Kampanye #Itsokay, Upaya Jiera Dukung Penyintas Pelecehan Seksual

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 04 Desember 2021 - 18:45 WIB

Peduli Korban Pelecehan Seksual, Jiera Menyuarakan Kampanye #Itsokay
Peduli Korban Pelecehan Seksual, Jiera Menyuarakan Kampanye #Itsokay

INDUSTRY.co.id - Di Indonesia, kasus pelecehan seksual semakin marak dan meresahkan. Hal ini diakibatkan kurangnya pengetahuan dan edukasi menjadi salah satu penyebab terjadinya pelecehan seksual.

Terlebih dengan adanya budaya menyalahkan korban yang membuat penyintas tindak pelecehan seksual memilih untuk bungkam dan memendam pengalaman pahitnya itu sendirian.

Menyadari hal ini, sebagai brand skincare lokal Jiera berupaya menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat berkaitan dengan penyebab terjadinyapelecehan seksual. Terlebih lagi, dengan adanya budaya victim blaming yang membuat korban memilih untuk bungkam dan memendam pengalaman pahitnya itu sendirian.

Mengusung tagline Simplicity of Beauty, Jiera berkolaborasi dengan Human Initiative menjalankan kampanye "It’s Okay" yang dilakukan mulai dari 29 November – 5 Desember di The Meet Market, PIK Avenue Mall. Kampanye Its okay merupakan kampanye untuk memberikan wadah sharing seputar tindakan sexual harassment di Indonesia.

"Kami memilih Human Initiative, karena kami melihat bahwa Human Initiative sudah terpercaya dan berpengalaman dengan kasus-kasus pelecehan seksual. Kami juga sudah melakukan kunjungan ke kantor Human Initiative dan berdiskusi banyak hal mengenai kasus ini dan pihak Human Initiative sangat mendukung Jiera melakukan kampanye ini," ujar Enggar, Chief Product Officer Jiera melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Melalui kampanye tersebut, Jiera menjembatani pengetahuan kepada masyarakat terkait penyebab dan dampak yang akan terjadi karena kasus pelecehan seksual. 

Selain itu, Jiera berupaya untuk merangkul dan memberikan dukungan kepada para korban agar berani untuk berbicara dan mengambil pilihan-pilihan yang membuat mereka bertahan.

"Motivasi kami melakukan kampanye ini bermula ketika influencer atau dari tim kami membuat sebuah video endorsement yang dimana video tersebut hanya ingin menjelaskan cara tutorial dan efek penggunaan produk Jiera. Pada kenyataannya, video tersebut mendapatkan komentar-komentar negatif berupa pelecehan seksual secara verbal terhadap fisik. Maka dari itu kami berupaya mengangkat kasus ini agar lebih dapat dimengerti lebih luas," tambah Enggar.

Untuk merealisasikan kampanye It’s Okay, Jiera bersama Human Initiative mengeluarkan produk Limited Edition Jiera x Human Initiative. Jiera mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kampanye ini dengan membeli produk Limited Edition Jiera x Human Initiative yang dimana hasil penjualannya akan disalurkan melalui Human Initiative sebagai bentuk dukungan untuk para korban.

"Jiera membuat kampanye ini untuk media edukasi dan sharing. Kami sebagai brand punya keinginan untuk dapat mewadahi aspirasi dan saling belajar bersama, jadi tujuan kampanye ini untuk sharing dan melangkah bersama untuk perubahan dari hal kecil," ungkap Chief Product Officer Jiera.

Dalam menjalankan kampanye It’s Okay, Jiera menggunakan booth sebagai media utama dalam penyampaian pesan kampanye yang dimana didalamnya terdapatpesan-pesan yang informatif, interaktif, edukatif dan persuasif agar pesan dapat tersampaikan secara maksimal.

"Tujuan dari kampanye ini agar menghormati dan melindungi anak dan perempuan dari kekerasan, eksploitasi dan seksual termasuk di lokasi bencana Wilayah program pemberdayaan, dengan menghadirkan ruang menyusui darurat, tempat berhubungan suami istri darurat, dan rumah senyum untuk keluarga," ujar Egi Gustiana Putra selaku Digital Partnership Human Intiative.

Sementara, menurut CEO Jiera, Yoga mengatakan untuk mengembangkan bisnis kedepannya, kami berencana ingin meluncurkan produk-produk baru dan melakukan kerjasama dengan KOL-KOL besar seperti artis ataupun influencer lainnya sehingga customer percaya terhadap brand kami. 

"Kami juga tetap tidak melupakan fokus utama kami berjualan secara online yang sekarang sudah diekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina," jelasnya,

Terdapat pula display produk yang terdiri dari Jiera Pink Lip Serum, Jiera Natural Lip Serum dan Limited Edition Jiera x Human Initiative Lip Serum yang dapat ditemui di booth Jiera.

"Dengan adanya campaign ini, kami berharap kita semua bisa semakin menyadari nilai diri kita sebagai manusia yang jauh lebih berharga dari apa yang orang-orang sepelekan. Dari situ, kami juga berharap bisa merangkul orang-orang yang telah mengalami pelecehan seksual dengan menunjukkan bahwa mereka lebih dari apa yang mereka alami," tutup Yoga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Minggu, 07 Agustus 2022 - 16:00 WIB

Kebutuhan Meningkat, Menperin Agus Bakal Genjot Produksi Gula Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan terus mendorong peningkatan produktivitas industri gula melalui pola intensifikasi dan ekstensifikasi hingga pemanfaatan digitalisasi. Langkah ini…

Penyanyi Pop Melayu Andrigo

Minggu, 07 Agustus 2022 - 14:46 WIB

Penyanyi Pop Melayu Andrigo Rilis Single Karam Ditengah Harapan

Dalam bermusik bila ingin mudah dikenali, mesti konsisten d:-\engan genre musik yang sebagai pilihannya. Hal itu yang tengah dijalani, Andrigo, ia setia sebagai penyanyi pop melayu. Sebagai…

Danone Indonesia Raih Penghargaan di Ajang IDEAS Awards 2022

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:50 WIB

Danone Indonesia Raih Juara Umum Dengan 7 Penghargaan di Ajang IDEAS Awards 2022

Danone Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan 7 penghargaan dalam ajang IDEAS 2022 yang diselenggarakan oleh Humas Indonesia bagian dari PR Indonesia Group yang berlangsung secara offline…

Migas Ilustrasi

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:50 WIB

Hadapi Gejolak Ekonomi Global, AKLP Harap Pemerintah Jamin Keberlanjutan Harga Gas Industri USD6/MMBTU

Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) optimis pemerintah sesegera mungkin akan menetapkan regulasi booster/penguat untuk menghadapi gejolak ekonomi global selepas pandemi Covid-19 yang…

RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:36 WIB

RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Sejalan dengan perkembangan digitalisasi teknologi dalam sektor kesehatan, berkembang pula penggunaan telemedisin yang dapat mengatasi masalah yang terjadi pada pelayanan kesehatan. Telemedisin…