Lewat Lukisan Bali Penjor, Diego Berel Sukses Sebagai Pemenang Pertama Artfusion Holy Art London

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Maret 2022 - 14:33 WIB

Lukisan Diego "Bali Penjor"
Lukisan Diego "Bali Penjor"

INDUSTRY.co.id - Jakarta- DIEGO Luister Berel, adalah berdara campuran ayah keturunan Jawa dan ibu bereasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), yang mempunyai kegemaran melukis dan mendengarkan musik tradisional Indonesia. Ia mewarisi bakat ayahnya yang jatuh cinta pada seni lukis saat dia masih duduk di bangku Sekolah Luar Biasa di Jakarta Selatan.

Meski memiliki gangguan perkembangan (Down Syndrome), Diego sudah banyak mengikuti pameran lukisan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, dan salah satu lukisannya “Under the Sea” dilelang oleh Sotheby's Jakarta dan dikuratori oleh Christie's di acara amal “Peduli Anak Indonesia” yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan pada tahun 2016. Hasil lelang disumbangkan untuk membantu beberapa sekolah dasar di kota Kupang, NTT.

Pada Maret 2022, empat lukisannya yang diikutsertakan untuk kompetisi di Holy Art London, yaitu: “Bali Penjor”, “Twilight on the Clifts”, “Somewhere in Venice”, “The Wrath of Gods of Winds”, “Gunung Semeru Lava”, namun di luar dugaan ia berhasil meraih juara pertama dan berhak menggelar pameran tunggal di kota London. Diego juga akan menjadi pelukis Indonesia pertama yang memamerkan beberapa lukisannya dalam pameran offline dan virtual.

The Holy Art Gallery yang menjadi satu komunitas seniman serta independen kreatif dan beragam di London yang berlokasi di The Factory, 21-31 Shacklewell Ln, London E8 2DA. Galeri ini menawarkan peluang para seniman dan menyatukan para menikmat seni lukis di seluruh dunia melalui pertunjukan seni fisik dan virtual. Demikian informasi dihimpun dari wartawan senior Eddy Rianto.

Momen “Bali Penjor” diterjemahkan oleh Diego dengan kilasan warna-warni lembut banjar (desa) di Bali dengan angin meniup spanduk bendera Bali atau Penjor Bali dari balik bukit. Ia seolah mempertimbangkan nilai paparan warna terang dan gelap dalam lukisannya, dengan tidak menampilkan warna biru langit yang menutupi seluruh area atas lukisannya. Inilah yang dinilai para kurator Holy Art hingga berhak menjadi juara pertama dalam pameran virtual tersebut, selain itu pada lukisan “Balinese Penjor” melalui permainan warna yang soft merupakan ekspresi artistic dari pria berkebutuhan khusus berusia 22 tahun ini.

Beberapa hasil lukisannya pun terbang ke Malaysia, Singapura, Inggris, Belanda, Amerika Serikat dan kota-kota lainnya di Indonesia. Begitu pula karya Diego baru-baru ini menggambarkan kehidupan manusia dan estetika yang penuh warna, adapun ciri khas semua lukisannya adalah permainan warna dengan menggunakan pisau palet klasik secara bersamaan di kedua belah tangannya saat ia melukis atau dengan menggunakan kuasnya.

Lukisannya banyak didominasi menggunakan cat acrylic, namun ketika ia mencoba menggunakan dengan oil paint di lukisannya yang berjudul “Rising Sun” banyak yang mengatakan salah satu anak berkebutuhan khusus adalah mampu berkaya indah tanpa diduga. Lukisan Diego “Rising Sun” yang mengintip di balik bukit adalah salah satunya.

Meski lukisannya masih tergolong 'hijau', karena ia terus mengeksplorasi dan mengeksplorasi keindahan seni rupa kontemporer dan seni rupa yang sebagian besar mengusung tema budaya, alam, lingkungan, sosial dan banyak lukisannya menyentuh hal-hal yang bersifat dianggap "out of the box", diekspresikan melalui lukisannya. Selain melukis di atas kanvas, Diego juga mencoba melukis di beberapa media seperti T-shirt, Gitar Elektrik dan koper, tote bag, tumbler, bantal sofa, vas porselen seni, imajinasi seni pada bingkai kaca, tas pouch, piring kaca, ransel, sepatu sneaker, kap lampu, dan lain-lain.

Setidaknya Diego Luister Berel kini telah membuktikan kepada dunia bahwa disabilitas bukanlah alasan untuk meningkatkan kemampuannya, menentang segala rintangan

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…