Krakatau Steel Siap Lakukan Penguatan Industri Besi dan Baja Nasional untuk Mencetak Laba Lebih Tinggi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 15 Desember 2021 - 07:00 WIB

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cilegon- Di Tengah Dampak Negatif Pandemi Covid-19 yang terjadi ternyata mendorong berbagai perusahaan untuk berinovasi agar tetap bisa bertahan,tak terkecuali bagi BUMN Besi Baja di Indonesia, PT Krakatau Steel (KS).

Hal ini dibuktikan oleh PT Krakatau Steel dengan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 326 miliar pada tahun 2020. Padahal, sejak 2012 secara berturut-turut perusahaan pelat merah itu selalu merugi.

Direktur Komersial PT Krakatau Steel, Melati Sarnita dalam Forum Dialog HIPMI berjudul PENGUATAN INDUSTRI BAJA NASIONAL : Transformasi Krakatau Steel di Tengah Pandemi, Senin, (13/12/2021) mengatakan PT Krakatau Steel saat ini merupakan BUMN satu-satunya di bidang baja nasional, yang berada di posisi terbaik untuk  mendukung pertahanan negara dan pembangunan Nasional.

"Tentu pencapaian ini tidaklah mudah, Krakatau Steel butuh waktu 51 tahun untuk membangun jaringan infrastruktur dan bisnis supporting yang terintegrasi di Cilegon dan di seluruh Indonesia dengan portofolio bisnis yang lengkap," ujar Melati pada Selasa (14/12/2021).

Melati juga menambahkan saat ini Krakatau Steel merupakan Market leader No. 1 di Indonesia yang menguasai >48% total dari pangsa pasar dalam negeri untuk Hot Rolled Coil selain itu Krakatau Steel mencapai business excellence dengan memanfaatkan klaster industri baja di Cilegon dari baja hilir dan support.

"Saat ini, kapasitas kami juga sudah mencapai 6,9 ton of yang terintegrasi di seluruh value chain. Kami telah melakukan restrukturisasi keuangan, restrukturisasi organisasi hingga transformasi bisnis untuk bisa melakukan pencapaian bisnis yang lebih baik tahun depan," ungkap Melati.

Ia juga menambahkan baru saja Krakatau Steel  meluncurkan  platform marketplace khusus baja beserta turunannya yaitu KRASmart untuk membudahkan pembeli membeli baja dengan standar dan layanan yang baik.

"Kita melihat potensi dan juga memanfaatkan teknologi digital untuk membuka pasar baru dan penetrasi pasar produk-produk hilirisasi. Dengan KRASmart ini harapannya akan memperbaiki pemasaran lebih efisien waktu dan membangun brand awareness dan memudahkan konsumen," kata Melati.

Terakhir Melati mengatakan inovasi bisnis seperti KRASmart merupakan wujud keseriusan krakatau steel dalam menyambut era digitalisasi untuk memperbaiki aspek penjualan hingga aspek keuangan. Melati juga yakin dengan transformasi yang terus dilakukan Krakatau Steel akan semakin sehat, semakin efisien, sehingga semakin kompetitif dalam memperkuat industri besi dan baja nasional.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…