Relawan Jokowi Ke Presiden dan DPR RI: Jangan Satu Keterwakilan Gender Komisoner KPU, Tiga Lebih Baik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 11 Januari 2022 - 16:51 WIB

Ketua Umum Sentral Gerakan Rakyat-Jokowi Akhrom Saleh
Ketua Umum Sentral Gerakan Rakyat-Jokowi Akhrom Saleh

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Beberapa waktu lalu Panitia Seleksi (Pansel) KPU RI telah menyerahkan 14 nama Calon Anggota KPU RI dan 10 Calon Anggota Bawaslu RI Periode 2022-2027 kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta.

Menyikapi hal itu, Kornas-Jokowi meminta presiden untuk dapat mempertimbangkan calon komisioner KPU RI yang akan diajukan ke Komisi II-DPR RI beberapa hari ke depan mempertimbangkan agar diperbanyaknya komposisi keterwakilan gender dan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami berharap presiden merekomendasikan calon komisioner KPU RI dengan mempertimbangkan sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Demikian diperbanyaknya komposisi keterwakilan gender. Ya hemat kami jangan satulah ya komisionernya, tiga akan lebih baik,” ujar Sekjen Kornas-Jokowi. Akhrom Saleh yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (11/1/2022).

Paling tidak tegas dia, ada dua atau tiga keterwakilan perempuan sebagai komisoner KPU Periode 2022-2027. “Ya kita jujur ajalah, lembaga ini kan sangat tinggi tingkat kerawanan terjadinya kecurangan dan ketidakadilan. Oleh karena itu, saya kira pentingnya kaum hawa menduduki jabatan sebagai komisioner KPU,” imbuhnya lagi.

Selain itu Akhrom juga meminta agar petanaha tidak dipilih kembali dan dibatasi masa jabatannya.

“Kami mengusulkan sebaiknya komisioner KPU RI cukup menjabat satu periode. Prinsipnya lebih baik mencegah dari para mengobati. Kita menghindari kecurigaan publik, dan kegaduhan politik akibat adanya wajah-wajah lama ini,” tutup Akhrom.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…