Italia Larang Warganya yang Belum divaksinasi Covid-19 Akses Ruang Publik

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Desember 2021 - 11:00 WIB

Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)
Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)

INDUSTRY.co.id - Dalam upaya untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, Italia telah memperketat pembatasan pada wisatawan maupun warga yang tidak divaksinasi. Wisatawan ataupun warga Italia tersebut akan memiliki akses terbatas ke beberapa tempat dan layanan. 

Dilansir dari laman Times of India, dengan adanya penemuan Omicron telah membuat hal-hal sulit bagi sektor pariwisata di mana-mana. Namun di Italia, jumlah kasus Covid-19 terus meningkat.

Pedoman baru yang diperkenalkan oleh Italia hanya memungkinkan orang yang sepenuhnya divaksinasi atau mereka yang baru saja pulih dari Covid-19 untuk mengakses tempat duduk dalam ruangan di bar dan restoran. Hanya orang-orang seperti itu yang diizinkan untuk mengunjungi museum atau pergi ke bioskop dan klub.

Sementara, orang yang tidak divaksinasi akan mendapatkan izin kesehatan berstatus hijau setelah dinyatakan negatif Covid-19 melalui tes PCR yang dilakukan dalam 48 jam terakhir.

Polisi negara bagian itu juga mulai menegakkan berbagai tindakan sejak dini hari. Jika ada yang tertangkap bepergian tanpa sertifikat kesehatan di bus, metro, trem atau kereta api, mereka akan dikenakan dengan denda otomatis 400 euro atau sekitar Rp6,4 juta.

Italia, di Eropa sendiri memiliki tingkat vaksin tertinggi dengan 80 persen populasi yang sudah menerima satu atau dua tusukan. Sementara, 15 persen lainnya memiliki suntikan booster. Negara ini telah mengalami lonjakan infeksi Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir, dan pada hari Minggu jumlahnya mencapai 15 ribu.

Maka dari itu, Roma telah memperketat pembatasan akhir pekan dan mulai memberlakukan masker wajah yang diperlukan untuk dipakai di luar ruangan, atau di jalan-jalan dan berbelanja.

Pada 2020, Italia adalah negara Eropa pertama yang terkena Covid-19 dan juga memiliki jumlah kematian tertinggi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MenKopUKM Teten Masduki saat membuka gelaran Kebumen International Expo (KIE) 2022

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

Gairahkan Ekonomi Daerah, MenKopUKM Buka Gelaran Kebumen International Expo 2022

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi terselanggaranya Kebumen International Expo 2022 (KIE 2022) yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen dan diyakini bisa…

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Senin, 27 Juni 2022 - 09:00 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, yang memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Hewan Sapi disuntikkan vaksin oleh petugas

Senin, 27 Juni 2022 - 08:26 WIB

Dalam Dua Hari, Vaksinasi PMK Tembus 58 Ribu Dosis

Pemerintah terus melakukan percepatan vaksinasi terhadap hewan ternak untuk mencegah peningkatan jumlah hewan sakit PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Dokter hewan menyuntikkan ke Sapi

Senin, 27 Juni 2022 - 08:03 WIB

Vaksinasi PMK di Lampung dimulai, Wagub Apresiasi Kinerja Kementan

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim menyambut baik pelaksanaan vaksinasi perdana untuk mencegah penyebarluasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung.