Living Plaza Cemara Asri dari Kawan Lama Jadi Pusat Perbelanjaan Pertama di Medan yang Terapkan Manajemen Sampah

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Desember 2021 - 10:39 WIB

Pembukaan Living Plaza Cemara Asri
Pembukaan Living Plaza Cemara Asri

INDUSTRY.co.id - Deli Serdang - Living Plaza, pusat kebutuhan rumah, furnitur, elektronik dan gaya hidup terlengkap dimana ritel ternama dari Kawan Lama Group berada dalam satu lokasi, secara resmi dibuka untuk pertama kalinya di wilayah Medan dan sekitarnya.

Berlokasi di Cemara Asri, Kabupaten Deli Serdang, Living Plaza ke-23 di Indonesia ini juga menjadi pusat perbelanjaan pertama di Medan yang
menerapkan reduce waste management atau sistem manajemen sampah sebagai perwujudan komitmen untuk menjadi kawasan komersial yang ramah lingkungan.

Sugiyanto Wibawa selaku Business Development Director Kawan Lama Group menuturkan bahwa kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan salah satu misi yang senantiasa diemban oleh Kawan Lama Group.

"Sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan misi tersebut, bertepatan dengan pembukaan Living Plaza Cemara Asri ini, kami menerapkan sistem pengelolaan sampah dari hulu ke hilir, dimana timbulan sampah yang ada akan dipilah secara sistematis dan dipersiapkan untuk didaur ulang menjadi produk yang memiliki nilai tambah," kata Sugiyanto yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (23/12/2021).

"Harapan kami, tentunya, pengelolaan sampah yang diusung ini dapat memberikan kontribusi positif untuk upaya penanggulangan sampah," imbuh Sugiyanto.

Sistem pengelolaan sampah yang diterapkan pada gedung seluas 9.647 m² dan memiliki 9 lantai ini terlaksana melalui kemitraan dengan berbagai pihak dan melibatkan karyawan, tenant serta pengunjung sejak proses awalnya, yaitu pemilahan sampah.

Di berbagai titik gedung, tersedia tempat sampah yang terdiri dari tiga jenis, yaitu organik, anorganik, dan sampah residu (sampah yang sulit didaur ulang seperti puntung rokok dan tisu, styrofoam dan sampah yang sudah terkontaminasi zat kimia seperti popok sekali pakai maupun pembalut) untuk memudahkan pengunjung membuang sampah menurut jenisnya.

Kemudian, setiap harinya, pihak karyawan yang telah mendapatkan pelatihan khusus akan menyortir kembali timbulan sampah sebelum diangkut ke tempat daur ulang sampah.

Selain berkontribusi untuk pemeliharaan lingkungan, kehadiran Living Plaza Cemara Asri juga turut memberikan dampak positif dalam hal pembukaan lapangan pekerjaan untuk putra-putri daerah Medan dan sekitarnya.

“Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menjadi fokus Kawan Lama Group, melalui pembukaan Living Plaza ini, kami berkesempatan untuk menyerap tenaga kerja di daerah, dimana 95% dari karyawan Living Plaza berasal dari Sumatera Utara,” lanjut Sugiyanto.

Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar,  menyambut baik pembukaan Living Plaza Cemara Asri pada penghujung tahun 2021 ini, yang tidak hanya hadir sebagai tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, tetapi juga beritikad baik menjaga kelestarian lingkungan dan membuka kesempatan kerja untuk putra-putri daerah.

"Ke depannya, kami pun mengharapkan dukungan dan kemitraan bersama Living Plaza dan Kawan Lama Group guna terus memajukan ekonomi daerah," kata Ali Yusuf Siregar.

Living Plaza Cemara Asri menghadirkan lima unit bisnis Kawan Lama Group, yaitu ACE sebagai penyedia berbagai perlengkapan rumah tangga serta gaya hidup, seperti otomotif, hobi, traveling, hingga kebutuhan medis dan alat-alat kesehatan, INFORMA yang menyediakan berbagai produk furnitur dengan desain dan style yang up to date untuk inspirasi berbagai ruangan pada hunian maupun bisnis, INFORMA ELECTRONICS sebagai penyedia produk elektronik untuk rumah tangga terlengkap, dan TOYS KINGDOM yang merupakan pusat berbagai mainan dan hobi untuk segala usia.

Sambil berbelanja kebutuhannya, pelanggan pun dapat menikmati berbagai menu minuman brewed tea yang sedang populer di CHATIME. Penambahan toko baru di Living Plaza Cemara Asri ini menggenapkan jumlah toko ACE yang beroperasi di Medan dan sekitarnya menjadi 10 toko, INFORMA menjadi lima toko, Toys Kingdom menjadi tiga toko, dan Chatime menjadi 16 gerai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…