Terajana Versi Angklung Meriahkan Festival Multi Budaya di Australia

Oleh : Kormen Barus | Minggu, 06 Maret 2022 - 10:47 WIB

Terajana Versi Angklung Meriahkan Festival Multi Budaya di Australia
Terajana Versi Angklung Meriahkan Festival Multi Budaya di Australia

INDUSTRY.co.id, Canberra-Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Canberra terus mendorong pemajuan kebudayaan nusantara, salah satunya dengan berpartisipasi pada Festival Multi Budaya yang diselenggarakan di Queanbeyan Park, Australia.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Canberra, Mukhamad Najib, mengungkapkan bahwa acara berlangsung semarak dengan dimeriahkan oleh penampilan lagu dangdut Indonesia berjudul Terajana. “Yang membuat Terajana menjadi lebih unik dan menarik bagi warga asing, adalah karena lagu ini diiringi musik angklung yang merupakan musik tradisional Jawa Barat,” ucap Najib seperti dikutip industry.co.id, Kamis, (3/3/2022).

Festival yang dilaksanakan oleh Queanbeyan Multicultural Community pada Minggu (27/2) ini menghadirkan penampil dari berbagai negara di seluruh dunia. Selain penampilan dari tim KBRI Canberra, turut tampil di panggung utama diantaranya Passistas Of Raio de Sol yang merupakan tari Samba dari Brazil, Hellenic Dancers yang merupakan tarian tradisional Yunani, Quake Belly Dance dan Baila dari Chili, dan lain-lain.

Menurut panitia, festival ini merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mendekatkan hubungan antar masyarakat dari berbagai negara yang tinggal di Australia, khususnya di Queanbeyan. Tema festival tahun ini adalah "Colour, Movement, Food, Love and Learning The Many Amazing Cultures That Make Up Our Community".

“Festival berisi panggung yang diisi oleh berbagai penampilan dari berbagai negara, kios-kios penjual makanan dan souvenir khas masing-masing negara dan tempat bermain anak-anak,” ucap Atdikbud Najib.

Dalam festival yang dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta ini, Indonesia juga menampilkan Tari Bali dari Provinsi Bali dan Tari Lancang Kuning dari Provinsi Riau. “Masyarakat yang hadir menyambut antusias penampilan dari Indonesia. Saat lagu Terajana dimainkan dengan angklung, warga yang menonton pun ikut berjoget bersama dengan gembira,” ucap Atdikbud Najib. Lagu Terajana sendiri memang memiliki nada yang ceria, sehingga sangat mudah membawa suasana yang mendorong partisipasi penonton yang hadir untuk berjoget bersama.

Menurut Atdikbud Najib, festival tahunan ini cukup strategis untuk mengenalkan budaya Indonesia. “Festival ini pertama kali diselenggarakan kembali setelah pandemi mulai mereda, sehingga masyarakat dari berbagai negara yang tinggal di Australia antusias untuk hadir. Hal ini merupakan kesempatan strategis untuk mengenalkan Indonesia dan budaya Indonesia ke masyarakat dunia,” jelas Najib.

Dalam kesempatan ini, KBRI Canberra mengenalkan beberapa budaya sekaligus seperti lagu dangdut, musik angklung, tarian dari daerah Bali dan tarian dari daerah Riau.

“Sebagaimana kita ketahui, dangdut juga merupakan bagian dari budaya khas Indonesia yang layak dikenalkan pada dunia. Jadi, dalam festival kali ini dengan menampilkan lagu terajana yang diiringi angklung kita telah mengenalkan beberapa budaya sekaligus dari mulai lagu, alat musik dan tarian yang khas Indonesia. Semoga hal ini dapat menjadi daya tarik di mata masyarakat dunia,” ungkap Najib.

Atdikbud Najib juga mengungkapkan bahwa KBRI Canberra selama ini selalu berpartisipasi aktif dalam acara-acara multi budaya di Australia. “Kami yakin acara multibudaya seperti ini merupakan sarana penting untuk saling mengenal dan mendekatkan diri di antara masyarakat dari berbagai negara. Interaksi melalui jalan budaya lebih efektif dan menyenangkan, karena di jalan budaya kita bisa berhubungan tanpa harus ada rasa saling curiga, sehingga Indonesia selalu terlibat dalam festival budaya di Queanbeyan ini,” tutup Najib.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…