Antisipasi COVID-19, FajarPaper, KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura Donasikan Oxygen Generator dan Kompresor

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Desember 2021 - 09:14 WIB

FajarPaper, KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura Donasikan Oxygen Generator dan Kompresor
FajarPaper, KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura Donasikan Oxygen Generator dan Kompresor

INDUSTRY.co.id - Bekasi - PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper), produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia, serahkan donasi berupa 12 unit Oxygen Generator dan 12 Kompresor untuk pengisian tabung oksigen senilai Rp11.276.560.000 untuk 12 rumah sakit di Indonesia.

Penyerahan pertama diberikan kepada RSUD Kabupaten Bekasi pada Jumat (17/12/2021). Donasi ini diberikan sebagai langkah antisipatif dalam mengatasi kelangkaan oksigen, terutama apabila terjadi kenaikan angka COVID-19, serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkannya pasca pandemi.

FajarPaper bekerja sama dengan KBRI Singapura dan Diaspora Indonesia di Singapura selaku penggagas program dan para donatur Oksigen untuk Indonesia, baik perusahaan maupun perorangan di Singapura.

Acara penyerahan donasi di RSUD Kabupaten Bekasi dihadiri secara langsung oleh Bupati Bekasi, K. H. Ahmad Marzuqi, S.E., dan dihadiri pula secara virtual oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto; Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; Sekretaris Utama Kepala BNPB, Mayor Jenderal TNI Suharyanto; dan Aldi Haryopratomo selaku perwakilan Oxygen for Indonesia (Oxy4Id).

Donasi ini diserahkan secara simbolis oleh Yustinus Kusumah, Direktur FajarPaper, kepada Dr. dr. Eka Jusup Singka, M.Sc. selaku Kepala Pusat Krisis Kesehatan yang memberikannya kepada K. H. Ahmad Marzuqi, S.E. selaku Bupati Kabupaten Bekasi dan diteruskan kepada Dr. H. Alamsyah, M.Kes. selaku Direktur RSUD Kabupaten Bekasi.

“Di tengah berlangsungnya beban berat pandemi COVID-19 yang melanda dunia dan dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap perekonomian dunia, pemerintah dan instansi terkait tetap harus bersiap dengan segala kemungkinan, termasuk kenaikan angka positif COVID-19. Generator oksigen dan kompresor ini akan sangat membantu rumah sakit daerah dalam menyediakan suplai oksigen kepada pasien yang memerlukannya, baik di masa pandemi maupun setelah pandemi.” kata Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (21/12/2021).

Yustinus Kusumah selaku Direktur FajarPaper mengatakan, Indonesia pernah mengalami krisis akibat lonjakan angka COVID-19 yang sangat drastis pada pertengahan 2021 yang salah satunya diakibatkan oleh ketidaksiapan fasilitas kesehatan, termasuk minimnya ketersediaan oksigen.

"Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa, FajarPaper mendonasikan sejumlah 12 unit oxygen generator dan kompresor untuk 12 rumah sakit di Indonesia sebagai upaya antisipatif apabila terjadi peningkatan angka COVID-19 serta sebagai dukungan bagi rumah sakit yang membutuhkan pasca pandemi," ungkap Yustinus.

Sementara itu, Direktur RSUD Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah, M.Kes., mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi PT Fajar Surya Wisesa Tbk, Kedubes RI di Singapura, dan Diaspora Indonesia  di Singapura atas kontribusinya memberikan oxygen generator dan kompresor kepada RSUD Kab. Bekasi.

"Donasi ini sangat membantu tenaga kesehatan mempersiapkan fasilitas yang memadai sebagai bentuk antisipasi untuk memastikan ketersediaan oksigen untuk pasien, baik dalam masa pandemi maupun pasca pandemi," katanya.

RSUD Kabupaten Bekasi merupakan RS pertama yang menerima donasi ini. Adapun ke-12 rumah sakit yang dipilih berdasarkan rujukan dari Kementerian Kesehatan adalah:

1. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bekasi
2. Rumah Sakit Solok Selatan
3. Rumah Sakit Arga Makmur, Bengkulu Utara
4. Rumah Sakit Kaur, Riau
5. Rumah Sakit Pringsewu, Lampung
6. Rumah Sakit Sejiren Satason
7. Rumah Sakit Bangka Tengah
8. Rumah Sakit Palmatak
9. Rumah Sakit Tanjung Uban
10. Rumah Sakit DR RM Pratomo Rokan Hilir
11. Rumah Sakit Teluk Kuantan
12. Rumah Sakit Dr Esnawan Antariksa, Halim, Jakarta

Sepanjang tahun 2020 hingga 2021, dalam rangka mendukung pemerintah dan masyarakat mengatasi pandemi COVID-19, grup FajarPaper telah memberikan donasi sebesar Rp22.200.000.000 dengan rincian berupa 1 unit kendaraan Mobile Lab PCR senilai Rp6.500.000.000 kepada pemerintah melalui BNPB dan alat-alat kesehatan berupa masker KN95, masker non-medis dan APD medis senilai Rp8.700.000.000 kepada BNPB, Pemda Provinsi Jawa Timur, dan beberapa RS daerah.

Selain itu, FajarPaper juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat melalui KLHK, Pemda Provinsi Jatim, dan beberapa instansi pemerintah daerah senilai Rp7.000.000.000 untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dalam menghadapi masa pandemi.

“Kami berharap donasi ini menjadi langkah tepat untuk mempersiapkan diri dengan fasilitas kesehatan yang memadai apabila terjadi kasus peningkatan pandemi COVID-19 maupun kebutuhan pasien pasca pandemi. Dengan demikian, Indonesia akan dapat memberikan penanganan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” tutup Yustinus Kusumah.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…