Optimis Kinerja Lebih Baik di 2022, Ini Strategi Trisula International

Oleh : Hariyanto | Kamis, 24 Februari 2022 - 18:45 WIB

Ilustrasi industri Garmen
Ilustrasi industri Garmen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Trisula International Tbk (TRIS), emiten integrated apparel provider yang bergerak di bidang tekstil dan garmen, optimis akan meraih kinerja yang lebih baik pada tahun 2022.

Seiring dengan adanya pemulihan industri, melalui berbagai strategi yang akan dijalankan TRIS yakin dapat meningkatkan kinerjanya. Adapun pada tahun 2022 ini, TRIS memproyeksikan penjualan sebesar 8% dibandingkan dengan tahun 2021.

"TRIS yakin bahwa tahun ini akan lebih baik dan proyeksi kami tahun 2022 tersebut cukup realistis mengingat ketidakpastian ekonomi yang masih ada, meskipun perekonomian Indonesia telah berangsur pulih dari pandemi Covid-19," kata Santoso Widjojo selaku Direktur Utama TRIS yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (24/2/2022).

"TRIS tahun ini akan terus fokus pada sektor garmen dengan pasar yang sudah ada (existing core business), baik sektor ekspor maupun domestik. Di sisi lain juga akan terus melakukan pengembangan produk yang berkualitas," imbuhnya.

Adapun produk yang memberikan kontribusi terbesar terhadap penjualan TRIS, yaitu ekspor garmen sebesar 60%.

Saat ini kami terus fokus menjangkau pasar utama, yaitu USA, Australia, New Zealand, Singapura, dan Jepang, di mana peluang dari negara-negara tersebut cukup besar.

Hal ini terlihat dari produk TRIS yang memilki banyak peminat dan juga termasuk dalam produk esensial sehingga TRIS meskipun dalam keadaan pandemi masih bisa terus berproduksi.

Hal ini sejalan dengan prediksi dari Bank Indonesia bahwa pada tahun 2022 ini perekonomian Indonesia akan bertumbuh mencapai 4,7% sampai 5,5% yang juga didorong oleh berlanjutnya perbaikan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor yang tetap kuat.

Melihat peluang dengan mulai adanya perbaikan ekonomi global yang bertumbuh ke arah yang lebih baik ini, TRIS akan mendongkrak kinerja untuk perkuat sektor garmen.

Produk-produk garmen TRIS diproduksi melalui anak usahanya, yaitu PT Trisco Tailored Apparel Manufacturing dan PT Trimas Sarana Garment Industry.

Adapun produk-produk yang menjadi andalan dan sebagai penyumbang terbesar TRIS adalah produk garmen formal dan informal, pakaian fungsional, dan protective wear.

Strategi lainnya pada tahun ini, TRIS juga melakukan pengembangan produk baru dan bisnis model baru untuk melayani kebutuhan pasar. Salah satu proyek yang sedang dikembangkan dan diterima pasar dengan baik adalah garment made-to order.

Pada proyek ini, TRIS dituntut untuk fleksibel dalam melakukan planning produksi dan pengadaan. Selain itu, TRIS akan terus mengembangkan dan melakukan secara aktif strategi pemasaran melalui berbagai platform digital termasuk E-Commerce milik Trisula Group, yaitu Yukshopping.com.

“Melihat pertumbuhan perekonomian Nasional yang bertumbuh ke arah yang lebih baik ini, maka TRIS optimis dapat meningkatkan kinerja baik pada tahun ini. TRIS juga akan terus menjalin sistem kerja yang terintegrasi, serta bersinergi dari setiap proses bisnis untuk mengoptimalkan kinerja kami,” tutup Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Para pembalap motocross kelas MX2 melakukan start balapan pertama di gelaran MXGP 2022 di Samota, Sumbawa Besar (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:15 WIB

MXGP Samota 2022 jadi Momentum Promosikan NTB Sebagai Destinasi Wisata Olahraga

MXGP 2022 merupakan ajang balap motocross yang digelar pada 24-26 Juni 2022 dan diikuti oleh 33 pembalap motocross dari berbagai negara. Sebelumnya, MXGP juga pernah digelar di Palembang, Sumatra…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…