Jamkrindo Raih Penghargaan Sebagai Penjamin KUR Terbaik 1

Oleh : Wiyanto | Rabu, 19 Januari 2022 - 07:02 WIB

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan
Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan

INDUSTRY.co.id-Jakarta- PT Jamkrindo mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik 1 tahun 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di ajang KUR Award.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan pada Selasa, 18 Januari 2022. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap dengan adanya program KUR, UMKM semakin termotivasi untuk maju. “Pada tahun 2022, Pemerintah telah menaikan plafond KUR menjadi Rp 373,17 Triliun, dengan kenaikan ini harapannya UMKM betul-betul dapat termotivasi,” ujarnya dalam sambutan acara.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi kontribusi perusahaan penjamin kredit. Ia mengatakan, perusahaan bisa menjembatani UMKM untuk memperoleh akses kepada lembaga keuangan. “Peran perusahaan penjamin sangat penting (dalam program KUR) sehingga bank penyalur berani dan lebih progresif memberikan pinjaman kepada UMKM. Apalagi banyak UMKM terkendala dari segi kecukupan collateral. Maka itu ke depan penjaminan harus semakin progresif mendampingi penyaluran KUR,” ujarnya.

Adapun Direktur Utama PT Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan penghargaan tersebut memotivasi perusahaan untuk senantiasa berinovasi secara prudent dalam memberikan layanan yang prima bagi UMKM.

Lebih lanjut, Putrama mengatakan, pada tahun 2021, Jamkrindo telah merealisasikan penjaminan KUR sebesar Rp 130,3 triliun, naik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 90,4 triliun. Ia mengapresiasi komitmen pemerintah dalam melakukan pengembangan UMKM dengan berbagai bauran kebijakan, termasuk salah satunya adanya program KUR.

“Program KUR merupakan program yang sangat strategis untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Kami sangat berterima kasih karena telah dipercaya untuk terlibat dalam program KUR. Pencapaian yang ditorehkan sebagai Penjamin KUR Terbaik 1 tidak terlepas dari dukungan segenap stakeholders dan juga para mitra bisnis strategis perusahaan,” ujar Putrama.

Pada tahun 2022 ini, Putrama menuturkan berbagai strategi telah dipersiapkan untuk mendukung target penyaluran KUR nasional, antara lain melakukan pengembangan sistem penjaminan, optimalisasi SDM di seluruh unit kerja perusahaan, hingga peningkatan layanan perusahaan serta penguatan kolaborasi dengan mitra penyalur KUR.

“Dengan berbagai inovasi dan kolaborasi yang kami lakukan dengan segenap mitra penyalur KUR, kami berharap dapat senantiasa memberikan pelayanan penjaminan dengan akses yang semakin mudah, sehingga pada akhirnya dapat mendukung target penyaluran KUR nasional,” ujar Putrama.

Sejak tahun 2018 hingga 2022 PT Jamkrindo secara berturut-turut sebagai perusahaan penjaminan KUR terbaik di ajang ini. KUR Award adalah penghargaan bagi pemerintah daerah penyalur, penjamin, dan pendukung program KUR terbaik. Pemberian penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi pemerintah daerah, penjamin, dan pendukung program KUR agar berperan serta membantu pemerintah dalam penyaluran KUR.

Proses penilaian penghargaan bagi stakeholders KUR ini dilaksanakan oleh tim penilai dan tim teknis yang diketuai oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir dengan anggota perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Dalam Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Universitas Indonesia.

PT Jamkrindo merupakan perusahaan penjaminan terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan penjaminan kredit, Jamkrindo memiliki berbagai produk, baik produk penjaminan program maupun penjaminan nonprogram. Pada penjaminan program, PT Jamkrindo memiliki produk penjaminan KUR.

Adapun, untuk penjaminan non-program, produk penggunaannya antara lain penjaminan kredit umum, penjaminan kredit mikro, penjaminan kredit konstruksi dan pengadaan barang/jasa, penjaminan distribusi barang, surety bond, customs bond, dan penjaminan supply chain financing (invoice financing) dan penjaminan kredit lainnya.

Sebagai bagian dari holding IFG, Jamkrindo berkomitmen untuk menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya penjaminan yang akuntabel, prudent, dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Kamis, 26 Mei 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Hadiri Pernikahan Ketua MK dengan Idayati

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo turut bahagia atas kelancaran prosesi pernikahan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman dengan adik kandung Presiden…

Presiden Jokowi

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:19 WIB

Pandemi Melandai, Presiden Jokowi Harap Aktivitas Seni dan Budaya Bangkit

Presiden Joko Widodo berharap melandainya pandemi menjadi momentum aktivitas seni dan budaya untuk bangkit kembali setelah terhenti selama dua tahun. Pernyataan ini disampaikan Presiden setelah…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Anindya Bakrie saat berfoto bersama Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:30 WIB

Bertemu Menteri Investasi Inggris, Bahlil Pastikan Kerja Sama RI-Inggris Bakal Diteken pada KTT G20 di Bali

Di sela kunjungan kerjanya ke Davos, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu dengan Menteri Investasi Inggris Lord Grimstone kemarin siang (25/5)…

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming

Kamis, 26 Mei 2022 - 15:00 WIB

Ini Kontribusi 50 Tahun HIPMI untuk Indonesia Menuju Era Keemasan

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) sedang menuju era keemasan yang tahun ini akan menginjak usia 50 tahun. Anggota HIPMI di seluruh Indonesia akan tetap berjuang untuk membangun ekonomi…

Mentan SYL menyaksikan Porang yang akan diolah

Kamis, 26 Mei 2022 - 14:52 WIB

Kementan Dukung Investor Bangun Pabrik Olahan Porang Skala Besar di Lombok Barat

Pabrik pengolahan porang menjadi tepung glukomanan berkadar 90 persen mulai dibangun di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.