Melalui PFMuda 2021, Pertamina Foundation Kembangkan Kapasitas Generasi Muda RI  

Oleh : Candra Mata | Selasa, 07 Desember 2021 - 11:31 WIB

Pertamina Foundation Webinar
Pertamina Foundation Webinar

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Foundation berhasil menggaet ribuan proposal proyek sosial untuk masyarakat lewat program PFMuda. 

PFMuda menjadi salah satu program unggulan yang mendorong generasi muda untuk inovatif dan kreatif dalam menuntaskan isu-isu sosial dan lingkungan.

Membuka PFest Webinar PF Muda 2021 hari pertama, Presiden Direktur Pertamina Foundation mengapresiasi antusiasme dan proyek sosial peserta PFMuda.

“Di tahun 2021, Pertamina Foundation melalui PFMuda berhasil menggaet lebih dari 2000 proposal proyek sosial yang dapat membantu komunitas sekitarnya. Proposal tersebut kemudian dinilai dan diseleksi secara bertahap oleh dewan juri yang kredibel hingga terpilih 25 proposal terbaik yang berhak mendapat pendanaan. Namun, PT Pertamina (Persero) melihat tidak cukup kalau hanya 25, sebab proposal proyek sosial mereka sangat bagus. Maka, angka yang dibantu pendanaan bertambah menjadi 50 proposal proyek sosial,” ungkap Agus kepada redaksi INDUSTRY.co.id Selasa (7/12/2021).

“Angka-angka tersebut menjadi angka yang sangat luar biasa. Saya merasa sangat tersanjung karena ini menjadi bukti bahwa banyak calon young leaders yang peduli dan ingin memberikan positive impact ke masyarakat,” tambah Dia.

Dalam webinar PFMuda hari pertama ini, hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga, Dirut SDM PT Pertamina (Persero) hingga influencer dan kreator konten. Mereka saling berbagi ilmu dan pesan-pesan inspiratif untuk para generasi muda.

 "Anak-anak muda kita dalam persaingan global ini harus menjadi job creator bukan menjadi job seeker. Sebab, dengan menjadi job creator akan menjadi tempat bergantungnya orang lain, dan sebaliknya job seeker berarti menggantungkan hidupnya pada orang lain," ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Sementara itu, Erry Sugiharto selaku Direktur SDM PT Pertamina (Persero) berpesan kepada generasi muda untuk dapat terus melangkah di tengah persaingan dan tantangan.

"Satu-satunya kesuksesan generasi muda adalah terus melangkah ke depan. Mereka harus punya kapasitas intelektual, kepemimpinan, kewirausahaan, dan mau berinovasi," ungkap Erry.

Dalam webinar ini, Andy F Noya selaku founder BenihBaik.com turut memberikan insight supaya generasi muda mampu menyiapkan diri dalam memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

Sebab bagi Andy, setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda tapi kekurangan dapat diatasi dengan memaksimalkan potensi diri.

Begitupun, dosen sekaligus Entrepreneur dan Digital Content Creator Sherly Annavita Rahmi mengajak generasi muda untuk mengenali potensi diri, penuhi skillset diri sendiri dan terus belajar seperti mindset entrepreneur. 

“Anak muda harus berani melakukan persiapan dengan 3 cara, Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Keras. Mau tidak mau, harus sampai ke kerja cepat," tambah Sherly.

Adapun Gus Miftah selaku pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji juga mengajak generasi muda untuk menjadi Content Creator yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat dengan membuat konten yang baik. 

“Ada empat hal pesan saya untuk anak muda. Jadilah manusia kreatif, punya gaya komunikasi yang asik, terbuka untuk kolaborasi, dan jadilah problem solver,” tutup Gus Miftah.

Webinar ini sendiri menjadi pembuka serangkaian PFest Webinar 2021 yang diselenggarakan pada 6 Desember 2021 hingga 10 Desember 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…