Jadi Produktif dan Kreatif, Menjadi Peluang Pemanfaatan Internet untuk Milenial

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 14:40 WIB

Ilustrasi Content Creator (Ist)
Ilustrasi Content Creator (Ist)

INDUSTRY.co.id - Akselerasi dan revolusi cara masyarakat berinteraksi sosial mengalami percepatan selama pandemi Covid-19. Transformasi ini menyebabkan perubahan besar abad ke-21 yaitu menuju industri 5.0, kondisi saat masyarakat memanfaatkan teknologi yang lebih pintar lagi dengan loT, cloud techology, big data, dan virtual assistant 24 jam. 

Dee Rahma seorang Digital Marketing Strategist fenomena revolusi masif menyebabkan perubahan interaksi sosial ikut terjadi di berbagai bidang. Bekerja pun saat ini dilakukan secara remote.

“Akhirnya internet sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok, karena digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas di rumah,” kata saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Terlebih karena pandemi sebagian besar orang sudah belanja melalui cara online, memakai e-banking, e-money, juga interaksi sosial secara virtual dan telemedicine. Selaras dengan itu, berbagai peluang baru bermunculan dengan pemanfaatan internet dan penggunaan teknologi untuk mendukung kehidupan.

Hal ini menjadi sarana produktif dan kreatif bagi milenial dan generasi setelahnya di ruang digital. Di mana digitalisasi membawa branding secara pesonal termasuk para enterpreneur hingga pemilik bisnis yang sedang membangun brand agar bertumbuh dan hal tersebut memunculkan kreator ekonomi baru. 

Kreator ekonomi ini merupakan generasi baru pengguna platform digital. Umumnya dengan media sosial yang memaksimalkannya untuk membangun komunitas digital.

“Kalau jeli bisa menciptakan pengaruh terhadap banyak orang melalui konten digital yang dibagikan. Seperti yang sekarang dikenal beberapa profesi baru seperti content creator dan influencer, yang punya peran menciptakan kolaborasi positif di dunia digital dengan postingan konten-konten positif,” tukasnya.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Klemes Rahardja, Founder The Enterpreneur Society, Reza Hidayat, CEO Oreima Films, Nandya Satyaguna, seorang Medical Doctor, dan Riri Damayanti, seorang Digital Creator.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…