratmalana di Sri Lanka (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandara internasional pertama dan tertua di Sri Lanka, Bandara Ratmalana akhirnya dibuka kembali pada hari Minggu (27/3/2022) setelah hampir lima dekade.

Menurut pejabat penerbangan, untuk pertama kalinya penerbangan dari Maladewa mendarat di bandara Sri Lanka, penerbangan pertama dalam 54 tahun. Sesuai laporan, penerbangan Maladewa akan menjalankan tiga penerbangan setiap minggu ke Kolombo dan akan berkembang menjadi lima penerbangan per minggu di waktu mendatang.

Dilansir dari laman Times of India, pada hari Minggu, Bandara Ratmalana untuk pertama kalinya menyapa para wisatawan internasional dalam sebuah upacara yang diselenggarakan di bandara. Sebelum ini, maskapai Maladewa biasa mengoperasikan penerbangan hingga bandara Bandaranaike di Kolombo, yang berada di pinggiran negara itu.

Menurut Otoritas Penerbangan Sipil Sri Lanka (CAASL), akan ada tiga penerbangan mingguan (Minggu, Selasa, dan Kamis) yang akan beroperasi antara Bandara Internasional Velana di Maladewa dan Bandara Ratmalana di Sri Lanka.

Menurut pejabat dari Maldivian Airlines, hampir 9000 penduduk Maladewa tinggal di dekat Bandara Ratmalana, yang sekarang akan membuat perjalanan menjadi nyaman bagi mereka.

Sejarah bandara

Bandara Ratmalana didirikan pada tahun 1938 di Kolombo, Sri Lanka. Ada suatu masa ketika itu dulunya adalah bandara internasional utama di Sri Lanka. 

Namun, pada akhir 1960-an, Bandara Internasional Bandaranaike di Katunayake diresmikan dan Ratmalana diubah menjadi bandara domestik. Segera, bandara Bandaranaike menjadi bandara utama di Sri Lanka yang melayani penerbangan internasional. Tapi Ratmalana masih tetap menjadi bandara tertua di Sri Lanka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…