Adanya Digitalisasi Jadi Sarana untuk Lebih Kreatif dan Produktif

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 20 November 2021 - 18:15 WIB

Internet (Ist)
Internet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Potensi internet dan perkembangan dunia digital diramalkan bakal semakin maju sehingga setiap individup perlu memanfaatkannya sebagai ruang kreatif dan produktif. Diketahui pertumbuhan pengguna internet selama pandemi yang mencapai 15,5 persen atau bertambah 27 juta pengguna baru. Kini total pengguna internet sudah 202,6 juta.

Andry Hamida Head of Visual Brand Hello Monday Morning mengatakan, budaya kreatif dan produktif di era internet sekarang perlu menjadi gagasan yang dibangun setiap orang. Sebab jangan sampai aktivitas berinternet ternyata tidak memberikan manfaat apapun.

“Perkembangan dunia digital ini luar biasa, jika tidak mengikuti kita pasti bakal ketinggalan,” katanya lagi,” Ujar saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Depok, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Dia mengatakan, dengan segala peluang tersebut siapa saja yang kreatif dan produktif di dunia digital akan mendapatkan peluang tanpa batas. Bahkan menurutnya Indonesia bisa menjadi maju dengan budaya kreatif dan produktif. Budaya tersebut bisa tercipta melalui proses belajar dari lingkungan dan karena pengaruh pola pikir yang kemudian melekat pada diri manusia.

Budaya sendiri menurutnya tak terbatas pada kesenian, rumah adat, maupun warisan nenek moyang saya. Secara luas budaya yang bisa disebarkan secara produktif di internet merupakan kebiasaan atau pola hidup misalnya sekarang budaya menggunakan gawai yang dipergunakan untuk sarana berkarya.

“Budaya kreatif dan produktif di era internet ini bisa diaplikasikan dalam bentuk membagikan unggahan semangat positif dan bermanfaat bagi lingkungan di media sosial pribadi,” tukasnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Depok, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Dee Ferdinand, B2B Digital Strategy Coach, Irma Nawangwulan, Kepala Program Studi Business & Management St Ganriel’s Pre University, Idayanti Sudiro, Certified Life and Wellness Coach, dan Inge Indriani, Founder Bumbukatjangkoe. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Menperin Agus Sidak Distributot Minyak Goreng Curah Bersubsidi

Minggu, 03 Juli 2022 - 15:25 WIB

Kemenperin: 130 Perusahaan CPO dan MGS Sudah Daftar di SIMIRAH 2.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0.