Strategi Inovasi Berkelanjutan Pacu Trisula Group Berdiri 50 Tahun Lebih di Industri Tekstil

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Maret 2022 - 10:55 WIB

PT Trisula International Tbk (TRIS)
PT Trisula International Tbk (TRIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Trisula Group (Perseroan), pemilik saham tekstil dan garmen yang terintegrasi di dua Perusahaan Publik, yaitu PT Trisula International Tbk (TRIS) dan PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), yang merupakan emiten integrated apparel provider, terus berinovasi berkelanjutan guna menciptakan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kinerja Perseroan.

Salah satu langkah perusahaan adalah dengan menggelar acara rutin tahunan, yaitu WOW Innovation Award yang merupakan ajang kompetisi dari Trisula Group. WOW Innovation Award 2021 diselenggarakan secara hybrid, baik online maupun offline yang bertempat di The Dome, Eldorado Family Club, Bandung pada 10 Maret 2022.

“TRIS dan BELL sangat senang dengan adanya acara WOW Innovation Award yang diselenggarakan oleh Trisula Group secara rutin ini. Hal ini juga merupakan sebagai komitmen kami untuk terus menambah nilai bisnis kami. WOW Innovation Award adalah ajang kompetisi yang terbuka untuk seluruh karyawan Trisula Group yang bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi yang dapat memberikan perubahan berdampak positif yang selaras dengan strategi Perusahaan. Hal ini membuat TRIS dan BELL dapat terus menggali potensi bisnis kami.” kata Direktur Utama TRIS, Santoso Widjojo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/3/2022).

Pada WOW Innovation Award 2021 di tahun kedua ini, BELL berhasil meraih tiga penghargaan inovasi terbaik yang dipilih dari sembilan tim finalis. Pertama, penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di subsidiary BELL (agen penjual tekstil) sebagai persiapan BELL dalam memasuki era teknologi 4.0.

Kedua, meningkatkan efektivitas pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) melalui inovasi proses untuk menciptakan efisiensi biaya. Lalu, ketiga ialah penerapan metode baru dalam pencelupan kain (dyeing process) agar dapat meningkatkan produktivitas, serta penghematan biaya.

“Kami sangat antusias dengan adanya ajang WOW Innovation Award 2021 sehingga dapat terus menggali potensi dan membantu kami untuk terus eksis di industri tekstil. BELL bangga dapat terpilih menjadi tiga terbaik pada penghargaan tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa hasil inovasi kami dapat membantu dalam penerapan era teknologi 4.0 maupun efisiensi dalam proses produksi. Kedepannya kami akan terus mencari peluang dan berinovasi untuk membuat produk-produk berkualitas diiringi dengan proses yang terus berkembang semakin baik.” kata Sekretaris Perusahaan BELL, R Nurwulan Kusumawati.

TRIS dan BELL terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dengan berbagai strategi. Misalnya, BELL berinovasi dengan membuat beragam produk, seperti Kain Stretch, Kain Sehat, Jaket Sehat, dan sebagainya. Selain itu, menghadapi era industri 4.0 Trisula Group juga berinovasi dengan membuat Website E-Commerce Yukshopping.com untuk menjual produk-produk Trisula Group secara terintegrasi.

Upaya-upaya ini dapat dilihat dari kinerja kedua Perseroan, BELL meraih pertumbuhan penjualan online (belum di￾audit) sepanjang tahun 2021 yang meningkat sebesar 38,4% YoY (angka sebelum dieliminasi). Di sisi lain, TRIS juga telah menyusun berbagai rencana dan strategi yang akan dijalankan pada tahun 2022 ini untuk dapat meningkatkan kinerja.

“Kami berharap kedepannya dapat terus berinovasi dan beradaptasi untuk meningkatkan kinerja kami. Termasuk melalui ajang WOW Innovation Award ini, TRIS dan BELL akan terus mencari peluang untuk mengembangkan inovasi keberlanjutan yang sudah dijalani Trisula Group selama puluhan tahun sebagai Perusahaan tekstil dan garmen yang sudah dikenal melalui produk-produk berkualitas kami. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan strategi yang terbaik untuk membuat produk berkualitas dengan memperhatikan inovasi yang berkelanjutan,” tutup Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…