Allianz Indonesia dan Insight Investments Management Dukung Pengembangan UMKM Lewat Digitalisasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Desember 2021 - 15:38 WIB

Allianz Indonesia dan Insight Investments Management Dukung Pengembangan UMKM
Allianz Indonesia dan Insight Investments Management Dukung Pengembangan UMKM

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Salah satu yang memiliki peran penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi Covid-19 ialah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto negara sebesar 61,07 persen dan dapat mengumpulkan hingga 60,42 persen dari total investasi di Indonesia. 

Data yang sama menyebutkan bahwa UMKM mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja. Angka tersebut memberi harapan besar atas potensi UMKM termasuk untuk para kelompok difabel.

Sebagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli, bersama dengan Insight Investments Management melalui Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), baru-baru ini menggelar acara puncak dari kompetisi EMPOWERED 4.0 (Economic Empowerment for Entrepreneurs with Disabilities) melalui webinar virtual bertajuk “Digitalisasi dan Strategi Pengembangan UMKM”.

Kompetisi yang telah berjalan sejak Mei 2021 ini, digagas untuk mendukung pemberdayaan masyarakat difabel lewat program pendampingan dan pengembangan usaha.

Christina Agustin, Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan dalam sambutannya dalam webinar bahwa kompetisi EMPOWERED 4.0 sejalan dengan tantangan revolusi industri 4.0 yang menuntut seluruh kegiatan ekonomi bergeser dari cara konvensional ke digital. Hal ini turut diakselerasi oleh pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan tatap muka sehingga kebutuhan operasi UMKM berubah menjadi semakin digital.

“Digitalisasi merupakan keharusan yang dapat mendorong UMKM untuk berkontribusi lebih pada ekonomi negara. Sejumlah 25,6 persen atau sekitar 16,4 juta pelaku UMKM telah masuk dalam ekosistem digital, sehingga hal ini perlu untuk terus didukung lewat pendampingan yang mengoptimalkan platform digital agar dapat mempercepat peningkatan kapasitas UMKM,” kata Christina Agustin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (6/12/2021).

Selama tiga bulan, sebanyak 20 peserta pelaku usaha yang terpilih dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia telah mengikuti pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan usaha mereka dengan bimbingan dari mentor-mentor yang berpengalaman. Jenis usaha yang terpilih diantaranya adalah usaha budidaya tanaman pertanian dan perikanan di Cimahi, Jawa Barat, tas rajut di Ternate Utara, Maluku, dan kain tenun Troso, di Jepara, Jawa Tengah.

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia yang menciptakan lapangan kerja bagi sebagian besar penduduk. Sejak 2016, Allianz telah berkomitmen dalam mendukung pengembangan usaha teman-teman difabel agar lebih mandiri dan produktif, sesuai dengan salah satu pilar CSR kami yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi. Melalui pelatihan, pendampingan, dan bantuan pendanaan, kami berharap dapat terus memberdayakan UMKM untuk berkontribusi bagi pertumbuhan Indonesia di masa depan,” ujar David Nolan, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

Sejalan dengan komitmen yang dijalankan oleh Allianz Indonesia, PT Insight Investments Management juga memiliki misi untuk mengajak masyarakat untuk berinvestasi sekaligus peduli kepada sesama, dengan tagline “Transforming Investments into Social Impact”.

Sebagian pendapatan dari Insight atas setiap produk yang dikelola, disisihkan untuk Aksi Corporate Social Responsibility yang mendukung berbagai tema Sustainable Development Goals.

Direktur PT Insight Investments Management, Ria Meristika Warganda berharap “Semoga ilmu yang dibagikan dalam rangkaian program EMPOWERED 4.0 ini dapat menjadi bekal dan pengetahuan bagi teman-teman pegiat UMKM di era digital sehingga dapat terus mengembangkan diri menjadi yang diimpikan serta berguna bagi masyarakat.”

Webinar yang menandai puncak acara kompetisi EMPOWERED 4.0 ini membahas lebih dalam terkait konsep kanvas model usaha, strategi pemisahan rencana keuangan pribadi dan usaha, serta pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu pembicara webinar ini ialah Ir. Endahing Noor Suryanti, Pendiri Komunitas Pelangi Nusantara yang menekankan pentingnya penyusunan model usaha serta pemanfaatan digital demi keberlangsungan usaha.

“Dengan menerapkan kanvas model usaha, kita bisa belajar untuk dapat menyesuaikan strategi bisnis secara berkala agar mengikuti perkembangan zaman dan dapat mengambil kesempatan yang ada. Sejalan dengan itu, pergeseran era yang serba digital harus diterima dan dimanfaatkan lewat adaptasi bisnis sehingga produk kita dapat dikenal secara lebih luas dan membantu meningkatkan omset penjualan. Ayo digitalkan usahamu!” ujar Ir. Endahing Noor Suryanti.

Rangkaian kegiatan EMPOWERED 4.0 memberikan harapan baru bagi pelaku UMKM di tengah masa pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi. Lebih dari 100 peserta mengikuti webinar ini dengan sangat antusias dan melontarkan berbagai pertanyaan antara lain tentang kiat menjaga dan menumbuhkan semangat untuk perintis usaha baru, cara menetapkan anggaran gaji karyawan untuk usaha kecil, serta strategi menyasar target pelanggan baru. Selain menyampaikan ilmu baru, webinar ini sekaligus menjadi ajang diskusi bagi para UMKM untuk saling berbagi pengalaman dan kiat sukses dalam mengembangkan usahanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…