Dahsyat! Bawa Duit Berkoper-koper, Wavin BV Segera Bangun Pabrik di KIT Batang

Oleh : Ridwan | Rabu, 19 Januari 2022 - 18:10 WIB

Kawasan industri terpadu (KIT) Batang
Kawasan industri terpadu (KIT) Batang

INDUSTRY.co.id - Batang - Perusahaan asal Belanda, Wavin BV bakal segera membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Nilai investasi produsen pipa global Wavin BV dari Belanda pun cukup besar mencapai USD 125 juta atau Rp1,7 triliun.

“Pada hari ini pihak Wavin ingin memastikan dan mengkoordinasikan teknisnya kepada KIT Batang. Pemerintah daerah dan juga Kementerian BKPM hadir dengan memerintahkan Kepala DPMPTSP dan direktur dari BKPM,” kata Wihaji, dalam kunjungannya di Dukuh Kedungmiri, Kecamatan Batang (19/1).

Wihaji mengungkaokan bahwa ada beberapa hal yang jadi faktor Wavin BV dari Belanda tertarik berinvestasi di KITB KIT. Salah satunya yaitu harga tanah yang sangat kompetitif, fasilitas dan infrastruktur juga sangat memadai dengan lahan seluas 20 Ha.

Oleh karena itu, ia pun mengaku sudah memerintahkan jajaran DPMPTSP Kabupaten Batang untuk membantu mempermudah perizinan agar cepat, namun tetap sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan BKPM.

"Kita permudah perizinan tetapi tetap sesuai perundang-undangan dari Kementerian BKPM," ungkapnya. 

Ia pun menyebutkan, bahwa agenda kunjungan dari Produsen pipa global Wavin BV bukan sekedar cek lokasi, tetapi sudah komitmen berinvestasi di KIT Batang.

"Wavin siap berinvestasi di KIT Batang, hanya tinggal teknisnya saja, maka sekarang lagi dibahas di di Kementerian," jelasnya.

Wihaji mengatakan, nantinya pabrik Wavin BV dapat memasok kebutuhan pipa dan memenuhi kebutuhan pipa nasional. Hal ini seiring masifnya pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Apalagi, dengan adanya kebijakan pemerintah memperketat impor untuk kebutuhan material pembangunan infrastruktur. Maka, Wavin dinilai telah mengambil langkah yang tepat dengan rencana pembangunan pabriknya di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, pabrik baru Wavin BV di KIT Batang juga diharapkan dapat menyerap sebanyak 400-500 tenaga kerja lokal.

"Jadi untuk masyarakat Kabupaten Batang harus bersiap-siap skill agar tidak menjadi penonton saja nantinya," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.