Jokowi Optimis Ekspor Besi Baja Tembus USD 30 Miliar Tahun 2022

Oleh : Ridwan | Senin, 31 Januari 2022 - 10:10 WIB

Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik hot strip mil #2 milik PT Krakatau Steel (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi saat meresmikan pabrik hot strip mil #2 milik PT Krakatau Steel (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya mineral logam, yang dibutuhkan untuk mendorong transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan.

"Kami kaya akan nikel, bauksit, timah, dan tembaga. Kami memastikan akan menyuplai cukup bahan-bahan tersebut untuk kebutuhan dunia," kata Jokowi dalam acara pembukaan B20 Inception Meeting, akhir pekan kemarin.

Namun, Presiden Jokowi memastikan, suplai tersebut bukan dalam bentuk bahan mentah. Melainkan dalam bentuk barang jadi atau setengah jadi, yang bernilai tambah tinggi.

Ia menjelaskan, hilirisasi nikel yang telah dilakukan Indonesia sejak 2015, sudah memberikan dampak. Tidak hanya dalam penciptaan lapangan kerja, tetapi juga dalam sisi ekspor maupun neraca perdagangan Indonesia.

Nilai ekspor Indonesia kini mencapai 230 miliar dolar AS, dengan kontribusi tertinggi dari besi baja.

Ekspor besi baja pada tahun 2021, mencapai 20,9 miliar dllar AS. Meningkat dari sebelumnya hanya 1,1 miliar dolar AS di tahun 2014.

"Tahun 2022 ini, saya kira bisa mencapai 28-30 miliar dolar AS. Setelah nikel, kita akan mendorong investasi di sektor bauksit, tembaga, dan timah," terangnya.

"Kebijakan kami tentang mekanisme transisi energi dari fossil fuel ke energi baru terbarukan, juga akan menjamin kepastian investasi," tambah Jokowi.

"Di Jawa dan Sumatra, kita mendorong early retirement Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke energi baru terbarukan, seperti geotermal dan solar panel. Kita juga akan membuka partisipasi di sektor swasta untuk berinvestasi di transisi energi ini," imbuhnya.

Saat ini, ada 5,5 gigawatt PLTU yang siap menjalani program early retirement.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menperin Agus Resmikan xEV Center Milik Raksasa Otomotif Asal Jepang di Karawang

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan xEV Center, yang berlokasi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang 3, Kamis (19/5/2022).

DR. Basuki Ranto, Dewan Pakar ICMI

Kamis, 19 Mei 2022 - 18:55 WIB

Perekonomian Daerah Nyata Bergerak Naik Dampak Mudik Lebaran

Jakarta-Masyarakat gegap-gempita melakukan mudik lebaran 2022, setelahdianya akses mudik tahun ini juga disinyalir mendorong perekonomian daerah.

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…