Unik! Kepulauan Galapagos Bangun 'Jalan Raya Bawah Laut' Khusus untuk Ikan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 31 Januari 2022 - 14:15 WIB

Ilustrasi Kendahan Bawah Laut di Kepulauan Galapagos (ist)
Ilustrasi Kendahan Bawah Laut di Kepulauan Galapagos (ist)

INDUSTRY.co.id - Pemerintah Amerika Tengah dan Selatan berencana untuk membangun jalan raya baru tetapi ini tidak akan menjadi jalan raya baru di Kepulauan Galapagos. Tetapi, uniknya ini bukan untuk dilewati manusia, melainkan untuk ikan-ikan.

Dilansir dari laman Times of India, Senin (31/1/2022), Guillermo Lasso, Presiden Ekuador telah menandatangani dekrit untuk membuat Cagar Laut Galapagos yang baru dan diberi nama Hermandad atau persaudaraan dalam bahasa Spanyol.

Menurut pejabat, cagar alam baru tersebut memperluas total wilayah laut yang dilindungi di nusantara sebesar 45 persen dan akan mengambilnya dari 51.351 meter persegi menjadi 74.517 meter persegi.

Upacara penandatanganan bersejarah dihadiri oleh Ivan Duque, Presiden Kolombia, Menteri Luar Negeri Panama dan Kosta Rika, dan mantan Presiden AS Bill Clinton.

"Ada tempat-tempat yang telah membuat tanda pada sejarah umat manusia, dan hari ini, kami mendapat kehormatan berada di salah satu tempat itu. Pulau-pulau yang menyambut kita telah mengajarkan kita banyak hal tentang diri kita sendiri. Jadi, alih-alih bertindak sebagai tuan mutlak dari tanah dan laut ini, bukankah seharusnya kita bertindak sebagai pelindung mereka?," ungkap Presiden Ekuador Lasso.

Menariknya, jalan raya laut akan menghubungkan dua Situs Warisan Dunia UNESCO laut serta melewati rute migrasi. Jalan raya ini juga akan membantu melindungi beberapa spesies laut langka dan terancam punah, seperti hiu martil dan hiu paus. 

Tujuan utamanya adalah untuk melihat jalan raya berjalan melalui Ekuador, Kolombia, Panama, dan Kosta Rika di tahun-tahun mendatang.

Zona perlindungan baru akan memungkinkan wisatawan menikmati kemegahan bawah laut. Galapagos dan perairan sekitarnya sangat cocok untuk petualangan laut. Di sini wisatawan dapat menikmati scuba diving dan mengalami dunia makhluk laut yang luar biasa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…