Didominasi Segmen Carton Box, Penjualan SMKL Tumbuh 22 Persen YoY di Periode Sembilan Bulan-2021

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 27 November 2021 - 10:55 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, berhasil menumbuhkan penjualan sebesar 22% YoY di periode sembilan bulan tahun 2021(9M20).

Laba Bersih setelah pajak tercatat sebesar Rp72,1 miliar, meningkat signifikan sebesar 268,3% YoY, dari Rp19,6 miliar di tahun sebelumnya.

Seiring dengan peningkatan Laba Usaha yang signifikan, peningkatan Laba Bersih yang signifikan juga disebabkan oleh penurunan Beban Keuangan menjadi Rp43,9 miliar dari Rp51,5 miliar di 9M20.

Saat ini, SMKL memiliki beberapa divisi yang memanfaatkan teknologi pengemasan terkini untuk menghasilkan produk-produk kemasan unggulan.

Hasil produksi divisi-divisi tersebut, yaitu Corrugated Carton Box, Pre-print Corrugated Box, Offset Printing Box, dan Rigid Box. Total penjualan dari produk-produk tersebut pada periode Sembilan bulan tahun 2021 mencapai Rp1,53 triliun atau tumbuh 22% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya.

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan hasil yang terbaik secara konsisten untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan," kata Ang Kinardo, Direktur Utama SMKL yang dikutip INDUSTRY.co.id, Sabtu (27/11/2021).

"Kami akan menjaga kualitas kemasan terbaik yang kami produksi hari ini, sehingga hasil produksi kami esok hari atau beberapa tahun kedepan masih tetap sama dengan standar kualitas terbaik. Hal ini dapat dibuktikan dengan capaian penjualan di periode Sembilan bulan 2021 yang menunjukkan peningkatan jika dibandingkan dengan hasil penjualan periode yang sama tahun lalu," imbuhnya.

Kontribusi penjualan SMKL berasal dari segmen Carton Box yang mencapai Rp872,6 miliar, Offset Printing Rp355 miliar, Pre-print Rp232,8 miliar, dan Rigid Box senilai Rp73,9 miliar.

Kontribusi penjualan terbesar SMKL berasal dari segmen Carton Box yang naik 23,1% YoY dan Offset Printing yang meningkat 22,3% YoY jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Meskipun penjualan telah berhasil meningkat pada periode ini, SMKL masih terus berupaya untuk mengembangkan usahanya. Perseroan berencana untuk membangun pabrik baru di Jawa Tengah agar lebih dekat dengan pelanggan dan dapat mendistribusikan dengan lebih cepat ke pelanggan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC)

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:44 WIB

ASLC Tangkap Peluang Dari Peningkatan Pembelian Mobil Bekas Menjelang Akhir Tahun 2024

Emiten perdagangan otomotif omnichannel bidang penjualan ritel mobil bekas (Caroline.id), bisnis lelang (JBA) serta bisnis gadai (MotoGadai),  PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC) terus aktif …

Edwin Lim, Country Director, Fortinet Indonesia

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:43 WIB

Prediksi Ancaman Siber 2025 dari Fortinet: Bersiaplah untuk Ancaman Siber Berbasis AI yang Lebih Besar dan Berani

Jakarta-Fortinet, pemimpin global dalam keamanan siber yang mendorong konvergensi jaringan dan keamanan, telah merilis Laporan Prediksi Ancaman Siber 2025 , yang memberikan wawasan penting tentang…

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL)

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:24 WIB

Berhasil Jaga Tren Kinerja Positif, BELL Optimis Capai Target Tahun 2024

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion berkualitas berhasil menjaga tren kinerja positif sepanjang tahun 2024.

Walikota Terpilih Sukabumi periode 2025-2030 Ayep Zaki kunjungi YRST Dompet Dhuafa Bogor.

Rabu, 11 Desember 2024 - 18:11 WIB

Kunjungi YRST Dompet Dhuafa, Walkot Terpilih: Sukabumi Siap Menjadi Kota Wakaf Ketujuh di Indonesia

Sebagai Rumah Sakit yang didirikan menggunakan dana wakaf, RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (YRST) mengajak Walikota terpilih Sukabumi untuk sama-sama memperkuat dan mengembangkan wakaf.…

XL Axiata

Rabu, 11 Desember 2024 - 17:39 WIB

XL Axiata dan Smartfren Umumkan Merger Strategis Bernilai IDR 104 Triliun

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), dan PT Smart Telcom (SmartTel) melakukan merger dengan nilai gabungan pra-sinergi mencapai lebih dari IDR 104 triliun (~US$6,5…