Perlu Belajar Teknologi, Salah Satu Tantangan Orangtua di Era Serba Internet

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 25 November 2021 - 11:30 WIB

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)
Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Akses internet semakin mudah di era yang serba digital seperti sekarang ini membuat para orangtua harus menghadapi tantangan baru dalam melindungi anak-anaknya dari pengaruh buruk internet.

“Orangtua ada yang masih gagap teknologi, sehingga orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Pipit Djatma Fundraiser Consultant & Psychicosocial Actvist IBU Foundation saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Selain itu dengan akses internet yang mudah, ditambah anak sekolah online maka orangtua perlu memberikan pemahaman terkait keamanan di dunia maya. Apalagi ada begitu banyak risiko yang mengancam anak ketika berselancar di internet. Ada konten yang bisa memengaruhi mental anak, termasuk ujaran kebencian dan konten seksual. Banyak kasus ditemukan anak mengalami kecanduan gadget karena games online hingga harus mendapatkan perawatan psikolog.

Lebih jauh dia mengatakan, peran orangtua dalam melindungi anak dari paparan internet pertama adalah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Anak-anak zaman sekarang menurutnya membutuhkan pembimbing yang masuk ke dunia mereka.

“Orangtua harus bisa menjadi teman diskusi yang baik, karena anak zaman sekarang tidak bisa dilarang tanpa ada alasannya,” ujar Pipit.

Anak-anak yang lahir di era sekarang ini sudah lebih kritis dan kreatif, sehingga orangtua harus mengimbangi dengan memberikan konsekuensi atau pengertian kepada anak yaitu dengan cara berdiskusi. Bahkan saat melarang sesuatu pun orangtua harus menjadi contoh terlebih dulu untuk anak.

Webinar Literasi Digital di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Hadir pula narasumber seperti Pringgo Aryo, Produser & Komposer Musik, Syarief Hidayatulloh, Digital Strategist Hello Monday Morning, Henry V Herlambang, CMO Kadobox, Inge Indriani, Founder Bumbukatjangkoe.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…