Ini Upaya Qatar Airways untuk Jadi yang Terbaik di Tengah Pandemi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 11:23 WIB

Maskapai Penerbangan, Qatar Airways (Foto:qatarairways.com)
Maskapai Penerbangan, Qatar Airways (Foto:qatarairways.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seiring menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia, aturan pembatasan transportasi dan pariwisata pun kini dilonggarkan, antara lain agar dunia bisnis semakin menggeliat. Pada pertengahan Oktober 2021, pemerintah Indonesia membuka penerbangan internasional ke Bali dan Kepulauan Riau untuk 19 negara.

Sebulan kemudian, Indonesia berpartisipasi dalam Travel News Market 2021 yang merupakan pameran pariwisata terbesar di Swedia. Selama pameran, booth Indonesia dikunjungi calon wisatawan, agen perjalanan lokal, hingga maskapai penerbangan internasional seperti Qatar Airways.
 
Sebagai salah satu dari sedikit maskapai penerbangan yang tetap beroperasi selama pandemi, Qatar Airways memang terus berupaya membangun kembali jaringan globalnya. Untuk penerbangan ke Indonesia, Qatar Airways bahkan sudah kembali melayani rute ke Denpasar sejak 1 Juli 2020 untuk mendukung pemulihan industri pariwisata Bali.

Penerbangan ke Jakarta pun menjadi 11 kali dalam seminggu. Kebijakan pemesanan tiket diperbarui dengan mengizinkan perubahan tanggal secara tak terbatas. Penumpang dapat mengubah destinasi sesering yang dibutuhkan selama masih dalam radius 5.000 mil dari destinasi semula.
 
Sejak awal pandemi pada Maret 2020, Qatar Airways telah menerbangkan lebih dari 3,2 juta penumpang di seluruh dunia, termasuk 272.000 penumpang dari dan ke Indonesia. Dengan tetap melayani rute Doha-Jakarta, Qatar Airways menerbangkan 127.000 orang ke Indonesia dan lebih dari 145.000 orang keluar dari Indonesia.

Di masa puncak pandemi, maskapai ini bahkan tetap beroperasi di sekurangnya 33 destinasi global, mengangkut lebih dari 250.000 ton bantuan dan peralatan kesehatan yang setara dengan total muatan 2.500 pesawat Boeing 777.
 
Selama April 2020, Qatar Airways mencatat lebih dari 1,3 miliar Revenue Passenger Kilometres (RPK) yang mencakup 17,8% dari pasar global. Pengembalian dana juga telah dilakukan sebesar lebih dari 1,3 miliar dolar AS kepada hampir 600.000 penumpang sejak Maret 2020.
 
Pada divisi Qatar Airways Cargo, dioperasikan sejumlah pesawat sewaan dan pesawat angkut untuk mendukung eksportir Indonesia dan mengangkut suplai alat kesehatan. Divisi ini mengoperasikan 14 penerbangan dari dan ke Indonesia menggunakan pesawat Airbus 350-900 dengan lebih dari 168 ton kapasitas kargo mingguan. Kadang-kadang juga menggunakan pesawat angkut Boeing 777-300 dan B777-200F bermuatan 252,5 ton kargo.
 
“Qatar Airways bangga menjadi salah satu maskapai penerbangan utama yang bertanggung jawab melakukan repatriasi global selama pandemi COVID-19, menyediakan sarana penghubung di seluruh dunia sehingga penumpang bisa pulang dengan aman,” kata Jared Lee, Qatar Airways Vice President of Sales untuk wilayah Asia Tenggara, Pasifik Barat Daya dan anak benua India yang dikutip INDUSTRY.co.id,  Kamis (2/12/2021).
 
Baru-baru ini Skytrax menobatkan Qatar Airways sebagai Maskapai Terbaik Dunia 2021, sehingga menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang meraih penghargaan ini hingga enam kali sejak 2011. Qatar Airways juga menjadi maskapai pertama yang mendapat bintang 5 dari Skytrax untuk Sertifikasi Peringkat Keamanan Maskapai COVID-19.
 
Lebih dari 1.000 vaksinasi telah dilakukan kepada karyawan Qatar Airways setiap hari di awal 2021. Dari sisi penumpang, 99,988% penumpang Qatar Airways bebas COVID-19. Pada 6 April 2021, Qatar Airways menjadi maskapai pertama yang mewajibkan penumpangnya untuk menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19.
 
“Tetap beroperasinya Qatar Airways selama masa pandemi juga telah menjadikan kami berpengalaman dalam menerapkan protokol kesehatan terbaik di industri ini, sehingga kami menjadi maskapai penerbangan yang sangat aman dan terpercaya. Penumpang dapat bepergian dengan tenang menggunakan protokol keamanan hayati standar tinggi dan kebijakan pemesanan yang fleksibel. Kami tetap bersikap positif akan pemulihan industri perjalanan,” tambah Jared Lee.
 
Saat ini Qatar Airways melayani lebih dari 140 destinasi sambil terus mendorong pemulihan industri. Untuk itu, maskapai ini bekerja sama dengan Bandara Internasional Hamad (HIA) meluncurkan promosi undian terbaru, “Fly and Win” guna membangkitkan minat konsumen untuk melakukan perjalanan udara.

HIA juga baru dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia oleh Skytrax, serta menjadi bandara pertama dan satu-satunya di Timur Tengah yang mendapat bintang 5 untuk Sertifikasi Peringkat Keamanan Bandara COVID-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…