Hati-Hati Money Game! Simak Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya

Oleh : Kormen Barus | Senin, 03 Januari 2022 - 06:35 WIB

Hati-Hati Money Game! Simak Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya
Hati-Hati Money Game! Simak Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Money game jadi modus yang kerap dipakai dalam praktik investasi bodong yang merugikan masyarakat. Tidak jarang kita mendengar pemberitaan tentang investasi bodong dengan iming-iming keuntungan tak masuk akal yang justru membuat investornya merugi. Salah satunya adalah money game ini.

Seperti yang dilansir di website Lifepal.co.id, Money game adalah aktivitas penghimpunan dana masyarakat dengan memberikan komisi dan bonus dari setiap dana yang disetor anggota baru. Sederhananya, keuntungan yang didapat bukan dari jualan produk secara nyata, tetapi sekadar mengumpulkan dana dari member-member baru. Bahasa populer lain yang menggambarkan skema ini adalah ‘member get member‘.

Produk yang dijual sebenarnya hanyalah kamuflase untuk menyamarkan operasional perusahaan. Padahal, untung yang diperoleh oleh member lama hanya berasal dari dana yang didapat dari downline alias member baru saja.

Money game juga lekat dengan skema Ponzi. Skema ini digambarkan dengan bentuk segitiga atau skema piramida, menggambarkan bahwa setiap member lama memiliki member baru di bawahnya. Member yang posisinya sudah di atas, akan terus mendapat dana dari downline di bawah mereka, sedangkan member baru harus menggaet member baru lain demi mendapatkan untung.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa keuntungan yang didapat hanyalah dari uang member baru yang wajib setoran di awal. Kalau enggak ada member baru, lalu bagaimana? Ya, sistem akan runtuh, karena tidak ada aliran dana baru dari member.

Cara menghindari Money Game

Masyarakat perlu lebih teliti sebelum mengikuti program investasi tertentu. Hati-hati dengan iming-iming keuntungan yang fantastis. Seiring dengan meningkatnya literasi keuangan, saat ini semakin banyak masyarakat yang melek finansial dan memahami risikonya. Berikut adalah beberapa tips dari Lifepal.co.id agar kamu bisa terhindar dari skema ini:

1.            Hindari iming-iming investasi dengan return yang fantastis dan tidak masuk akal. Apalagi jika produk yang dijual tidak jelas. Karena pada prinsipnya modus ini tidak fokus berjualan produk, tetapi lebih ke menggaet member baru.

2.            Waspadai program investasi yang struktur organisasinya tidak jelas atau rahasia. Terkadang ada perusahaan investasi yang mengklaim memiliki koneksi di luar negeri atau hubungan khusus lain yang tidak bisa diverifikasi kebenarannya.

3.            Waspadai juga program investasi yang selalu memberi gambaran sukses dalam waktu cepat. Ingat, investasi dengan return tinggi pasti memiliki risiko yang tinggi pula. Ingat juga bahwa penghasilan tinggi pada dasarnya hanya bisa diperoleh dengan bekerja keras.

Semoga tips dan juga penjelasan diatas dapat membantu kamu dalam semakin berhati-hati ketika melakukan investasi, terutama dalam menghindari potensi terkena money game.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM yang mengikuti PackFest 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:40 WIB

PackFest 2024 Kembali Hadir, Telkom Ajak UMKM Naik Kelas Melalui Kemasan Yang Kekinian

Telkom Indonesia melalui Rumah BUMN Telkom kembali mengajak para pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk naik kelas melalui Program Packaging Festival (PackFest) 2024. PackFest merupakan program…

Festival Java jazz

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:31 WIB

Musisi Apresiasi BNI Java Jazz Festival

Pelaksanaan BNI Java Jazz Festival 2024 mendapatkan apresiasi dari kalangan musisi. Salah satunya datang dari Barry Likumahuwa yang juga menjadi salah satu musisi yang tampil dalam gelaran tahunan…

Ilustrasi Mobile Banking BNI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 15:01 WIB

Pengunjung Java Jazz Festival Didorong Gunakan M-Banking BNI

BNI Java Jazz Festival 2024 kembali hadir memanjakan telinga dengan alunan musik merdu dari musisi ternama dunia. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 24 hingga 26 Mei 2024…

Warga Mampang menerima bantuan BRI

Sabtu, 25 Mei 2024 - 12:01 WIB

BRI Warung Buncit Serahkan Bantuan Sarana Kegiatan di 3 RT Wilayah Mampang

Kantor Cabang BRI (Bank Rakyat Indonesia) Warung Buncit Jaksel menyerahkan bantuan sarana dan prasarana perlengkapan untuk kegiatan warga kepada RT001, RT008, RT,009 RW001 Kelurahan Mampang…

 PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.

Sabtu, 25 Mei 2024 - 08:26 WIB

Gunung Bara Utama Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Kutai Barat

PT Gunung Bara Utama (GBU) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kutai Barat.