Teken Mou dengan Bukit Algoritma, Jababeka Siap Sinergikan Visi 100 Kota Industri dengan Desa Inovasi

Oleh : Ridwan | Rabu, 23 Februari 2022 - 08:20 WIB

Founder Jababeka SD Darmono bersama Founder Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko
Founder Jababeka SD Darmono bersama Founder Bukit Algoritma Budiman Sudjatmiko

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Jababeka Group melalui Yayasan Pendidikan Universitas President (YPUP) melalukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bukit Algoritma.

Penandatanganan dilakukan secara langsung oleh Ketua YPUP Prof. Budi Susilo Soepandji bersama Inisiator Bukit Algoritman Budiman Sudjatmiko dan disaksikan langsung Chairman and Founder Jababeka Group sekaligus Pendiri President University Setyono Djuandi Darmono di Menara Batavia Jakarta, Selasa (22/2).

Dalam sambutannya, Darmono mengatakan, kerja sama dengan Bukit Algoritma menjadi sangat penting untuk mewujudkan visi kami membangun 100 kota industri. Menurutnya, Jababeka dan Bukit Algoritma memiliki kecocokan yang nantinya akan disinergikan antara kekuatan masing-masing dalam rangka menuju Indonesia meraih teknologi yang lebih maju.

"Jadi, Pak Budiman itu memiliki jaringan yang luas sebagai pembina organisasi kepala desa. Nah ini cocok sekali, karena tidak mungkin membangun di daerah lain kalau desa-desa tersebut belum siap," kata Darmono.

Menurutnya, membangun sebuah daerah menjadi kota industri itu terdiri dari beberapa faktor, pertama, kekuatan sumber daya alam (SDA) daerah tersebut. Kedua, kekuatan sumber daya manusia (SDM). "Kekuatan SDM ini menjadi faktor yang paling penting untuk mambangun daerah tersebut," terangnya.

Faktor ketiga yaitu bagaimana bisa menarik capital dan teknologi. "Nah, untuk capital dan teknologi tentunya akan melihat pasar dunia-nya itu maunya apa untuk memanfaatkan daerah tersebut," ucap Darmono.

"Kerja sama ini merupakan suatu pekerjaan yang nantinya akan membentuk community development," tambahnya.

Jababeka dan YPUP sendiri, lanjut Darmono, sudah banyak memiliki pelanggan jaringan internasional dengan setidaknya hampir 2 ribu perusahaan dari 34 negara berada di kawasan industri Jababeka Cikarang. "Kawasan Bekasi sampai Karawang khususnya Cikarang itu merupakan anugerah dari tuhan yang memang memiliki potensi dan keunggulan lebih jika dibandingkan dengan wilayah lainnya. Ekosistemnya pun sudah jadi, karena di dalamnya sudah didukung dengan sistem pendidikan yang mumpuni, industri manufaktur, perumahan, medical city, pelabuhan hingga pusat-pusat hiburan. Nah kelebihan ini lah yang nantinya juga akan kita develop di wilayah-wulayah lainnya," papar Darmono.

Sementara itu, Budiman Sudjatmiko berharap kerja sama ini akan menghasilkan racikan-racikan baru dalam mensinergikan visi membangun 100 kota industri dengan desa-desa inovasi yang akan ditopang dengan komunitas-komunitas desa maupun kota.

"Jadi, visi Jababeka itu kan membangun 100 kota industri, dan visi kami membangun desa-desa inovasi ada sekitar 74.961 desa. Nah, ini bisa dibayangkan jika 100 kota industri dikelilingi minimal 100 desa inovasi akan sangat dahsyat kekuatannya," kata Budiman.

Namun, lanjutnya, untuk merealisasikan ekosistem tersebut butuh teknologi dan sains. "Jadi, kalau pak Darmono dengan Jababeka-nya adalah ekosistem yang memang banyak teknologi industrialis, kami dari kalangan technolog, saintist, dan komunitas jika dikolaborasikan tentunya akan menjadi kekuatan yang akan mewujudkan visi membangun itu semua," tuturnya.

Lebih lanjut, Budiman menjelaskan, adapun yang kami kejar dari kerja sama ini ada tiga hal yaitu pertama, inovasi di bidang biotechnologi yang terdiri dari sektor pertanian, perikanan dan kesehatan dengan memanfaatkan keanekaragaman flora dan fauna baik darat maupun laut Indonesia yang terkaya nomor satu di dunia.

"Ini harus dioptimalkan dengan sentuhan teknologi," katanya.

Kedua, inovasi di bidang art and design dengan memanfaatkan keanekaragaman budaya nusantara yang terkaya nomor dua di dunia. Ketiga, inovasi teknologi informasi yang tentunya akan menopang kesemuanya. "Nah, itu yang menjadi visi kami," tandas Budiman.

Ia pun membuka diri bagi siapapun, pengusaha manapun baik dalam dan luar negeri yang ingin ikut berpartisipasi mewujudkan visi kami. "Kami tidak menutup diri, kita terbuka bagi siapa pun," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…