Bantu Siapkan SDM Berkarier di Sektor Industri, Ini Langkah Trakindo

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Januari 2022 - 16:50 WIB

Teknisi Trakindo selalu melakukan inspeksi dan pemeriksaan unit
Teknisi Trakindo selalu melakukan inspeksi dan pemeriksaan unit

INDUSTRY.co.id - Batam - PT Trakindo Utama (Trakindo) berkomitmen untuk berkontribusi bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia melalui program Trakindo Goes to Campus (TGTC) yang dilaksanakan berkolaborasi dengan kampus-kampus teknologi di Indonesia. Untuk TGTC ketiga di tahun 2021 ini, Trakindo menggandeng Politeknik Negeri Batam (Polibatam) sebagai partner.

Dengan format webinar bagi mahasiswa-mahasiswi Polibatam, Trakindo berbagi keahlian dan pengalaman di industri alat berat kepada para peserta, khususnya pascapandemi, sambil sekaligus memberi pembekalan dalam mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sektor industri di masa pemulihan ekonomi ini.
 
Tema TGTC kali ini adalah “Prospek Karier Industri Alat Berat Pasca COVID-19 di Era Pemulihan Ekonomi”. Kegiatan ini diikuti sekitar 180 mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin khususnya Program Studi Diploma 3 Teknik Elektronika, Diploma 4 Teknik Mekatronika, Diploma 3 Teknik Elektronika Manufaktur, Diploma 3 Teknik Instrumentasi, Diploma 4 Teknik Robotika, Diploma 4 Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi dan Diploma 3 Teknik Mesin serta dihadiri juga oleh sejumlah staf pengajar Polibatam.
 
“Pascapandemi ini ada pekerjaan besar yang harus kita lakukan secara nasional yaitu melanjutkan pembangunan infrastruktur penting, memperkuat ekonomi lokal, memenuhi permintaan energi—dan pekerjaan itu membutuhkan peran dan kontribusi industri alat berat yang dijalankan Trakindo. Untuk menjalankan peran itu dengan optimal, dibutuhkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia,” kata Gemilang Adi Perdana, HR Manager - Central Services Trakindo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (3/1/2022).
 
Pada acara ini, Trakindo berbagi mulai dari kebutuhan hingga keahlian apa saja yang diperlukan, dan cara-cara menghadapi tantangan di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat. Hal ini diharapkan bisa mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman, serta menambah wawasan mereka. 
 
“Trakindo menyambut anak-anak muda Indonesia yang siap menjadi pionir, inovator, juara kemajuan untuk bergabung bersama kami, untuk maju ke depan, membangun negara dan membesarkan bangsa,” ungkap Gemilang Adi Perdana.
 
Lebih jauh, Gemilang Adi Perdana juga menjelaskan bahwa bagi Trakindo, SDM merupakan menjadi salah satu elemen kunci yang sangat mempengaruhi kinerja usaha. Untuk itu, Trakindo tidak hanya berfokus pada peningkatan kompetensi, namun juga penguatan pendidikan karakter. Trakindo berharap di masa depan, kampus selalu melahirkan generasi-generasi yang adaptif yang mampu menjadi penerus di bidang teknologi.

Dalam paparannya, Eka Mutia Lubis S.Pd., M.Pd, Staf Pengajar Teknik Elektro Polibatam berpesan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk memanfaatkan momen webinar untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya. “Sektor industri memiliki standar yang terus berkembang, sehingga mahasiswa perlu beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk menjawab kebutuhan sektor industri,” ungkap Eka Mutia Lubis.
 
Ir. Benny Haddli lrawan, S.Tr., M.T., IPM, ASEAN Eng., Ketua Program Studi Teknik Mesin Polibatam  menjelaskan perkembangan teknologi saat ini membuat industri alat berat tidak cuma terbuka bagi mahasiswa teknik mesin saja, melainkan juga bagi bidang-bidang lain.

“Untuk mampu menjawab kebutuhan di industri alat berat ini, setiap mahasiswa perlu menggali pengetahuan dan mengasah keahlian, tetapi juga tidak melupakan karakter unggul yang mampu beradaptasi, cepat belajar dan tangguh, serta bisa ditempatkan di segala medan,” ujar Benny.
 
Lebih jauh, Benny Haddli Irawan menegaskan keyakinannya bahwa dengan upaya bersungguh-sungguh setiap mahasiswa Polibatam pasti mampu membangun karakternya sesuai kebutuhan ini.
 
“Kolaborasi dengan Polibatam ini merupakan perwujudan komitmen Trakindo di bidang pendidikan khususnya pendidikan vokasi dengan memberikan edukasi dan pembekalan kepada mahasiswa. Diharapkan kegiatan TGTC ini memberi informasi dan membuka wawasan mahasiswa mengenai karier dan teknologi di masa depan serta memotivasi mereka untuk belajar sungguh-sungguh agar mampu bersaing di era perubahan. Dengan kerja keras dan kerja sama, kita pasti mampu memberikan kontribusi positif untuk masa depan yang lebih baik,” pungkas Gemilang.
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Clinton Augusto

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:00 WIB

Clinton Augusto Bagikan Tips Menaikan Berat Badan Secara Alami dengan RimbaLife

Punya badan kurang berisi tidak selamanya menjadi dambaan setiap orang, Banyak Orang yang masih bingung atau mungkin udah menyerah untuk bisa menaikan berat badannya, bahkan banyak yang melakukan…

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…