Transformasi KB Bukopin Kian Terwujud di 2022

Oleh : Wiyanto | Jumat, 25 Februari 2022 - 21:26 WIB

Kim Jong Un, Korean Link Business Division Head KB Bukopin menyatakan pada tahun 2022, KB Bukopin berencana untuk mengejar tujuan strategis yang berbeda
Kim Jong Un, Korean Link Business Division Head KB Bukopin menyatakan pada tahun 2022, KB Bukopin berencana untuk mengejar tujuan strategis yang berbeda

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Bank KB Bukopin Tbk terus melakukan transformasi bisnis di tengah pandemi Covid-19.

Dengan memanfaatkan keahlian KB Kookmin Bank dalam bidang teknologi, Perseroan akan menjalani proses transformasi dengan membangun sistem keuangan handal berbasis pelanggan korporasi hingga UMKM.

KB Bukopin melanjutkan membangun ekosistem nasabah mass affluent dengan beragam layanan produk ritel dan memanfaatkan digital banking. Kim Jong Un, Korean Link Business Division Head KB Bukopin menyatakan pada tahun 2022, KB Bukopin berencana untuk mengejar tujuan strategis yang berbeda dari tahun lalu.

“Dalam hal pendanaan, meskipun pertumbuhan eksternal penting, kami berencana untuk secara bersamaan mendorong pertumbuhan kualitatif yang berpusat pada profitabilitas melalui perluasan dana murah atau current account and saving account (CASA),” ujar Kim di Jakarta, Kamis (24/2/2022).

Dari sisi pembiayaan, KB Bukopin berencana mempromosikan kredit investasi maupun modal kerja dengan skala besar. Perseroan akan memanfaatkan koneksi luas yang dimiliki KB Kookmin Bank dengan perusahaan besar Korea.

“Pada saat yang sama, kami juga berencana untuk fokus menarik perusahaan blue-chip lokal di Indonesia, yang terhubung melalui rantai pasokan (supply chain) dengan perusahaan besar Korea. Untuk itu, produk supply chain finance yang sudah disesuaikan rencananya akan diluncurkan paling cepat pada semester kedua tahun ini,” jelasnya.

Langkah ini guna mencapai tujuan perseroan agar menjadi pilihan pertama bagi nasabah dalam mengakses institusi keuangan di Indonesia. Oleh sebab itu, transformasi terus dilakukan agar kebutuhan nasabah dapat diselesaikan dengan cepat dan akurat melalui penguatan kemampuan keuangan digital dan juga mengenalkan sistem manajemen risiko yang canggih dan efisien. Sehingga, KB Bukopin mampu mengerti dan memberikan solusi kepada nasabah.

“Selain itu, lingkungan keuangan global berubah sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir memang menjadi tantangan tersendiri dari sisi bank. Namun, jaringan luar negeri KB Financial Group yang luas dan dukungan yang kuat akan sangat membantu dalam mewujudkan visi dan misi Bank KB Bukopin dalam menjadi Bank Global,” tutur Kim.

Dalam melakukan transformasi ini, KB Bukopin mengacu pada pedoman TURN AROUND Strategi. Yakni Transformation, Undercut Cost, Risk Manage, dan New Digital.

Perseroan akan membangun struktur keuangan yang berkelanjutan, dengan kompetensi sumber daya manusia yang berdaya saing, dan budaya perusahaan yang beretika. Melalui ketiga hal tersebut, bisnis Perseroan akan tumbuh secara berkelanjutan dengan fokus pada Good Bank yang didukung oleh perbaikan IT infrastruktur dan digital innovation.

Selain itu Perseroan telah menyediakan end- to-end business model untuk UKM yang berbasis risiko, untuk Kredit Korporasi akan dilakukan secara selektif melalui Kredit Value Chain Indo-Korea disertai dengan cross selling product bank lainnya. Untuk mendukung hal tersebut Perseroan tengah mengembangkan infrastruktur IT yang baru yang disebut New Generation Banking System (NGBS).

Berbagai strategi tersebut mampu mengembalikan reputasi KB Bukopin dan dipercaya oleh nasabah sebagai bank yang handal. Perseroan juga mampu meningkatkan himpunan simpanan nasabah yang signifikan dengan penurunan biaya dana.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 9,65% year on year (yoy) dari Rp 48,49 triliun menjadi Rp 53,17 triliun hingga kuartal ketiga 2021. Kendati demikian, KB Bukopin mampu menurunkan biaya dana hingga 0,8%.

Dari sisi fungsi intermediasi, KB Bukopin menyalurkan kredit senilai Rp 53,17 triliun di kuartal ketiga 2021. Kinerja ini membuat aset bank naik 11,61% yoy menjadi Rp 85,67 triliun di kuartal ketiga 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…