SCI: Penunjukkan PT ASDP Indonesia Ferry Untuk Rute Kapal Jarak Jauh Dinilai Tepat

Oleh : Ridwan | Senin, 12 Juni 2017 - 10:05 WIB

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) / http://www.bumn-swasta.web.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Supply Chain Indonesia (SCI) mengapresiasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pengembangan program-program peningkatan konektivitas maritim, termasuk pengoperasian kapal feri jarak jauh.

"Direncanakan sebelum lebaran Kemenhub akan mengeluarkan izin operasional feri jarak jauh rute Jakarta-Surabaya yang akan dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)," ungkap Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (12/6/2017).

Ia menambahkan, pada tahap awal perusahaan BUMN tersebut akan mengoperasikan KMP Port Link 3 yang berkapasitas 1.500 penumpang, 40 unit bus dan truck, serta 100 unit kendaraan pribadi.

Untuk rencana pengoperasian feri jarak jauh tersebut, pemerintah akan memberikan subsidi tarif sampai mencapai nilai keekonomian atau paling lama sekitar 2 tahun.

"Pemberian izin operasional feri jarak jauh kepada PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) sangat tepat, karena kepemilikan armada dan fasilitas, serta kompetensinya," terangnya.

Berdasarkan catatan SCI, perusahaan tersebut memiliki sekitar 135 unit armada kapal jenis roll on-roll off (ro-ro) dan melayani penyebrangan di 180 lintasan dengan 135 kapal komersial dan perintis sampai dengan tahun 2015.

"Pengoperasian feri jarak jauh untuk mengangkat barang akan memberikan manfaat bagi banyak pihak, serta waktu tempuh yang semakin singkat," tutup Setijadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:12 WIB

AH For President Menggema! Ketum Airlangga: Tujuan Akhir Partai Golkar adalah Menciptakan Rakyat yang Sehat, Maju, dan Sejahtera

Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengunggah sejumlah momen puncak HUT Partai Golkar ke-57 yang diadakan di plataran Kantor DPP Partai Golkar. Dalam momen…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:37 WIB

Menko Airlangga Beberkan Hasil Kerja Keras Pemerintah yang Bikin Dunia Kagum! Covid-19 Turun Cepat, Ekonomi Rebound

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengemukakan bahwa kerja keras Pemerintah dengan partisipasi masyarakat di masa pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil yang baik.  Hal ini menurutnya…

Outlet Baru The Face Shop

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:14 WIB

Ekspansi Lagi, Merk Kosmetik Asal Korea Ini Tambah 5 Outlet Baru di 5 Kota di Indonesia

The Face Shop Indonesia, merek kosmetik asal Korea Selatan membuka sebanyak 5 outlet terbaru di 5 kota besar di Indonesia. Pembukaan outlet ini memperkuat jaringan footprint The Face Shop di…

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Ist)

Senin, 25 Oktober 2021 - 09:05 WIB

Menpan RB Terbitkan Surat Edaran, Berikut Aturan Baru WFH dan WFO Bagi ASN

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo kembali mengeluarkan surat edaran yang mengatur penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara…

Toko SELMA

Senin, 25 Oktober 2021 - 08:54 WIB

Ekspansi Kawan Lama Group Buka Toko Pertama Informa Electronics dan SELMA di Lamongan

Center Indonesia yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group terus berekspansi dengan membuka toko pertama dari dua bisnis unitnya di Lamongan pada hari Senin, 18 Oktober 2021.