Tips: 5 Cara Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Selalu Bersih

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 09:55 WIB

Merawat Mobil
Merawat Mobil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tampilan eksterior mobil yang selalu terlihat berkilau adalah keinginan setiap orang. Begitupun dengan Anda, pasti menginginkan bodi mobilnya bersih dan sedap dipandang mata. Untuk mendapatkan tampilan mobil seperti ini bukanlah perkara sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan. Cara merawat mobil agar tetap mengkilap bisa disimak selengkapnya pada artikel berikut.

Bodi mobil yang terlihat kusam memang bisa menurunkan sisi keindahannya. Tidak peduli seberapa mahal harga kendaraan Anda, apabila bodi tidak dirawat dengan baik maka terkesan kurang menarik. Untuk mengembalikan daya tarik dimata semua orang, melakukan perawatan dengan baik harus dilakukan.

Tanpa panjang lebar, ini dia beberapa cara merawat mobil agar tetap mengkilap. Mobilku.org sebagai web otomotif terparcaya merekomendasikan kepada setiap pemilik kendaraan supaya telaten dan siap mengeluarkan biaya untuk mempertahankan penampilan mobil dalam jangka panjang. 

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Bersih

1. Tidak Memarkir Mobil di Bawah Paparan Sinar Matahari

Selama ini Anda pasti berpikir bukan masalah serius ketika memarkirkan mobil diluar ruangan. Padahal, sinar UV dan suhu panas dari sinar matahari mampu menurunkan kualitas cat pada permukaan bodi mobil sekaligus lapisan pelindungnya (coating).

Sebisa mungkin harus memarkir kendaraan di garasi atau minimal ada penutupnya. Yaitu dengan memasang plastik pelindung mobil apabila sedang parkir diluar ruangan dan tidaka da tempat berteduh.

2. Mencuci Mobil

Setelah telaten memarkirkan mobil di dalam garasi atau tempat teduh, Anda juga perlu mencuci mobil dengan langkah-langkah yang benar untuk mempertahankan kilauannya. Jangan mencuci menggunakan produk sabun sembarangan, melainkan shampo khusus mobil yang terbuat dari bahan dasar pilihan.

Oh iya, sebaiknya Anda tidak mencuci mobil di bawah terik matahari langsung. Hal ini ternyata bisa merusak tampilan bodi apabila dilakukan secara terus menerus. Pemakaian lap karet untuk mengeringkan dan mencuci mobil sebaiknya juga dihindari.

Lap karet dinilai kurang efektif dalam mengangkut kotoran, sekaligus dapat menimbulkan garis-garis halus pada bodi mobil.

3. Mengoreksi Cat Mobil

Cara merawat mobil agar tetap mengkilap selanjutnya adalah melakukan koreksi cat mobil. Tidak bisa dipungkiri, pemakian sehari-hari membuat mobil harus berhadapan dengan banyak zat perusak. Mulai dari air hujan dan sinar UV matahari, sampai dengan ranting pohon, kerikil ataupun pengendara lain yang bisa membuat baret bodi.

Dari sinilah pentingnya melakukan teknis polishing, compounding, dan glazing. Tujuannya adalah melindungi bagian logam bodi mobil supaya tidak mudah korosi atau karatan, seklaigus mempertahankan cat agar selalu bagus.

Meskipun ke-tiga teknik tadi membutuhkan biaya lumayan mahal, namun cat mobil akan terlindungi dan kembali bagus seperti sedia kala. Mobilku juga menyarankan agar memilih salon mobil terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya, daripada sekedar memburu harga murah namun kualitas mengecewakan.

4. Memberi Perlindungan Tambahan Pada Cat Mobil

Tampilan mobil yang sudah dikoreksi catnya memang kembali mengkilap. Sayangnya, hal itu masih belum cukup dan masih ada step lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Yaitu melindungi lapisan catnya dengan sealant atau Wax.

Wax maupun sealant bukan hanya bisa melindungi bodi mobil, melainkan juga kaca dan ban. Sehingga, debu dijalanan tidak mudah menempel.

5. Segera Membilas Bodi Mobil

Terakhir, Anda perlu rajin membilas mobil yang dipakai di musim hujan. Air hujan tidak boleh dibiarkan mengering pada bodi mobil, karena berpotensi menurunkan lapisan catnya dan membuat kuasm apabila dibiarkan terlalu lama.

Setiap kali mobil kehujanan, Anda perlu segera membilasnya di rumah dengan air. Sehingga, air hujan yang mengandung garam, partikel debu dan kotoran di jalan tidak begitu berpengaruh terhadap tampilannya. 

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara merawat mobil agar tetap mengkilap dan bersih. Semoga referensi diatas memberi kemudahan Anda dalam menjaga penampilan kendaraan agar tetap bagus dan sedap dipandang mata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…