Kementan Kembangkan Korporasi Peternakan Ayam Petelur Terintegrasi

Oleh : Wiyanto | Senin, 10 Januari 2022 - 15:49 WIB

Kementan sedang tinjau produksi telur (Doc:Kementan)
Kementan sedang tinjau produksi telur (Doc:Kementan)

INDUSTRY.co.id-Sidrap – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Desa Mario, Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja ini dilakukan sebagai upaya penyediaan jagung sebagai bahan baku industri pakan ternak ungas lokal.

Penyediaan lahan jagung untuk pabrik pakan ternak merupakan bagian dari upaya pengembangan Korporasi Peternakan Ayam Petelur Terintegrasi berbasis closed loop system.

“Pengembangan closed loop itu berarti kita menyiapkan sistem dari mulai budidaya hingga menyiapkan bahan dasar untuk pakan berupa jagung. Karena itu, Bupati sudah mempersiapkan lahan jagung untuk kebutuhan yang ada saat ini,” ungkap Syahrul, saat kunjungan kerja, Sabtu, 9 Januari 2021.

Pada kunjungannya kali ini, Syahrul meninjau lahan jagung seluas 1.000 hektare guna memasok pabrik pakan ternak yang ada di wilayah Sidrap. Dengan pengembangan closed loop system, Syahrul menargetkan hilirisasi industri peternakan bisa berjalan secepatnya.

“Karena yang dikembangkan adalah peternakan terintegrasi, maka kita bisa lihat dari mulai budidaya ayam hingga proses pembuatan telurnya. Begitupun pengolahan, dari mulai ayam diproduksi menjadi nugget, telur berlebih diproduksi menjadi tepung telur, dan kotoran yang bisa diolah menjadi pupuk,” jelas Syahrul.

Selain penguatan sistem, Korporasi Peternakan Ayam Petelur Terintegrasi pun diharapkan bisa mengadopsi teknologi tepat guna. “Kalau menggunakan teknologi, percepatan produksi bisa dilakukan. Selain itu, kualitas lebih terkontrol dan ketepatan hasil sesuai kebutuhan pasar bisa dijaga,” beber Syahrul.

Kab. Sindrap merupakan salah satu sentra produksi jagung nasional. Tercatat, lahan jagung di sana mencapai 3.200 hektare. Dua kabupaten Sulawesi lainnya yang turut menjadi sentra produksi jagung adalah Kab. Enrekang seluas 3.000 hektare dan Kab. Pindrang seluas 1.300 hektare. Kementerian Pertanian berencana memberikan bantuan benih jagung untuk masing-masing 1.000 hektare bagi setiap kabupaten.

Syahrul mengungkapkan Presiden Jokowi telah berencana untuk melihat persiapan pengembangan Korporasi Peternakan Ayam Petelur Terintegrasi di Sulawesi Selatan. “Presiden akan kami undang ke sini sehingga beliau bisa melihat semua prosesnya di sini dan bagaimana upaya pemerintah untuk memfasilitasi percepatan hilirisasi industri peternakan,”pungkas Syahrul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Luar Biasa! Kemenperin: Produk Penanganan Bencana Buatan Anak Bangsa Makin Mendunia

Sejumlah produk industri dalam negeri yang terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan bencana, telah mampu bersaing dengan produk impor. Bahkan, cukup banyak juga yang sudah dipasarkan ke…

Pondok Pesantren Kyai Ageng Selo, Klaten melakukan panen buah melon inthanon yang merupakan hasil inkubasi dari ALEC

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:35 WIB

Inkubasi Koperasi Besutan LPDB-KUMKM Terbukti Sukses Gerakan Ekonomi Pondok Pesantren

Inkubasi Koperasi yang dilakukan oleh inkubator mitra LPDB-KUMKM yakni Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq melalui Alif learning center (ALEC) selama tahun 2022, berhasil menginkubasi…

BCA Dukung Kegiatan Cahaya Bangka Belitung

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:31 WIB

BCA Dukung Kegiatan Cahaya Bangka Belitung, Tingkatkan Potensi Gernas BBI

Mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan potensi UMKM di Indonesia, BCA berpartisipasi dalam rangkaian Kegiatan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia), dimana kegiatan…

Gadis Mumbai, India Berusia 10 Tahun Puncaki Base Camp Gunung Everest (Foto: Twitter)

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:30 WIB

Gadis Asal India Berusia 10 Tahun Ini Berhasil Puncaki Everest Base Camp

Rhythm Mamania, seorang skater juara berusia 10 tahun dari Worli, Mumbai, India telah menjadi salah satu pendaki gunung India termuda yang mencapai puncak Everest Base Camp (EBC) di Nepal.

 Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:25 WIB

Tingkatkan Layanan Siloam Hospitals Kupang Sediakan Cath Lab Kateterisasi Jantung

Siloam Hospitals Kupang yang terletak di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi warga yang ingin mendapatkan layanan Kesehatan, termasuk penanganan penyakit…