Menparekraf: Presidensi G20 Jadi Momentum Buktikan Pariwisata Indonesia Berkelas Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 19 Februari 2022 - 11:45 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Saat Launching Program Unggulan Kemenparekraf di Ciputra Artpreneur (Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno Saat Launching Program Unggulan Kemenparekraf di Ciputra Artpreneur (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, berharap di 2022 ini Indonesia memiliki peluang untuk membangkitkan ekonomi sehingga terbukanya lapangan kerja yang luas. 

Oleh karena itu, terciptalah tiga program sebagai upaya untuk membangkitkan perekonomian yaitu,  Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2022, serta Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022. 

Hal ini dikatakannya sejalan dengan semangat yang diusung dalam Presidensi G20 Indonesia yang mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". 

Menparekraf Sandiaga Uno saat peluncuran program tersebut secara hybrid, Jumat (18/2/2022), mengatakan, Indonesia dianugerahi dengan segala sumber daya yang harus dapat dimaksimalkan. Mulai dari kekayaan alam yang tiada dua, keindahan panorama, serta kekayaan produk budaya seperti tarian, alat musik, kuliner, kriya, permainan tradisional, rumah adat, dan lainnya yang seluruhnya bervariasi dari Sabang sampai Merauke. 

Kemenparekraf dikatakan Sandiaga, hadir dengan kebijakan/program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Ketiga program utama tersebut diharapkan benar-benar dapat menjadikan Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata kelas dunia. 

"Saya percaya kesempatan bisa datang di situasi apapun, tak terkecuali di dalam kesempitan (situasi pandemi). Di masa sulit mental kita diuji apakah kita punya semangat atau pasrah dengan keadaan atau sebaliknya bangkit dan buktikan bahwa menyerah tak akan pernah jadi pilihan," kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Terlebih tahun ini merupakan tahun istimewa dimana Indonesia dipercaya untuk memegang Presidensi G20 atau tuan rumah dari forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa dengan tema "Recover Together, Recover Stronger". 

"Ini sejalan dengan keinginan kita semua untuk bangkit bersama dan pulih menjadi lebih kuat," tuturnya.

Presidensi G20, lanjut Sandiaga, membuat semua mata akan menuju Indonesia. Membuka jendela masyarakat dunia dan melihat Indonesia. 

"Inilah momentum dan kesempatan kita untuk membuktikan bahwa pariwisata Indonesia berkelas dunia, berdaya saing global, dan berkelanjutan," tukas Sandiaga.

Pelaksanaan G20 nantinya juga akan dilakukan berbagai side event di sejumlah daerah tanah air. Para delegasi diharapkan nantinya juga dapat menikmati keindahan Indonesia yang diantaranya mendatangi desa-desa wisata Indonesia serta menikmati produk ekonomi kreatif di berbagai kabupaten/kota kreatif. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.