Menko Airlangga: Indonesia dan Negara Produsen Sawit CPOPC Berhasil Capai Tonggak Monumental Sawit Berkelanjutan Global

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 04 Desember 2021 - 15:01 WIB

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Zuraida dari Malaysia
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Zuraida dari Malaysia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Indonesia bersama negara-negara produsen minyak sawit dunia yang tergabung dalam CPOPC telah berhasil mencapai tonggak monumental terkait pengembangan minyak sawit berkelanjutan gobal.

Hal tersebut disampaikan Menko Airlangga dalam pertemuan tingkat Menteri ke-9 Dewan Negara Penghasil Minyak Sawit (CPOPC) yang dihadiri oleh Menteri Zuraida dari Malaysia, Menteri Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Kolombia Rodolfo Enrique Zea Navarro, Menteri Pertanian dan Peternakan Papua Nugini John Simon, Wakil Menteri Pertanian dan Peternakan Honduras David Ernesto Wainwright dan High Commissioner Ghana untuk Malaysia Akua Sekyia Ahenkora (Negara Observer).

"Hari ini, kami telah mencapai tonggak monumental lain dari pengembangan minyak sawit berkelanjutan global sebagai negara produsen minyak sawit," ujar Menko Airlangga kepada redaksi INDUSTRY.co.id usai Pertemuan Tingkat Menteri ke-9 Dewan Negara Penghasil Minyak Sawit (CPOC) pada Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, pertemuan CPOPC ini sendiri merupakan kesempatan penting bagi negara-negara produsen sawit dinia untuk mewujudkan visi bersama dalam pengembangan minyak sawit yang berkelanjutan global.

Dikatakan Airlangga lebih lanjut, para anggota CPOPC ini telah menyetujui protokol untuk mengubah Piagam CPOPC, baik anggota maupun anggota baru seluruhnya akan mengikuti prosedur ratifikasi internal untuk mengadopsi dokumen tersebut. 

"Anggota yang masuk akan memperkuat organisasi CPOC dan meningkatkan upaya kami untuk mempromosikan pengembangan kelapa sawit berkelanjutan secara global," jelas Airlangga.

Menurut Airlangga, pertemuan kali ini telah menghasilakn sejumlah poin penting yang di adopsi dari kerangka prinsip global tentang Minyak Sawit Berkelanjutan. Dimana, kerangka kerja CPOPC ini nantinya akan masukd alam keterlibatan kemitraan internasional, terutama sistem PBB serta organisasi internasional terkait lainnya 

"Untuk mencapai visi bersama kami dalam mengembangkan percontohan untuk referensi berkelanjutan global untuk semua minyak nabati. Upaya ini harus sejalan dengan prioritas kami untuk meningkatkan penerimaan keberlanjutan kelapa sawit dan skema sertifikasi nasional kami. Mitra internasional, termasuk produsen minyak nabati utama lainnya, harus menjadi bagian dari strategi dan tujuan akhir," jelas Airlangga.

Tak hanya itu, CPOPC juga telah mengadopsi Strategi dan Arah Kebijakan, yang akan menjadi pedoman koordinasi antar Negara Anggota dalam mengembangkan strategi bersama di pasar global. 

Strategi ini menurutnya tidak terbatas pada manajemen penawaran, permintaan dan perkiraan harga, tetapi juga semua masalah kritis yang dihadapi oleh anggota dan non-anggota dengan cara yang lebih koheren dan terkoordinasi.

Kemudian, CPOPC telah dan akan selalu melakukan kampanye advokasi global, yang didasarkan pada argumen ilmiah dan berbasis bukti untuk mempromosikan minyak sawit berkelanjutan, terutama dalam melawan sentimen negatif yang meningkat.

"Dengan dimulainya kepemimpinan Indonesia di G20 bulan ini, CPOPC akan melihat kemungkinan untuk memanfaatkan forum ini untuk mempelopori perspektif dan kepentingan negara-negara produsen minyak sawit," imbuhnya.

Menurut Airlangga, salah satu visi utama yang diusung dari CPOPC ini adalah memberdayakan kehidupan jutaan petani kelapa sawit di banyak negara penghasil minyak sawit.

"Forum Petani Global merupakan kegiatan penting yang memfasilitasi dan mengkonsolidasikan keprihatinan petani kelapa sawit global dan membantu mereka dalam mencapai standar keberlanjutan sebagaimana ditetapkan dalam SDGs PBB," ungkapnya.

"Selain itu, kami juga telah mengumumkan pemenang Lomba Menulis Cerpen tentang Kehidupan Petani Kecil dan peluncuran buku cerita pemenang berjudul “Petani Kecil Sawit: Kisah Kita, Hidup Kita, Masa Depan Kita”. Ini adalah bagian dari upaya komunikasi publik CPOPC untuk meningkatkan kesadaran publik global tentang kontribusi minyak sawit terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," tandas Airlangga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…