Dahsyat! Bawa Duit Berkoper-koper, Wavin BV Segera Bangun Pabrik di KIT Batang

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Januari 2022 - 18:10 WIB

Kawasan industri terpadu (KIT) Batang
Kawasan industri terpadu (KIT) Batang

INDUSTRY.co.id - Batang - Perusahaan asal Belanda, Wavin BV bakal segera membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Nilai investasi produsen pipa global Wavin BV dari Belanda pun cukup besar mencapai USD 125 juta atau Rp1,7 triliun.

“Pada hari ini pihak Wavin ingin memastikan dan mengkoordinasikan teknisnya kepada KIT Batang. Pemerintah daerah dan juga Kementerian BKPM hadir dengan memerintahkan Kepala DPMPTSP dan direktur dari BKPM,” kata Wihaji, dalam kunjungannya di Dukuh Kedungmiri, Kecamatan Batang (19/1).

Wihaji mengungkaokan bahwa ada beberapa hal yang jadi faktor Wavin BV dari Belanda tertarik berinvestasi di KITB KIT. Salah satunya yaitu harga tanah yang sangat kompetitif, fasilitas dan infrastruktur juga sangat memadai dengan lahan seluas 20 Ha.

Oleh karena itu, ia pun mengaku sudah memerintahkan jajaran DPMPTSP Kabupaten Batang untuk membantu mempermudah perizinan agar cepat, namun tetap sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan BKPM.

"Kita permudah perizinan tetapi tetap sesuai perundang-undangan dari Kementerian BKPM," ungkapnya. 

Ia pun menyebutkan, bahwa agenda kunjungan dari Produsen pipa global Wavin BV bukan sekedar cek lokasi, tetapi sudah komitmen berinvestasi di KIT Batang.

"Wavin siap berinvestasi di KIT Batang, hanya tinggal teknisnya saja, maka sekarang lagi dibahas di di Kementerian," jelasnya.

Wihaji mengatakan, nantinya pabrik Wavin BV dapat memasok kebutuhan pipa dan memenuhi kebutuhan pipa nasional. Hal ini seiring masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Apalagi, dengan adanya kebijakan pemerintah memperketat impor untuk kebutuhan material pembangunan infrastruktur. Maka, Wavin dinilai telah mengambil langkah yang tepat dengan rencana pembangunan pabriknya di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, pabrik baru Wavin BV di KIT Batang juga diharapkan dapat menyerap sebanyak 400-500 tenaga kerja lokal.

"Jadi untuk masyarakat Kabupaten Batang harus bersiap-siap skill agar tidak menjadi penonton saja nantinya," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…