SCI: Penunjukkan PT ASDP Indonesia Ferry Untuk Rute Kapal Jarak Jauh Dinilai Tepat

Oleh : Ridwan | Senin, 12 Juni 2017 - 10:05 WIB

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pengembangan program-program peningkatan konektivitas maritim, termasuk pengoperasian kapal feri jarak jauh.

"Direncanakan sebelum lebaran Kemenhub akan mengeluarkan izin operasional feri jarak jauh rute Jakarta-Surabaya yang akan dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," ungkap Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (12/6/2017).

Ia menambahkan, pada tahap awal perusahaan BUMN tersebut akan mengoperasikan KMP Port Link 3 yang berkapasitas 1.500 penumpang, 40 unit bus dan truck, serta 100 unit kendaraan pribadi.

Untuk rencana pengoperasian feri jarak jauh tersebut, pemerintah akan memberikan subsidi tarif sampai mencapai nilai keekonomian atau paling lama sekitar 2 tahun.

"Pemberian izin operasional feri jarak jauh kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sangat tepat, karena kepemilikan armada dan fasilitas, serta kompetensinya," terangnya.

Berdasarkan catatan SCI, perusahaan tersebut memiliki sekitar 135 unit armada kapal jenis roll on-roll off (ro-ro) dan melayani penyebrangan di 180 lintasan dengan 135 kapal komersial dan perintis sampai dengan tahun 2015.

"Pengoperasian feri jarak jauh untuk mengangkat barang akan memberikan manfaat bagi banyak pihak, serta waktu tempuh yang semakin singkat," tutup Setijadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TPA Bantargebang

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Peduli Lingkungan, Perusahaan Harus Mulai Menerapkan Sistem Zero Waste to Landfill

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia akan permasalahan sampah saat ini dinilai masih butuh perhatian. Hal ini terlihat dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) – Kementerian…

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:53 WIB

Musim Mas Berikan Dana Dukungan Sebesar 1 Miliar Rupiah untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Musim Mas menunjukkan komitmennya untuk menyukseskan acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dengan memberikan dana dukungan sebesar Rp 1 Miliar.

Karyawan di anak usaha Telkom

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:48 WIB

Catat Pertumbuhan Laba Bersih 30%, Infomedia Kembangkan Teknologi 3A untuk Pertumbuhan Berkelanjutan

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berhasil membukukan laba bersih sebesar 217% atau tumbuh 30% di sepanjang tahun 2023. Selain itu, revenue…

Hery Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:13 WIB

BSI Cairkan Dividen Tunai Rp855,56 Miliar 20 Juni 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) akan melakukan pembayaran dividen tunai pada 20 Juni 2024 menyusul keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BSI yang menetapkan akan memberikan…

Talenta BRI

Kamis, 13 Juni 2024 - 14:45 WIB

BRI Kembali Buka 3 Program Rekrutmen Pekerja

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berorientasi pada pertumbuhan berkelanjutan yang didukung oleh Human Capital yang unggul. Wujud komitmen ini salah satunya terlihat dari…