Strategi Inovasi Berkelanjutan Pacu Trisula Group Berdiri 50 Tahun Lebih di Industri Tekstil

Oleh : Hariyanto | Jumat, 11 Maret 2022 - 10:55 WIB

PT Trisula International Tbk (TRIS)
PT Trisula International Tbk (TRIS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Trisula Group (Perseroan), pemilik saham tekstil dan garmen yang terintegrasi di dua Perusahaan Publik, yaitu PT Trisula International Tbk (TRIS) dan PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), yang merupakan emiten integrated apparel provider, terus berinovasi berkelanjutan guna menciptakan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan kinerja Perseroan.

Salah satu langkah perusahaan adalah dengan menggelar acara rutin tahunan, yaitu WOW Innovation Award yang merupakan ajang kompetisi dari Trisula Group. WOW Innovation Award 2021 diselenggarakan secara hybrid, baik online maupun offline yang bertempat di The Dome, Eldorado Family Club, Bandung pada 10 Maret 2022.

“TRIS dan BELL sangat senang dengan adanya acara WOW Innovation Award yang diselenggarakan oleh Trisula Group secara rutin ini. Hal ini juga merupakan sebagai komitmen kami untuk terus menambah nilai bisnis kami. WOW Innovation Award adalah ajang kompetisi yang terbuka untuk seluruh karyawan Trisula Group yang bertujuan untuk menciptakan sebuah inovasi yang dapat memberikan perubahan berdampak positif yang selaras dengan strategi Perusahaan. Hal ini membuat TRIS dan BELL dapat terus menggali potensi bisnis kami.” kata Direktur Utama TRIS, Santoso Widjojo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (11/3/2022).

Pada WOW Innovation Award 2021 di tahun kedua ini, BELL berhasil meraih tiga penghargaan inovasi terbaik yang dipilih dari sembilan tim finalis. Pertama, penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) di subsidiary BELL (agen penjual tekstil) sebagai persiapan BELL dalam memasuki era teknologi 4.0.

Kedua, meningkatkan efektivitas pengelolaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) melalui inovasi proses untuk menciptakan efisiensi biaya. Lalu, ketiga ialah penerapan metode baru dalam pencelupan kain (dyeing process) agar dapat meningkatkan produktivitas, serta penghematan biaya.

“Kami sangat antusias dengan adanya ajang WOW Innovation Award 2021 sehingga dapat terus menggali potensi dan membantu kami untuk terus eksis di industri tekstil. BELL bangga dapat terpilih menjadi tiga terbaik pada penghargaan tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa hasil inovasi kami dapat membantu dalam penerapan era teknologi 4.0 maupun efisiensi dalam proses produksi. Kedepannya kami akan terus mencari peluang dan berinovasi untuk membuat produk-produk berkualitas diiringi dengan proses yang terus berkembang semakin baik.” kata Sekretaris Perusahaan BELL, R Nurwulan Kusumawati.

TRIS dan BELL terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dengan berbagai strategi. Misalnya, BELL berinovasi dengan membuat beragam produk, seperti Kain Stretch, Kain Sehat, Jaket Sehat, dan sebagainya. Selain itu, menghadapi era industri 4.0 Trisula Group juga berinovasi dengan membuat Website E-Commerce Yukshopping.com untuk menjual produk-produk Trisula Group secara terintegrasi.

Upaya-upaya ini dapat dilihat dari kinerja kedua Perseroan, BELL meraih pertumbuhan penjualan online (belum di´┐żaudit) sepanjang tahun 2021 yang meningkat sebesar 38,4% YoY (angka sebelum dieliminasi). Di sisi lain, TRIS juga telah menyusun berbagai rencana dan strategi yang akan dijalankan pada tahun 2022 ini untuk dapat meningkatkan kinerja.

“Kami berharap kedepannya dapat terus berinovasi dan beradaptasi untuk meningkatkan kinerja kami. Termasuk melalui ajang WOW Innovation Award ini, TRIS dan BELL akan terus mencari peluang untuk mengembangkan inovasi keberlanjutan yang sudah dijalani Trisula Group selama puluhan tahun sebagai Perusahaan tekstil dan garmen yang sudah dikenal melalui produk-produk berkualitas kami. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan strategi yang terbaik untuk membuat produk berkualitas dengan memperhatikan inovasi yang berkelanjutan,” tutup Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Kerja Bakti Bersihkan Gereja

Minggu, 05 Februari 2023 - 05:01 WIB

Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Kerja Bakti Bersihkan Gereja

Pererat tali silaturahmi dalam kerukunan umat beragama, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya melaksanakan kerja bakti pembersihan Gereja Katholik Santa Theresia Calkuta Kp. Muare, Distrik Mimika…

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Tanamkan Hidup Sehat Kepada Masyarakat Distrik Malagayneri Dengan Mengadakan Lomba Volly

Minggu, 05 Februari 2023 - 04:55 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Tanamkan Hidup Sehat Kepada Masyarakat Distrik Malagayneri Dengan Mengadakan Lomba Volly

Personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK menghimbau kepada masyarakat Pegunungan Tengah untuk hidup sehat dengan ikut berpartisipasi dalam perlombaan bola volly yang diselenggarakan di Lapangan…

Latihan SBO Bakamla RI dengan USCG Resmi Berakhir

Minggu, 05 Februari 2023 - 04:45 WIB

Latihan SBO Bakamla RI dengan USCG Resmi Berakhir

Latihan Small Boat Operation (SBO) bagi personel Bakamla RI oleh Mobile Training Team (MTT) United States Coast Guard (USCG) resmi ditutup. Seremonial penutupan latihan dilakukan dengan khidmat…

Teken MoU dengan KCIC, bank bjb Hadirkan Berbagai Produk, Jasa dan Layanan Perbankan

Sabtu, 04 Februari 2023 - 19:39 WIB

Teken MoU dengan KCIC, bank bjb Hadirkan Berbagai Produk, Jasa dan Layanan Perbankan

Jakarta - bank bjb menandatangani perjanjian Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk meningkatkan sinergi dalam optimalisasi produk, jasa dan layanan perbankan.

Tiga Artis Cantik Kunjungi Klinik Queen Plastic Surgery

Sabtu, 04 Februari 2023 - 15:26 WIB

Tiga Artis Cantik Kunjungi Klinik Queen Plastic Surgery

Tengah menjadi trend perawtan kecantikan dilakukan secara berbarengan. Hal itu dilakukan oleh tiga selebritas cantik, Vera Borneo, Indah Purnamasari dan Helena Sienca Maya yang ramai-ramai mengunjungi…