Tips: 5 Cara Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Selalu Bersih

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Januari 2022 - 09:55 WIB

Merawat Mobil
Merawat Mobil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tampilan eksterior mobil yang selalu terlihat berkilau adalah keinginan setiap orang. Begitupun dengan Anda, pasti menginginkan bodi mobilnya bersih dan sedap dipandang mata. Untuk mendapatkan tampilan mobil seperti ini bukanlah perkara sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan. Cara merawat mobil agar tetap mengkilap bisa disimak selengkapnya pada artikel berikut.

Bodi mobil yang terlihat kusam memang bisa menurunkan sisi keindahannya. Tidak peduli seberapa mahal harga kendaraan Anda, apabila bodi tidak dirawat dengan baik maka terkesan kurang menarik. Untuk mengembalikan daya tarik dimata semua orang, melakukan perawatan dengan baik harus dilakukan.

Tanpa panjang lebar, ini dia beberapa cara merawat mobil agar tetap mengkilap. Mobilku.org sebagai web otomotif terparcaya merekomendasikan kepada setiap pemilik kendaraan supaya telaten dan siap mengeluarkan biaya untuk mempertahankan penampilan mobil dalam jangka panjang. 

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Mengkilap dan Bersih

1. Tidak Memarkir Mobil di Bawah Paparan Sinar Matahari

Selama ini Anda pasti berpikir bukan masalah serius ketika memarkirkan mobil diluar ruangan. Padahal, sinar UV dan suhu panas dari sinar matahari mampu menurunkan kualitas cat pada permukaan bodi mobil sekaligus lapisan pelindungnya (coating).

Sebisa mungkin harus memarkir kendaraan di garasi atau minimal ada penutupnya. Yaitu dengan memasang plastik pelindung mobil apabila sedang parkir diluar ruangan dan tidaka da tempat berteduh.

2. Mencuci Mobil

Setelah telaten memarkirkan mobil di dalam garasi atau tempat teduh, Anda juga perlu mencuci mobil dengan langkah-langkah yang benar untuk mempertahankan kilauannya. Jangan mencuci menggunakan produk sabun sembarangan, melainkan shampo khusus mobil yang terbuat dari bahan dasar pilihan.

Oh iya, sebaiknya Anda tidak mencuci mobil di bawah terik matahari langsung. Hal ini ternyata bisa merusak tampilan bodi apabila dilakukan secara terus menerus. Pemakaian lap karet untuk mengeringkan dan mencuci mobil sebaiknya juga dihindari.

Lap karet dinilai kurang efektif dalam mengangkut kotoran, sekaligus dapat menimbulkan garis-garis halus pada bodi mobil.

3. Mengoreksi Cat Mobil

Cara merawat mobil agar tetap mengkilap selanjutnya adalah melakukan koreksi cat mobil. Tidak bisa dipungkiri, pemakian sehari-hari membuat mobil harus berhadapan dengan banyak zat perusak. Mulai dari air hujan dan sinar UV matahari, sampai dengan ranting pohon, kerikil ataupun pengendara lain yang bisa membuat baret bodi.

Dari sinilah pentingnya melakukan teknis polishing, compounding, dan glazing. Tujuannya adalah melindungi bagian logam bodi mobil supaya tidak mudah korosi atau karatan, seklaigus mempertahankan cat agar selalu bagus.

Meskipun ke-tiga teknik tadi membutuhkan biaya lumayan mahal, namun cat mobil akan terlindungi dan kembali bagus seperti sedia kala. Mobilku juga menyarankan agar memilih salon mobil terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya, daripada sekedar memburu harga murah namun kualitas mengecewakan.

4. Memberi Perlindungan Tambahan Pada Cat Mobil

Tampilan mobil yang sudah dikoreksi catnya memang kembali mengkilap. Sayangnya, hal itu masih belum cukup dan masih ada step lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Yaitu melindungi lapisan catnya dengan sealant atau Wax.

Wax maupun sealant bukan hanya bisa melindungi bodi mobil, melainkan juga kaca dan ban. Sehingga, debu dijalanan tidak mudah menempel.

5. Segera Membilas Bodi Mobil

Terakhir, Anda perlu rajin membilas mobil yang dipakai di musim hujan. Air hujan tidak boleh dibiarkan mengering pada bodi mobil, karena berpotensi menurunkan lapisan catnya dan membuat kuasm apabila dibiarkan terlalu lama.

Setiap kali mobil kehujanan, Anda perlu segera membilasnya di rumah dengan air. Sehingga, air hujan yang mengandung garam, partikel debu dan kotoran di jalan tidak begitu berpengaruh terhadap tampilannya. 

Demikianlah pembahasan mengenai lima cara merawat mobil agar tetap mengkilap dan bersih. Semoga referensi diatas memberi kemudahan Anda dalam menjaga penampilan kendaraan agar tetap bagus dan sedap dipandang mata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Kamis, 26 Mei 2022 - 06:00 WIB

Inspektur Korps Marinir Hadiri Pembukaan RAPJ Inkopal Buku 2021

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto diwakilkan oleh Inspektur Korps Marinir (Ir Kormar) Brigjen TNI (Mar) Cecep Ruhiat, mengikuti Rapat Anggota Pertanggung…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:30 WIB

Menteri PUPR Basuki : Nilai - Nilai Pelatihan Bela Negara Implementasikan Dalam Tugas Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono secara resmi menutup penyelenggaraan Pelatihan Bela Negara Batch 1 bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun…

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Kamis, 26 Mei 2022 - 05:00 WIB

Prajurit Yonif 1 Marinir Perdalam Martir MO 60 MM

Dalam rangka menjalankan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Selam

Prajurit Batalyon Intai Amfibi 2 Marinir melaksanakan latihan penyelaman bawah air dalam rangka Latihan Satuan Dasar (LSD) II TW II Aspek Laut Tahun 2022, di Diving Tank Dinas Penyelaman Bawah…

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Kamis, 26 Mei 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Ajak Masyarakat Keerom Karya Bakti Bersama

Sebagai upaya menata lingkungan menjadi rapi dan bersih, Satgas Yonif 126/KC Pos Bompay mengajak warga melaksanakan karya bakti pembersihan Balai Desa di Kampung Bompay, Distrik Waris, Kabupaten…