Italia Larang Warganya yang Belum divaksinasi Covid-19 Akses Ruang Publik

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 11:00 WIB

Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)
Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)

INDUSTRY.co.id - Dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, Italia telah memperketat pembatasan pada wisatawan maupun warga yang tidak divaksinasi. Wisatawan ataupun warga Italia tersebut akan memiliki akses terbatas ke beberapa tempat dan layanan. 

Dilansir dari laman Times of India, dengan adanya penemuan Omicron telah membuat hal-hal sulit bagi sektor pariwisata di mana-mana. Namun di Italia, jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Pedoman baru yang diperkenalkan oleh Italia hanya memungkinkan orang yang sepenuhnya divaksinasi atau mereka yang baru saja pulih dari Covid-19 untuk mengakses tempat duduk dalam ruangan di bar dan restoran. Hanya orang-orang seperti itu yang diizinkan untuk mengunjungi museum atau pergi ke bioskop dan klub.

Sementara, orang yang tidak divaksinasi akan mendapatkan izin kesehatan berstatus hijau setelah dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes PCR yang dilakukan dalam 48 jam terakhir.

Polisi negara bagian itu juga mulai menegakkan berbagai tindakan sejak dini hari. Jika ada yang tertangkap bepergian tanpa sertifikat kesehatan di bus, metro, trem atau kereta api, mereka akan dikenakan dengan denda otomatis 400 euro atau sekitar Rp6,4 juta.

Italia, di Eropa sendiri memiliki tingkat vaksin tertinggi dengan 80 persen populasi yang sudah menerima satu atau dua tusukan. Sementara, 15 persen lainnya memiliki suntikan booster. Negara ini telah mengalami lonjakan infeksi Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir, dan pada hari Minggu jumlahnya mencapai 15 ribu.

Maka dari itu, Roma telah memperketat pembatasan akhir pekan dan mulai memberlakukan masker wajah yang diperlukan untuk dipakai di luar ruangan, atau di jalan-jalan dan berbelanja.

Pada 2020, Italia adalah negara Eropa pertama yang terkena Covid-19 dan juga memiliki jumlah kematian tertinggi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

Rabu, 19 Januari 2022 - 20:09 WIB

PT Pertamina Trans Kontinental Raih Sertifikat ISO 37001:2016

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS) Subholding Integrated Marine and Logistics (IML), memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 dengan…

SUN Energy Teken Nota Kesepahaman Dengan Sojitz Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:59 WIB

Wujudkan Energi Hijau, SUN Energy dan Sojitz Indonesia Kembangkan Proyek PLTS di Kawasan Industri GIIC

Dalam mewujudkan target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025, kawasan industri mempunyai peran yang sangat penting. Mengingat kegiatan operasional di kawasan industri…

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:38 WIB

Lapor Pak Nadiem, Ternyata Guru Honorer PPPK Tidak Semuanya Senang Lho!

Jakarta-Para guru honorer yang sudah resmi diterima sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK), terutama yang berasal dari sekolah swasta masih menghadapi masalah.

PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Rabu, 19 Januari 2022 - 19:23 WIB

Peduli Gempa Banten, Pegadaian Serahkan Bantuan untuk Warga Pandeglang

Pandeglang- PT Pegadaian menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa Banten di Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di JIS

Rabu, 19 Januari 2022 - 18:17 WIB

Usai Nidji, Gubernur Anies Pamer Potret Afgan 'Check Sound' di JIS, Netizen: Luar Biasa Pak...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini kembali mengunggah sebuah penampilan dari musisi Indonesia yakni Afgan yang melakukan check sound dan check venue di lapangan Jakarta International…