Jababeka Raih Smart Industrial Estate di Ajang INDI Award 4.0 Kemenperin

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Desember 2021 - 08:47 WIB

Penganugerahan INDI 4.0 Kemenperin kepada PT Jababeka Tbk
Penganugerahan INDI 4.0 Kemenperin kepada PT Jababeka Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri Jababeka di Cikarang merupakan kawasan industri berkonsep smart yang berkomitmen ingin mengembangkan ekosistem teknologi layaknya Silicon Valley, dimana dalam ekosisterm tersebut terdapat para pelaku industri yang didukung dengan universitas, laboratorium, investor, akselerator, perusahaan dan lainnya, termasuk juga pemerintah.

Atas usaha mewujudkan tujuan tersebut, rupanya usaha itu kini berbuah manis hingga Kawasan Industri Jababeka meraih penghargaan Smart Industrial Estate di ajang Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI ) 4.0 Award di Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin), Kamis (2/12) lalu.

Adapun INDI Award 4.0 merupakan agenda tahunan Kemenperin yang diadakan sejak 2019 sebagai stimulus untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan kapasitas melalui transformasi Industry 4.0.

Penganugerahan Special INDI 4.0 Award diberikan kepada Kawasan Industri Jababeka dalam kategori Smart Industrial Estate lantaran Kawasan Industri Jababeka mampu berkontribusi positif terhadap percepatan implementasi program Making Indonesia 4.0 di Indonesia.

Dimana hasil tersebut didapat setelah melewati serangkaian proses verifikasi, validasi dan bersaing dengan beberapa kawasan industri lainnya di Indonesia

"Hari ini adalah sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi Jababeka dan seluruh karyawan Jababeka dan Jababeka Infrastruktur, Karena kita mendapat penghargaan INDI 4.0 Award dari Kementerian Perindustrian sebagai Smart Industrial Estate,” kata Agung Wicaksono selaku Managing Director PT Jababeka Infrastruktur selaku pengelola dan pengembang Kawasan Industri Jababeka usai menerima penghargaan.

Saat ini, tambah Agung, ekosistem untuk menuju Silicon Valley Jababeka sudah mulai terbentuk. Sekarang sudah ada innovation hub di Kawasan Industri Jababeka sejak hadirnya fasilitas Fabrication Laboratory (Fablab) yang merupakan pertama di Indonesia pada Januari 2021 lalu. Sebuah fablab yang dikembangkan sesuai dengan tujuan PIDI 4.0 (Pusat Inovasi Digital Industri 4.0) yang merupakan program pemerintah dalam pengembangan SDM.

"Kehadirannya sejauh ini, sudah seperti yang diharapkan, yaitu sudah digunakan para pelaku industri, mahasiswa, teknisi, pekerja dan antara pemangku kepentingan, untuk mereka belajar atau pun berkolaborasi mengimplementasikan Industry 4.0. Sehingga, kami optimis Kawasan Industri Jababeka bisa menjadi Silicon Valley Jababeka di masa depan," tambah Wicaksono.

Lebih dalam, ia menjelaskan bahwa penghargaan INDI 4.0 dari Kemenperin merupakan bukan hanya sekedar pengakuan dari pihak eksternal atas kinerja perusahaan tapi merupakan wujud kesungguhan pihaknya dalam menciptakan kawasan industri yang smart, kondusif, nyaman dan produktif bagi para tenant.

“Ini adalah sebuah bentuk apresiasi dan pengakuan kepada (Kawasan Industri) Jababeka sebagai kawasan industri, kota mandiri, township modern dengan reputasi internasional. Dan ini akan menegaskan visi dan langkah ke depan Jababeka Infrastruktur untuk menjadi pengelola kawasan industri dan infrastruktur modern berbasiskan teknologi digital 4.0 untuk menuju manusia society 5.0. Dan untuk itu, kita semua, semakin semangat mewujudkannya,” tutupnya.

Sekadar informasi, Kawasan Industri Jababeka saat ini telah menjadi destinasi unggulan bagi para pelaku bisnis dari berbagai negara. Sekitar lebih dari 2000-an perusahaan nasional dan multinasional ternama dari 30 negara (dengan lebih dari 730.000 pekerja serta 10.000 expatriat ) yang telah bergabung di kawasan Jababeka Industrial Estate Cikarang, seperti Mattel, Unilever, Samsung, L’Oreal, Nissin, KAO, United Tractor, Komatsu, Lotte, Aku Food, Sari Roti, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, Kawasan Industri Jababeka, salah satu proyek yang dimiliki PT Jababeka Tbk. berhasil menghadirkan sejumlah fasilitas, infrastruktur dan pelayanan kelas dunia seperti Pembangkit listrik mandiri (Bekasi Power), Water Treatment Plant, Wastewater Treatment Plant, Cikarang Dry Port, Natural Gas, Helipad, Pelayanan investasi satu pintu: J-Fast, High-Speed Fiber Optic, 24-hours security & Fire Brigade Support, 4 akses pintu tol, President University & Vocational High School, Lapangan Golf Internasional hingga kawasan Silicon Valley & Smart Manufacture Hub, Jababeka E-commerce Digital Hub (JEDi Hub) yang sudah dirilis untuk menyambut era industry 4.0 , IOT dan AI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako

Senin, 24 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Beri Bantuan Sembako, Pakaian Layak Pakai dan Tas Sekolah

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751/VJS tak henti-hentinya menunjukkan wujud kepedulian terhadap warga binaan yang ada diwilayah penugasan masing-masing dengan memberikan bantuan, salah satunya…

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…