Living Plaza Cemara Asri dari Kawan Lama Jadi Pusat Perbelanjaan Pertama di Medan yang Terapkan Manajemen Sampah

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Desember 2021 - 10:39 WIB

Pembukaan Living Plaza Cemara Asri
Pembukaan Living Plaza Cemara Asri

INDUSTRY.co.id - Deli Serdang - Living Plaza, pusat kebutuhan rumah, furnitur, elektronik dan gaya hidup terlengkap dimana ritel ternama dari Kawan Lama Group berada dalam satu lokasi, secara resmi dibuka untuk pertama kalinya di wilayah Medan dan sekitarnya.

Berlokasi di Cemara Asri, Kabupaten Deli Serdang, Living Plaza ke-23 di Indonesia ini juga menjadi pusat perbelanjaan pertama di Medan yang
menerapkan reduce waste management atau sistem manajemen sampah sebagai perwujudan komitmen untuk menjadi kawasan komersial yang ramah lingkungan.

Sugiyanto Wibawa selaku Business Development Director Kawan Lama Group menuturkan bahwa kepedulian terhadap pemeliharaan lingkungan yang berkelanjutan merupakan salah satu misi yang senantiasa diemban oleh Kawan Lama Group.

"Sebagai salah satu upaya untuk merealisasikan misi tersebut, bertepatan dengan pembukaan Living Plaza Cemara Asri ini, kami menerapkan sistem pengelolaan sampah dari hulu ke hilir, dimana timbulan sampah yang ada akan dipilah secara sistematis dan dipersiapkan untuk didaur ulang menjadi produk yang memiliki nilai tambah," kata Sugiyanto yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (23/12/2021).

"Harapan kami, tentunya, pengelolaan sampah yang diusung ini dapat memberikan kontribusi positif untuk upaya penanggulangan sampah," imbuh Sugiyanto.

Sistem pengelolaan sampah yang diterapkan pada gedung seluas 9.647 m² dan memiliki 9 lantai ini terlaksana melalui kemitraan dengan berbagai pihak dan melibatkan karyawan, tenant serta pengunjung sejak proses awalnya, yaitu pemilahan sampah.

Di berbagai titik gedung, tersedia tempat sampah yang terdiri dari tiga jenis, yaitu organik, anorganik, dan sampah residu (sampah yang sulit didaur ulang seperti puntung rokok dan tisu, styrofoam dan sampah yang sudah terkontaminasi zat kimia seperti popok sekali pakai maupun pembalut) untuk memudahkan pengunjung membuang sampah menurut jenisnya.

Kemudian, setiap harinya, pihak karyawan yang telah mendapatkan pelatihan khusus akan menyortir kembali timbulan sampah sebelum diangkut ke tempat daur ulang sampah.

Selain berkontribusi untuk pemeliharaan lingkungan, kehadiran Living Plaza Cemara Asri juga turut memberikan dampak positif dalam hal pembukaan lapangan pekerjaan untuk putra-putri daerah Medan dan sekitarnya.

“Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menjadi fokus Kawan Lama Group, melalui pembukaan Living Plaza ini, kami berkesempatan untuk menyerap tenaga kerja di daerah, dimana 95% dari karyawan Living Plaza berasal dari Sumatera Utara,” lanjut Sugiyanto.

Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar,  menyambut baik pembukaan Living Plaza Cemara Asri pada penghujung tahun 2021 ini, yang tidak hanya hadir sebagai tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat, tetapi juga beritikad baik menjaga kelestarian lingkungan dan membuka kesempatan kerja untuk putra-putri daerah.

"Ke depannya, kami pun mengharapkan dukungan dan kemitraan bersama Living Plaza dan Kawan Lama Group guna terus memajukan ekonomi daerah," kata Ali Yusuf Siregar.

Living Plaza Cemara Asri menghadirkan lima unit bisnis Kawan Lama Group, yaitu ACE sebagai penyedia berbagai perlengkapan rumah tangga serta gaya hidup, seperti otomotif, hobi, traveling, hingga kebutuhan medis dan alat-alat kesehatan, INFORMA yang menyediakan berbagai produk furnitur dengan desain dan style yang up to date untuk inspirasi berbagai ruangan pada hunian maupun bisnis, INFORMA ELECTRONICS sebagai penyedia produk elektronik untuk rumah tangga terlengkap, dan TOYS KINGDOM yang merupakan pusat berbagai mainan dan hobi untuk segala usia.

Sambil berbelanja kebutuhannya, pelanggan pun dapat menikmati berbagai menu minuman brewed tea yang sedang populer di CHATIME. Penambahan toko baru di Living Plaza Cemara Asri ini menggenapkan jumlah toko ACE yang beroperasi di Medan dan sekitarnya menjadi 10 toko, INFORMA menjadi lima toko, Toys Kingdom menjadi tiga toko, dan Chatime menjadi 16 gerai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sony WH-1000XM5

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:50 WIB

Hadirkan Pengalaman Audio yang Imersif, Sony Indonesia Luncurkan Headphone Noise Cancelling Nirkabel WH-1000XM5

Sony Indonesia meluncurkan headphone noise cancelling nirkabel WH-1000XM5 pada, Selasa (24/5/2022) sebagai edisi terbaru dari seri pemenang penghargaan, 1000X. Headphone ini menghadirkan pengalaman…

Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:45 WIB

Luar Biasa! Kemenperin: Produk Penanganan Bencana Buatan Anak Bangsa Makin Mendunia

Sejumlah produk industri dalam negeri yang terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan bencana, telah mampu bersaing dengan produk impor. Bahkan, cukup banyak juga yang sudah dipasarkan ke…

Pondok Pesantren Kyai Ageng Selo, Klaten melakukan panen buah melon inthanon yang merupakan hasil inkubasi dari ALEC

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:35 WIB

Inkubasi Koperasi Besutan LPDB-KUMKM Terbukti Sukses Gerakan Ekonomi Pondok Pesantren

Inkubasi Koperasi yang dilakukan oleh inkubator mitra LPDB-KUMKM yakni Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq melalui Alif learning center (ALEC) selama tahun 2022, berhasil menginkubasi…

BCA Dukung Kegiatan Cahaya Bangka Belitung

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:31 WIB

BCA Dukung Kegiatan Cahaya Bangka Belitung, Tingkatkan Potensi Gernas BBI

Mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan potensi UMKM di Indonesia, BCA berpartisipasi dalam rangkaian Kegiatan Gernas BBI (Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia), dimana kegiatan…

Gadis Mumbai, India Berusia 10 Tahun Puncaki Base Camp Gunung Everest (Foto: Twitter)

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:30 WIB

Gadis Asal India Berusia 10 Tahun Ini Berhasil Puncaki Everest Base Camp

Rhythm Mamania, seorang skater juara berusia 10 tahun dari Worli, Mumbai, India telah menjadi salah satu pendaki gunung India termuda yang mencapai puncak Everest Base Camp (EBC) di Nepal.