Arouca 516, Jembatan Terpanjang di Dunia Ada di Portugal

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 12 Mei 2021 - 15:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jika di Indonesia memiliki Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi, di Portugal juga ada jembatan gantung yang digadang-gadang menjadi jembatan terpanjang di dunia, namanya Jembatan Arouca 516. 

Dilansir dari lama lonelyplanet, Rabu (12/5/2021), jembatan sepanjang 516 meter (1693ft) dengan tinggi 175 meter yang menggantung pada kabel baja berat yang digantung di antara menara beton berbentuk V. Terletak di atas sungai Arouca Unesco Global Geopark, jembatan ini menghubungkan tebing air terjun Aguieiras dan area Ngarai Paiva. 

Sehingga destinasi ini menjadi jembatan terpanjang di dunia yang sebelumnya diduduki oleh Jembatan Charles Kuonen Suspension di Swiss.

Dirancang oleh Itecons dan dibangun oleh Conduril - Engenharia, SA, jembatan ini didesainnya menggabungkan elemen jembatan bergaya Tibet, dengan lantai dan pagar sampingnya terbuat dari logam yang tembus pandang sehingga wisatawan dapat  melihat sekeliling. 

Pembangunan yang dimulai pada tahun 2017, tetapi tertunda karena lokasi jembatan perlu diubah karena banyak faktor. Akhirnya pada Juli tahun lalu pembangunan jembatan ini selesai, dan saat ini telah dibuka untuk masyarakat berusia enam tahun ke atas.

Jembatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan pecinta petualangan, penikmat alam, dan orang-orang yang menyukai pengalaman ekstrem. Mereka yang melintasinya akan dapat melihat air terjun Aguieiras, jalan setapak Paiva, Jembatan Alvarenga, dan Ngarai Paiva.