Bertahap, INKA Mulai Kirim Rangkaian Kereta LRT ke Sumatera Selatan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 10 April 2018 - 17:06 WIB

Pembangunan LRT (Ist)
Pembangunan LRT (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Sebanyak delapan rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) atau trainset mulai dikirimkan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) dan akan dioperasikan di Sumatera Selatan.  Senior Manager Secretary Public Relation & CSR, Cholik M Zamzam, mengatakan, pengiriman rangkaian kereta LRT tersebut akan dilakukan secara bertahap. 

"Dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta, dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car," kata Cholik M Zamzam, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Cholik menambahkan, kereta ini akan menggunakan motor listrik sebagai penggerak, third rail sebagai sumber daya listrik, serta material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi. 

Untuk kenyamanan pengguna kereta LRT, INKA melengkapinya dengan air conditioner (AC), kaca jendela dari jenis safety glass (tempered), serta dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung. "Adapun tingkat kandungan lokal produk LRT ini mencapai kurang lebih 45%," tambahnya. 

Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang berdiri. Kereta LRT ini untuk mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta - Palembang. (Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.