Dies Natalis Ke-68, Legislator PDIP Ini Minta GMNI dapat Lebih Inovatif Menjawab Tantangan Zaman

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 24 Maret 2022 - 06:48 WIB

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Sebagai organisasi mahasiswa yang  berhaluan nasionalis dengan asas perjuangan marhaenisme maka salah satu tujuan yang harus dicapai Kader GMNI adalah menjadi corong yang dapat menggaungkan semangat persatuan dan Nasionalisme.

Sebab, tanpa adanya rasa persatuan, cita-cita luhur GMNI untuk menjadi alat perjuangan rakyat yang tertindas, hanya akan menjadi sesuatu yang utopis dan mustahil dilakukan. Hal tersebut diutarakan Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita, “ usai menghadiri kegaiatan dies natalis, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Gedung Seketariat GMNI Banyuwangi, Rabu (23/03/2022).

Seraya mengucapkan selamat hari lahir atau dies natalis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ke-68, Waketum DPP PA GMNI ini, menginginkan agar seluruh kader GMNI dapat menjadi pelopor dalam menggaungkan spirit gotong-royong dan menumbuhkan semangat persatuan Nasional di masyarakat.

"Di usia yang ke-68 ini, Saya menginginkan kader GMNI mampu menjadi pelopor untuk mengisi ruang dan pos-pos kritis dari berbagai lini sektor, GMNI juga harus bisa melakukan gebrakan secara intelektual yang menjadi gaungnya spirit persatuan dan kesatuan Nasional," kata Sonny.

Anggota Komisi VI DPR RI tersebut, kemudian bercerita bagaimana GMNI pernah ada di satu fase dimana rezim otoriter orde baru berusaha mereduksi ajaran Marhaenisme Soekarno, termasuk juga memberi tekanan dan tindakan reprseif terhadap kader-kader GMNI yang dianggap sebagai anak ideologis Soekarno.

Namun kenyataannya, tekanan yang diberikan orde baru waktu itu tak sertamerta meruntuhkan tekad GMNI untuk terus mewarisi dan menyebarkan pikiran-pikiran sang Founding Father bangsa, justru hal tersebut kian membakar semangat GMNI untuk terus berjuang.

"Kita pernah mengalami suatu masa di mana rezim orde baru tak memberikan ruang dan keleluasan bagi entitas organisasi sosial politik yang berbeda dengan kekuatan orde baru, sehingga terjadi adanya upaya De-Soekarnoisasi dan menghilangkan ajarannya marhaenisme sebagai asas perjuangan GMNI itu sendiri," kata Sonny.

"Namun kita bisa buktikan GMNI tak tergilas dari fase sejarah itu, justru kita bisa tetap kokoh berdiri hingga hari ini," tegas Sonny.

Berkaca dari perjalanan sejarah tersebut, lanjut Sonny, hari ini generasi baru GMNI harus memiliki kecerdasan membaca situasi peta politik, dan memahami isu-isu sosial di masyarakat, agar dapat menempatkan posisi untuk menjadi simpul pengikat yang dapat terus menumbuhkan semangat nasionalisme dalam tatanan masyarakat.

"Pada era saat ini, kecerdasan kader GMNI dalam membaca peta politik dan sosial, harus lebih dipertajam lagi sebagai bekal memperkuat nasionalisme kebangsaan, Sebab harus kita sadari upaya-upaya pelemahan nasionalisme telah bertransformasi dengan cara yang hampir tak kasat mata, seperti memaikan isu tertentu yang membenturkan rakyat dengan rakyat," jelas Sonny.

Sonny pun berharap, GMNI kedepan bisa lebih dekat dengan isu dan wacana sosial politik yang ada baik di tataran lokal maupun nasional, dapat berkolaborasi dengan berbagai elemen untuk merajut persatuan, serta dapat menjadi pilar penyangga dan pendorong jati diri bangsa.

"Semoga GMNI dapat lebih inovatif menjawab tantangan zaman serta terus menjadi organisasi gerakan mahasiswa yang memberikan spirit perjuangan dan pergerakan, motivasi dan inspirasi serta berkontribusi untuk kemajuan bangsa," pungkasnya.

         

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…