Kawasan Industri BUMN Jauh Tertinggal, Erick Thohir 'Gercep' Lakukan Ini..

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 November 2021 - 18:55 WIB

Menteri BUMN, Erick Thohir
Menteri BUMN, Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kawasan Industri di bawah pengelolaan perusahaan pelat merah dan pemerintah daerah dinilai masih sangat tertinggal. Hal tersebut menjadi alasan utama pemerintah melakukan konsolidasi bisnis Kawasan Industri.

Saat ini, sejumlah Kawasan Industri telah dikonsolidasikan dan menjadi anak usaha PT Danareksa (Persero) Tbk,. Aksi tersebut usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 113 Tahun 2021 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) "Danareksa".

"Hari ini saya juga senang sekali, karena kami di BUMN terus mengkonsolidasikan, salah satunya Kawasan Industri kita, yang dimana kawasan industri, yang di bawah (pengelolaan) BUMN yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, banyak yang sudah tertinggal," ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (25/11/2021).

Padahal, di saat yang sama banyak negara di dunia terus memperbaharui infrastruktur berbasis energi terbarukan (renewable energy).

Karena itu, Erick memastikan proses konsolidasi Kawasan Industri dalam satu payung holding mampu mendorong kinerja perusahaan berorientasi energi terbarukan.

"Padahal kalau kita bicara G20, yang sudah saya sampaikan tadi, kalau mau berkompetisi, selain infrastruktur, jalan tol, selain pelabuhan supaya logistiknya juga tertekan, tetapi infrastruktur di kawasan juga harus mulai green, harus mulai hijau," terangnya.

Erick sendiri telah membeberkan rencana besar Danareksa usai ditetapkan sebagai holding BUMN. Salah satunya, melakukan investasi solar panel.

Ia menyebut, seluruh Kawasan Industri di bawah Danareksa akan memulai membuka pembicaraan dengan PT PLN (Persero) untuk merealisasikan investasi di sektor energi tersebut.

Saat ini, menurut Erick, proses konsolidasi sejumlah Kawasan Industri dan perusahaan pelat merah lainnya untuk menjadi anak usaha Danareksa terus dilakukan.

"Nanti saya minta daripada Kawasan Industri di bawah Danareksa untuk memulai pembicaraan dengan para tenan supaya melakukan investasi solar panel bersama PLN," tuturnya.

Tujuan investasi solar panel sendiri bertujuan merealisasikan penerapan energi baru terbarukan atau renewable energy di Indonesia. Karena itu, Erick menekan, semua Kawasan Industri harus mengedepankan renewable energy.

Sebagai perseroan negara, lanjutnya, tidak mungkin operasional Kawasan Industri tidak didasarkan pada pengelolaan limbah (waste management) dan pengelolaan air (water treatment). Langkah itu harus dilakukan untuk mendorong ekosistem renewable energy, sekaligus iklim usaha yang baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina International Shipping (PIS)

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:26 WIB

Utamakan Productive & Efficient, 2021 PIS Optimalisasikan Tranformasi Bisnis Integrated Marine Logistics

Di penghujung tahun 2021, Pertamina International Shipping (PIS) justru semakin gencar mengoptimalisasikan pencapaian bisnisnya. Pencapaian tersebut antara lain ditorehkan oleh Direktorat Niaga…

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 11:00 WIB

Jalasenastri Donasi Sembako kepada Korban Bencana Gunung Semeru Lumajang

Sejumlah 44 Koli diserahkan dengan disaksikan Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI Zulfahmi S.Sos., M.Han., dan Kadisops Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Subhan, S.T dengan harapan dapat membantu meringankan…

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:59 WIB

Kecap Sedaap Rayakan Semangat Inovasi dalam Dunia Kuliner Nelalui Gerakan Revolusi Sedaap

Eksplorasi dan inovasi terjadi di mana-mana. Setiap harinya, kita mempelajari hal-hal baru yang menarik melalui inovasi sebagai bentuk dari eksplorasi, tak terkecuali dunia kuliner. Didukung…

Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:38 WIB

Sambut Babak Baru Dunia Bisnis, Prasetiya Mulya Perkuat Persepsi Sains Positif

Universitas Prasetiya Mulya melepaskan 1.022 lulusan terbaiknya dengan menggemakan “Pemupukan Persepsi Sains yang Positif dan Pemajuan Bisnis Berbasis STEM di Indonesia”

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kamis, 09 Desember 2021 - 10:30 WIB

POLWAN RI Salurkan Donasi untuk Korban Erupsi Semeru Lumajang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, kegiatan Polwan peduli erupsi Gunung Semeru ini dipimpin oleh Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri Brigjen Apriastini Baktibugiansri selaku…