Bertahap, INKA Mulai Kirim Rangkaian Kereta LRT ke Sumatera Selatan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 April 2018 - 17:06 WIB

Pembangunan LRT (Ist)
Pembangunan LRT (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Sebanyak delapan rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) atau trainset mulai dikirimkan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) dan akan dioperasikan di Sumatera Selatan.  Senior Manager Secretary Public Relation & CSR, Cholik M Zamzam, mengatakan, pengiriman rangkaian kereta LRT tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

"Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta, dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car," kata Cholik M Zamzam, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Cholik menambahkan, kereta ini akan menggunakan motor listrik sebagai penggerak, third rail sebagai sumber daya listrik, serta material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. 

Untuk kenyamanan pengguna kereta LRT, INKA melengkapinya dengan air conditioner (AC), kaca jendela dari jenis safety glass (tempered), serta dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. "Adapun tingkat kandungan lokal produk LRT ini mencapai kurang lebih 45%," tambahnya. 

Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang berdiri. Kereta LRT ini untuk mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta - Palembang. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…