Strategi Inovasi Berkelanjutan Pacu Trisula Group Berdiri 50 Tahun Lebih di Industri Tekstil

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Maret 2022 - 10:55 WIB

PT Trisula International Tbk (TRIS)
PT Trisula International Tbk (TRIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Trisula Group (Perseroan), pemilik saham tekstil dan garmen yang terintegrasi di dua Perusahaan Publik, yaitu PT Trisula International Tbk (TRIS) dan PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), yang merupakan emiten integrated apparel provider, terus berinovasi berkelanjutan guna menciptakan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kinerja Perseroan.

Salah satu langkah perusahaan adalah dengan menggelar acara rutin tahunan, yaitu WOW Innovation Award yang merupakan ajang kompetisi dari Trisula Group. WOW Innovation Award 2021 diselenggarakan secara hybrid, baik online maupun offline yang bertempat di The Dome, Eldorado Family Club, Bandung pada 10 Maret 2022.

“TRIS dan BELL sangat senang dengan adanya acara WOW Innovation Award yang diselenggarakan oleh Trisula Group secara rutin ini. Hal ini juga merupakan sebagai komitmen kami untuk terus menambah nilai bisnis kami. WOW Innovation Award adalah ajang kompetisi yang terbuka untuk seluruh karyawan Trisula Group yang bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi yang dapat memberikan perubahan berdampak positif yang selaras dengan strategi Perusahaan. Hal ini membuat TRIS dan BELL dapat terus menggali potensi bisnis kami.” kata Direktur Utama TRIS, Santoso Widjojo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/3/2022).

Pada WOW Innovation Award 2021 di tahun kedua ini, BELL berhasil meraih tiga penghargaan inovasi terbaik yang dipilih dari sembilan tim finalis. Pertama, penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di subsidiary BELL (agen penjual tekstil) sebagai persiapan BELL dalam memasuki era teknologi 4.0.

Kedua, meningkatkan efektivitas pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) melalui inovasi proses untuk menciptakan efisiensi biaya. Lalu, ketiga ialah penerapan metode baru dalam pencelupan kain (dyeing process) agar dapat meningkatkan produktivitas, serta penghematan biaya.

“Kami sangat antusias dengan adanya ajang WOW Innovation Award 2021 sehingga dapat terus menggali potensi dan membantu kami untuk terus eksis di industri tekstil. BELL bangga dapat terpilih menjadi tiga terbaik pada penghargaan tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa hasil inovasi kami dapat membantu dalam penerapan era teknologi 4.0 maupun efisiensi dalam proses produksi. Kedepannya kami akan terus mencari peluang dan berinovasi untuk membuat produk-produk berkualitas diiringi dengan proses yang terus berkembang semakin baik.” kata Sekretaris Perusahaan BELL, R Nurwulan Kusumawati.

TRIS dan BELL terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dengan berbagai strategi. Misalnya, BELL berinovasi dengan membuat beragam produk, seperti Kain Stretch, Kain Sehat, Jaket Sehat, dan sebagainya. Selain itu, menghadapi era industri 4.0 Trisula Group juga berinovasi dengan membuat Website E-Commerce Yukshopping.com untuk menjual produk-produk Trisula Group secara terintegrasi.

Upaya-upaya ini dapat dilihat dari kinerja kedua Perseroan, BELL meraih pertumbuhan penjualan online (belum di´┐żaudit) sepanjang tahun 2021 yang meningkat sebesar 38,4% YoY (angka sebelum dieliminasi). Di sisi lain, TRIS juga telah menyusun berbagai rencana dan strategi yang akan dijalankan pada tahun 2022 ini untuk dapat meningkatkan kinerja.

“Kami berharap kedepannya dapat terus berinovasi dan beradaptasi untuk meningkatkan kinerja kami. Termasuk melalui ajang WOW Innovation Award ini, TRIS dan BELL akan terus mencari peluang untuk mengembangkan inovasi keberlanjutan yang sudah dijalani Trisula Group selama puluhan tahun sebagai Perusahaan tekstil dan garmen yang sudah dikenal melalui produk-produk berkualitas kami. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan strategi yang terbaik untuk membuat produk berkualitas dengan memperhatikan inovasi yang berkelanjutan,” tutup Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera.

Jumat, 22 September 2023 - 22:40 WIB

DSC Season 14 Meningkat 420 Persen, Jaring Lebih Dari 29 Ribu Peserta Wirausaha Di Seluruh Indonesia

Roadshow DSC ke 34 kota di Indonesia sukses besar dengan berhasil menjaring partisipasi sebanyak 29.780 peserta, membuktikan antusiasme dan potensi kewirausahaan yang luar biasa di tanah air.

Kimia Farma Raih Penghargaan Top Seller dari Tokopedia.

Jumat, 22 September 2023 - 22:24 WIB

Kimia Farma Raih Penghargaan Di Ajang Top Seller Fest 2023 Dari Tokopedia

Sebagai salah satu ritel farmasi terbesar, Kimia Farma Apotek Official Store di Tokopedia memiliki sekitar 4.500 SKU. KFA tidak hanya menyediakan obatobatan, tetapi juga vitamin, suplemen, beauty…

Bersama Ayushy, Rejoice kenalkan lagu berjudul "Rambut Hallyu Bukan Halu".

Jumat, 22 September 2023 - 21:52 WIB

Lengkapi Peluncuran Varian Korean Lavender, Rejoice Indonesia Kenalkan Lagu Rambut Hallyu Bukan Halu

Ayushy ingin memberikan inspirasi untuk masyarakat Indonesia, khususnya para generasi millenial dan generasi z. Terutama dalam hal perawatan rambut agar tetap hallyu dengan menggunakan varian…

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Jumat, 22 September 2023 - 21:15 WIB

Dongkrak Daya Saing SDM Parekraf, Menteri Sandiaga Uno Apresiasi Pertukaran Mahasiswa RI - Singapura

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi partisipasi 15 Mahasiswa Politeknik Pariwisata…

GeoInnovation Award 2023

Jumat, 22 September 2023 - 21:00 WIB

Sukses Terapkan Teknologi Geospasial, Kideco Jaya Agung Raih Penghargaan di Ajang GeoInnovation Award 2023

PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk. terima penghargaan dari Esri Indonesia sebagai penyelenggara acara, atas capaian penerapan teknologi…