Dorong PT KIW Terus Berinovasi, Komisi VI: Kinerjanya Sih Cukup Baik...

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:57 WIB

Kawasan Industri Wijaya Kusuma (PT KIW)
Kawasan Industri Wijaya Kusuma (PT KIW)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung menilai PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan properti, kawasan industri dan bisnis secara keseluruhan telah memiliki kinerja yang baik. 

Hal tersebut dapat dilihat dari keuntungan yang masih bisa diperoleh meski di tengah dampak pandemi.
 
“Kinerjanya sih memang cukup baik ya, cukup baik. Tapi memang industri ini, aset utamanya adalah lahan. Nah karena itu, memang kalau dibilang kinerjanya masih positif ya dari sisi asetnya juga memang aset lahan kan, jadi memang harusnya kinerjanya masih positif,” ujarnya usai memimpin Panitia Kerja (Panja) Penyehatan dan Restrukturisasi BUMN Komisi VI DPR RI mengunjungi PT KIW, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (3/12/2021).

Lebih lanjut Martin menambahkan, PT KIW yang menjadi salah satu dari 18 BUMN yang rencananya akan direvitalisasi ini, perlu terus berinovasi. 

"Nah, yang penting digarisbawahi adalah scale up ini memang harus membuka lini-lini bisnis yang baru, tapi jangan sampai overlap dengan UMKM dan peran swasta atau pengusaha lokal. Jadi ya boleh masuk ke bidang-bidang industri yang baru, turunan-turunannya, tapi tetap harus dalam skala yang memang cukup besar gitu ya,” papar Martin.
 
Sebab, menurut politisi Partai NasDem ini, PT KIW yang memiliki aset utama berupa lahan tersebut, di samping mengandalkan komitmen investasi, bisa melakukan pengembangan-pengembangan, seperti misalnya dengan membuat sarana pendukung industri.

Sehingga diharapkan nantinya hal tersebut dapat membuat Jawa Tengah khususnya dan Indonesia lebih menarik bagi investor. 

"Jadi misalnya belum ada housing, mungkin bisa ada fasilitas housing yang hi-res, lalu apakah mungkin ada interkonektivitas, antara KIW ini misalnya dengan Pelabuhan Semarang ya. Mungkin ada rencana kalau misalnya bisa dibangun rel kereta dengan kerja sama dengan KAI dan sebagainya. Itu saya rasa lebih baik karena akhirnya itu akan mempermudah ke investor-investor yang sudah masuk di Wijayakusuma ini dan itu mudah-mudahan jadi bisa percontohan," ujar legislator dapil Sumatera Utara II tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…