Bertahap, INKA Mulai Kirim Rangkaian Kereta LRT ke Sumatera Selatan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 April 2018 - 17:06 WIB

Pembangunan LRT (Ist)
Pembangunan LRT (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Sebanyak delapan rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) atau trainset mulai dikirimkan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) dan akan dioperasikan di Sumatera Selatan.  Senior Manager Secretary Public Relation & CSR, Cholik M Zamzam, mengatakan, pengiriman rangkaian kereta LRT tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

"Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta, dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car," kata Cholik M Zamzam, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Cholik menambahkan, kereta ini akan menggunakan motor listrik sebagai penggerak, third rail sebagai sumber daya listrik, serta material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. 

Untuk kenyamanan pengguna kereta LRT, INKA melengkapinya dengan air conditioner (AC), kaca jendela dari jenis safety glass (tempered), serta dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. "Adapun tingkat kandungan lokal produk LRT ini mencapai kurang lebih 45%," tambahnya. 

Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang berdiri. Kereta LRT ini untuk mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta - Palembang. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Foto Pembangunan Program Sejuta Unit Rumah

Senin, 10 Desember 2018 - 15:35 WIB

PUPR Klaim Program 1 Juta Rumah Sudah Capai 100 Persen

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengklaim hingga 26 November 2018 program sejuta rumah telah teralisasi 100%. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul…

 Kepala Bekraf, Triawan Munaf (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:26 WIB

Bekraf: 2020 Transaksi E-commerce Capai US$ 130 Milyar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memproyeksikan nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia tahun 2020 akan capai US$ 130 miliar, atau setara dengan Rp 1.924 Triliun. Hal tersebut diungkapkan…

Marketplace Lazada menjajaki kerja sama dengan penyedia jasa logistik JNE memberikan fasilitas pengiriman barang secara cashless bagi para seller Lazada. (Dok:INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:05 WIB

2019, JNE Bidik 1 Juta Pengiriman Per Hari

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menargetkan bisa menangani 1 juta paket kiriman per hari pada 2019 seiring dengan tren perdagangan digital di Indonesia.

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 15:03 WIB

Kemenhub Kembangkan Konsep Integrasi Tol Laut

Dtjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan konsep tol laut yang terintregasi dan terkoneksi "end to end" yang menghubungkan antarwilayah di Indonesia serta dapat menjangkau…

Jane Callista, Penyanyi Anak-anak Yang Memilih Jalur Opera Broadway

Senin, 10 Desember 2018 - 14:52 WIB

Jane Callista Penyanyi Cilik Yang Mantap Memilih Jalur Opera Broadway

Di tengah gempuran lagu-lagu dewasa yang liriknya banyak yang tidak cocok dinyanyikan oleh anak-anak, terdengar kabar merdu. Ada seorang anak dengan bakat istimewa mengeluarkan album berjudul…