Perempuan Banten Deklarasi Dukungan terhadap Model Kepemimpinan Erick Thohir

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 05 Maret 2022 - 08:06 WIB

Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)
Erick Thohir Ketua Pelaksana Asian Games 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Ketua Koordinator Barreta, Diah Aliya Ambarwati mengungkapkan bahwa deklarasi ini dilakukan lantaran Indonesia butuh sosok pemimpin masa depan yang bisa menyelesaikan berbagai tantangan, dan tentunya punya banyak pengalaman dan pergaulan dunia internasional yang luas.

"Pak Erick Thohir seorang pemimpin yang sudah selesai dengan dirinya. Cukup secara materi, matang dalam emosi, dan sadar secara spiritual. Pemimpin yang punya banyak terobosan sehingga mampu menghadirkan perubahan," ujar dia, dalam deklarasi, yang berlangngsung pada Jumat (4/3/2021), di Serpong, Tangerang Selatan.

Menurut Ambar, saat ini ada tiga tantangan yang harus dihadapi, tidak saja bangsa Indonesia, tapi juga penduduk dunia. Tiga tantangan tersebut, adalah ketidakpastian rantai pasok (supply chain), gelombang digitalisasi, dan Pandemi Covid-19.

Tantangan pertama, muncul akibat adanya ketidakpastian rantai pasok atau supplay chain. Ledakan jumlah penduduk, perubahan iklim akibat pemanasan global, serta ketegangan geopolitik Timur Tengah dan Eropa Timur membuat banyak pasokan bahan baku jadi terganggu.

"Meski dianugerahi sumber daya alam yang melimpah, tapi Indonesia tak memiliki segalanya. Ada banyak bahan baku yang tak kita miliki. Seperti bahan baku pupuk dan LPG, sebagian besarnya masih harus kita impor dari negara lain. Ketidakpastian supply chain jelas sangat merugikan," jelasnya.

Tantangan kedua datang akibat gelombang deras digitalisasi. Ini mengubah banyak hal, terutama dunia usaha. Ada banyak pekerjaan yang tak lagi mengandalkan tenaga manusia. Artinya ada banyak pekerjaan akan hilang dan diganti mesin-mesin berbasis artificial inteligent atau AI.

Perubahan ini lantas diakselerasi oleh tantangan ketiga yang sama-sama dihadapi warga dunia, yaitu Pandemi Covid-19. Jika pada dua tantangan sebelumnya, banyak orang mampu selamat. Tapi di tantangan ketiga ini, banyak yang tak selamat. Banyak nyawa hilang, sementara usaha melayang.

Ambar yakin, Erick Thohir dapat  menyelesaikan berbagai tantangan itu. Hal itu karena melihat kinerjanya saat menahkodai Kementerian BUMN. Berkat ‘Merdeka Berdaulat’ yang diusungnya, BUMN mengalami perubahan luar biasa, baik dari sisi bisnis maupun valuenya.

"Pak Erick membuat BUMN yang tadinya buntung, jadi untung. Talenta lama berprestasi dipertahankan, talenta muda kreatif dipromosikan," tegasnya.

Ambar menambahkan, kesuksesan Erick tentu tidak terlepas dari didikan orang tuanya. Dari Ayahnya, Erick Thohir, belajar tentang pentingnya membuka wawasan agar memiliki keahlian (expertis) dan nilai (value) dalam hidup. Sedangkan dari Sang Ibu, Erick Thohir mendapatkan kedisiplinan.

"Kini, Erick Thohir telah menjelma jadi tokoh muda yang sukses dan inspiratif. Itulah mengapa, kami para perempuan Banten yang tergabung dalam Barreta, memberi apresiasi dan menyatakan dukungan atas apa yang telah dilakukan Pak Erick Thohir. Kami ingin negeri ini diisi oleh orang-orang seperti Pak Erick Thohir," terangnya.

Lebih lanjut, Ambar menegaskan, hal penting yang harus soroti adalah keberpihakan Erick kepada kaum perempuan. Dia sukses mencetak 11 juta ibupreneur. Ada juga program mekar. Layanan pinjaman modal untuk perempuan pra sejahtera yang ingin menjadi pelaku usaha mikro.

"Lewat program-program tersebut, Pak Erick ingin mendorong kembali semangat para ibu agar berperan dalam perekonomian keluarga, sekaligus juga perekonomian bangsa. Bersama Pak Erick Thohir, Kami yakin kaum perempuan dapat turut serta membangun dan mensejahterakan bangsa," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…