Jadilah Masyarakat Digital yang Berbudaya

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 03 Desember 2021 - 21:30 WIB

Ilustrasi Berinternet (ist)
Ilustrasi Berinternet (ist)

INDUSTRY.co.id - Kita melihat adanya keberagaman budaya di Indonesia. Di era digital, semuanya berkaitan dengan teknologi digital. Masyarakat Indonesia pun turut terjun ke dalam era ini. 

Terjadinya perubahan aspek kehidupan yang sangat bergantung dengan teknologi menjadi penanda kita berada di dalamnya. Kita pun melihat terdapat perubahan, terutama setelah pandemi berlangsung di mana semua aktivitas diselenggarakan secara online. Kemudian, terjadinya pergeseran pola pikir, pola sikap, dan pola tindakan masyarakat dalam akses dan distribusi informasi. Masyarakat kita saat ini dapat dikatakan sebagai masyarakat digital.

“Ketika sudah memasuki era digital, jangan melupakan sejarah dan budaya asli Indonesia itu sendiri,” ujar Nunuk Mujiana, Wakasek Kurikulum SMK Wikrama Bogor dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kota Cirebon, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Masyarakat digital memiliki ciri, menggunakan teknologi dalam berbagai aspek (ekonomi, pelayanan publik, kesehatan, dll), memiliki kebutuhan tinggi akan informasi, perubahan pola interaksi masyarakat dari langsung menjadi tidak langsung melalui jejaring sosial.

Nunuk mengutarakan, masyarakat digital yang berbudaya mampu memahami hak-hak digital. Pada hal-hak digital kita memiliki kebebasan untuk mengakses, menggunakan, membuat, dan menyebarluaskan media digital. 

“Kebebasan bukan tanpa batas, kita tidak boleh menginjak atau melukai hak orang lain, ataupun merusak reputasinya,” jelasnya.

Selain itu, mampu berekspresi atau berkomentar secara santun, sesuai dengan budaya Indonesia di dunia nyata, serta memahami multikulturalisme dan toleransi di ruang digital. Hal ini harus berpedoman dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dengan mengamalkan nilai-nilainya seperti cinta kasih, kesetaraan, harmoni, demokrasi, dan gotong royong.

"Sebagai masyarakat digital yang hampir setiap hari bersinggungan dengan teknologi, langkah yang seharusnya kita lakukan demi mempertahankan budaya ialah menghindari beropini yang menyulut perpecahan. Sebelum berkomentar, pahami isu secara detail, memikirkan terlebih dahulu pendapat yang akan disampaikan, dan memahami aturan berpendapat agar tidak terjerat hukum," pungkasnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Cirebon, Jawa Barat, Kamis (02/12/2021) juga menghadirkan pembicara, Sugiarti (Instruktur VCT Jawa Barat), Indra Ilham Riadi (Group Commercial Asistant Manager Digital Marketing), Akhmad Rofahan (Ketua RTIK Kabupaten Cirebon), dan Clarissa Purba sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.